Perbedaan Kontainer 40 FT dan 40 HC

Bagi Anda yang menggeluti bidang eksportir dan importir, wajib tahu perbedaan kontainer 40 FT dan 40 HC. Karena hal ini penting berhubungan dengan kegunaan kontainer tersebut dan ketepatan memilih untuk kapasitas dan jenis barang tertentu.

Masih banyak yang belum memahami bahwa dua jenis kontainer tersebut berbeda baik ukuran maupun kegunaan khususnya. Jika salah memilih jenis kontainer, maka risikonya adalah kerusakan barang yang akan dimuat, baik karena ukuran yang tidak sesuai maupun bentuknya.

Pahami Perbedaan Kontainer 40 FT dan 40 HC!

Untuk Anda yang selama ini menganggap bahwa dua kontainer ini memiliki ukuran, kapasitas, dan bahkan bentuk yang sama. Maka wajib menyimak penjelasan di bawah ini agar tidak salah lagi dalam memilih jenis kontainer yang sesuai untuk barang yang akan Anda angkut.

1.     Kontainer Ukuran 40 FT

Kontainer 40 FT sendiri merupakan jenis kontainer umum yang biasanya digunakan untuk pengangkutan barang-barang konsumsi. Mulai dari makanan kaleng, barang-barang tekstil, sepatu, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Jadi penggunaannya memang untuk barang-barang yang siap pakai atau konsumsi. Jarang sekali digunakan untuk barang berupa bahan mentah karena mungkin dari kapasitas dan kegunaannya memang berbeda.

  • Panjang bagian interior dari kontainer 40 FT ini mencapai 12.024mm (millimeter). Namun bulatkan saja panjangnya menjadi 12.000 milimeter atau 12 meter ketika Anda mengisi spesifikasinya dalam pembuatan loading plan atau rencana muat kargo.
  • Untuk lebar bagian dalam dari kontainer 40 FT ini mencapai 2350 milimeter atau sama dengan 2,3 meter. Hal ini sama dengan kontainer umum atau general purpose lainnya, baik untuk ukuran 20FT, 40 FT, maupun 40HQ, lebar bagian dalamnya sama.
  • Selanjutnya untuk tinggi maksimal dari interior kontainer 40 FT mencapai 2.390 millimeter atau 2,4 meter. Jadi bisa Anda sesuaikan tinggi barang yang akan Anda angkut dengan tinggi maksimal dari interior 40 FT tersebut.
  • Untuk berat maksimal dari kontainer 40 FT sendiri mencapai 26.700 KGS. Namun untuk alasan keamanan, Anda diperkenankan tidak boleh memuat lebih dari 23-24 Ton ke dalam kontainer 40 FT ini.
Baca Juga :  Cara Beli Barang Dari China Secara Online

Hal ini juga berkaitan dengan aturan pembatasan berat pada beberapa negara di dunia. Jadi untuk keamanan proses impor ekspor, Anda harus mematuhi nya.

2.     Kontainer Ukuran 40 HC atau High Cube

Sesuai dengan namanya, maka bisa dibayangkan jika kontainer ini memiliki cube atau ukuran kotak yang lebih tinggi. Kontainer 40 HC juga kerap disebut sebagai kontainer 40HQ dan sebenarnya masih masuk dalam jenis kontainer umum atau general purpose.

Dari segi kegunaan, baik kontainer 40 FT maupun kontainer 40 HC sama-sama digunakan untuk mengangkut jenis barang-barang konsumsi. Namun yang membedakannya adalah jenis FT dan HC nya tersebut.

Agar Anda bisa lebih mudah memahami perbedaan dari kedua jenis kontainer tersebut, maka bisa dilihat dari spesifikasinya.

  • Kontainer 40 HC memiliki lebar dan panjang yang sama dengan kontainer 40 FT, perbedaannya terletak pada ketinggian dari kontainernya. Itulah mengapa disebut dengan high cube karena memang dibuat dengan ukuran tinggi.

Jika pada kontainer 40 FT tinggi cube nya hanya mencapai 2.390 millimeter, pada jenis kontainer 40 HC mencapai 2.679 millimeter. Jadi terdapat perbedaan tinggi keduanya mencapai kurang lebih 30 meter.

  • Perbedaan tinggi tersebut tentu berpengaruh pada kapasitas muatan dari masing-masing kontainer. Sehingga kontainer 40 HC sendiri memiliki kapasitas muat yang lebih tinggi, mencapai 76,3 kubik.

Jika dibandingkan dengan kontainer 40 FT, maka selisihnya lebih dari 10 kubik lebih besar kapasitas dari kontainer 40 HC. Itulah mengapa kontainer ini lebih cocok untuk Ada yang memerlukan kontainer angkut yang lebih besar.

Kesimpulan

Ternyata, perbedaan kontainer 40 FT dan 40 HC terletak pada ukuran tingginya saja, sehingga kapasitas muatnya juga menjadi berbeda. Untuk Anda yang memerlukan kapasitas lebih besar, maka bisa menggunakan kontainer ukuran 40 HC, dan sebaliknya. Sesuaikan jenis kontainer 40 FT maupun 40 HC sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  6 Tips Memilih Jasa Jual Beli Barang dari China

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang