Aliexpress Tidak Bisa Mengirim Barang Ke Indonesia

Apakah aliexpress tidak bisa lagi mengirimkan barang ke Indonesia ? Ini adalah pertanyaan yang banyak diajukan orang saat ini kepada kami. Untuk menjawabnya, mari kita Simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Solusi Sementara Ketika Aliexpress Tidak Lagi Mengirim Ke Indonesia

Aliexpress adalah salah satu platform jual beli retail terbesar yang berasal dari China. Sebagai sebuah platform B2C, Aliexpress telah menjadi marketplace yang paling dikenal konsumen, dibandingkan platform lainnya. Hal ini disebabkan oleh lengkapnya barang yang ditawarkan di marketplace ini, serta kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembelian / pemesanan disana.

Pada awalnya kita hanya bisa membeli produk yang berasal dari China. Tetapi saat ini telah berkembang  menjadi lebih luas lagi, karena sudah mengakomodir penjual dari negara lain, seperti halnya penjual dari Turki. Dengan semakin berkembangnya asal pasokan barang, membuat berbelanja barang di aliepxress makin digemari orang, termasuk pelanggan dari Indonesia.

Tetapi sayangnya saat ini kita sedang tidak bisa lagi membeli barang dari Indonesia secara online. Ketika kita membuka aliexpress baik melalui website maupun applikasi, kita akan menemukan keterangan yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak bisa dikirim ke alamat pilihan kita (Indonesia). Peringatannya sebagai berikut : “This product cannot be shipped to your address. Select another address”. Dengan keadaan ini, kita tidak bisa melakukan pembelian barang dengan tujuan pengiriman ke Indonesia.

Saya kemudian mencoba untuk merubah tujuan pengiriman menjadi ke alamat di beberapa Negara ASEAN lainnya. Ketika saya merubah alamat Tujuan ke Negara Malaysia, maka peringatan tersebut hilang. Artinya mereka masih melayani pembelian dan pengiriman ke Malaysia. Demikian juga untuk pilihan negara Thailand, pembelian masih bisa dilakukan tanpa masalah.

Baca Juga :  Apa Bedanya Proforma Invoice dan Commercial Invoice

Ketika saya merubah negara tujuan menjadi Singapore, Brunei Darusalam dan Vietnam, peringatan larangan tersebut muncul Kembali. Artinya selain tidak tersedia pengiriman ke Indonesia, mereka juga tidak melayani pembelian ke negara lain seperti Singapore, Brunei Darusalam dan Vietnam.

Sedangkan kekita saya mencoba pengiriman ke Amerika, Inggris, Italia, Perancis, Spanyol, Arab Saudi, semuanya bisa tanpa pembatasan. Saya sendiri berpikir kenapa hal ini bisa terjadi. Pada awalnya saya berpikir bahwa pembelian ini ditutup, imbas dari adanya perubahan aturan impor yang telah dilakukan pemerintah saat ini. Tetapi melihat fakta yang ada, kenapa pengiriman ke Vietnam, Singapore dan Brunei Darusalamm juga tidak bisa ?.

Saya lalu mencoba menghubungi beberapa penjual yang menjadi langganan selama ini. Pada awalnya mereka bilang tidak ada masalah dan tetap bisa mengirimkan barang ke Indonesia. Saya berpikir mungkin mereka tidak tau ada update terbaru mengenai larangan tersebut. Dan setelah saya jelaskan, kemudian mereka melakukan pengecekan lebih lanjut, akhirnya mereka membenarkan bahwa setelah ada update terbaru dari aliexpress, mereka mendapatkan larangan dan tidak bisa lagi melayani pembelian / pengiriman barang ke Indonesia.

Sayangnya jawaban atas teka teki kenapa aliexpress melarang penjualan ke Indonesia ini masih belum mendapatkan penjelasan yang lebih pasti. Saya melakukan searching / googling, dan belum ada yang membahas masalah ini. Saya kemudian mencoba menghubungi customer service aliexpress, tetapi sayangnya mengubungi Customer service aliexpress tidak mudah, karena kita selalu dilayani oleh BOT. Tidak seperti Alibaba yang dengan mudah kita bisa melakukan chat dengan petugas manusia.

Nah demikianlah pembahasan kita sementara terhadap pertanyaan kenapa aliexpress tidak bisa mengirimkan barang ke Indonesia ?. Setidaknya sampai dengan saat ini Ketika saya melakukan posting artikel ini, saya masih belum bisa membeli barang di aliexpress dan mengirimkan ke Indonesia. Semoga bermanfaat. Salam sukses selalu.

Baca Juga :  Ulasan Website Import Barang dari China

Update 5 Nov 2023 : Saat ini bahkan di menu Dropdown pemilihan pengiriman barang, nama Indonesia sudah tidak ditemukan lagi. Dan untuk pengiriman ke Singapore, Vietnam, Brunei sudah bisa dilakukan kembali.

 

 

32 komentar untuk “Aliexpress Tidak Bisa Mengirim Barang Ke Indonesia”

  1. Pada mulanya jika kita contact Aliexpress memang dilayani oleh BOT tapi jika jawaban tidak cocok maka akan diarahkan langsung ke CS Aliexpress. Saya sudah chat langsung dengan CS Aliexpress, sayang merekapun tdk dapat memberikan jawaban alasannya kenapa. Mereka hanya meminta alamat email, jika ada perubahan katanya akan segera dikabari.

  2. Pemerintah somplak itu yang batasi… sama seperti di Shoppe egk bisa beli barang lagi dari Luar Negri… akhir saya egk bisa beli keyboard replacement buat Samsung.. mna di indo egk ada yg jual pula… kebijakan yang super dangkal.!!

    1. Hooy Pak Mentri kalau buat kebijakan yang cerdas lah niat buat bantu UKM malah bikin susah cari suku cadang buat kelancaran usaha . Lindungi UMKM apa bikin ekonomi biaya tinggi

  3. Sangat di Sayangkan padahal sy beli part tertentu dari Ali express untuk buat kendaraan listrik buatan anak bangsa. Gimana kita mau maju.

  4. Kan negara kita yang sampah ini memang sengaja batasi ada slogan GUNAKAN PRODUK LOKAL. artinya produk lokal itu sampah dan bahkan tidak mampu membuatnya. Sedangkan ini sudah jaman perdagangan bebas namun masih saja ada oknum yang bertujuan tidak baik melarangnya. Lebih tepatnya slogan ini yang cocok : GUNAKAN PRODUK2 SAMPAH karena kita semua juga SAMPAH.

    1. Barang lokal harganya lebih mahal dari barang cina, kualitas masih bagus punya china. Yg katanya produk lokal aftersales nya bagus, tapi ternyata zonk juga, yg ada lebih ribet iya. Kadang heran juga, kok bisa gitu ya. kwkwkwkwkw

  5. Iya, kebijakan ini hanya untuk menguntungkan pengusaha besar seperti importir besar, pemilik tokopedia dkk, sepertinya pemiliki tokopedia tersaingi oleh aliexpress, sehingga karena kedekatan dg pengambil keputusan, dibikin saja aturan blokir aliexpress. Sebenarnya bisa saja blokir aliexpress, tetapi mestinya bisa dibuat perkecualian misal untuk khusus produk produk yg sudah diproduksi dlm negeri blokir dan yg nggak ada dlm negeri bisa diperbolehkan, biar produk dlm negeri bisa bersaing, tetapi kenyataannya semua diblokir, sehingga menghampat usaha usaha kecil yg memerlukan produk khusus atau sparepart mesin dengan harga yg wajar yg nggak ada produksinya dlm negeri. Akhirnya walaupun sparepart simpel seperti sensor, part part electronic, part part mesin mesin digital akan kesulitan mendapatkannya. Selamat berjaya para juragan kaya, salam berduka untuk kaum yg nggak berdaya.

  6. Orderan saya sebulan belum nyampe, kemarin dapat pemberitahuan suruh bayar pajaknya. Kira kira nyampe engga ya ato ditahan di bea cukai?

  7. Kebijakan permendag terakhir no.31/2023 itu mengharuskan barang impor harus ada SNI dan pihak marketplace dlm hal ini Aliexpress harus ada perwakilan di indonesia, kan kebijakan koplak nih, makanya Ali langsung banned indonesia dari lokasi shipping,mungkin mereka pikir toh kita mereka ga rugi dgn ditutup ya indonesia dan justru indonesia yg potensi kehilangan cukai miliaran, emang koplak nih mendag dan menkeu.

  8. Kebijakan yg membagongkan, barang hobby bnyk disana dg harga terjangkau skrg cuma bisa liat fotonya aja, kalo strateginya kayak gini maka sampai kapan juga industri lokal gak akan bisa bersaing krn agar bs bersaing maka ya bebaskan aja persaingan tsb

  9. Masalahnya barang yang dicari gak ada di indo. Mau beli spare parts cari di ecommerce indo gak ada dan cuma ada di alixpress ebay dan amazon. Lucu aja produk itu dilarang ke indonesia. Pakai jastip jatuh lebih mahal cuma beli 1 atau 2 biji juga

  10. Hmmmmmmmmmm dari awal dah gak respek ama srimoel cethuk, didikan kapitalis,…….kebijakannya banyak yang isinya genceeetttt rakyat kecil, mulai dari tarif pajak yang naikkkkkkk terussssss, objek pajak baru yang terus di gali,…plus target kenaikan pendapatan pajak yang fantastis, dan kebijakan lain terkait import yang gak make sense,…….kita beli di luar karena gak ada barangnya di indo atau karena harga lebih reasonable dibanding dalam negri,…………………

  11. Pingback: AliExpress Indonesia: Jendela Global untuk Belanja Online Terjangkau – UEL Blog's

  12. ya ampun, padahal barang yang saya mau beli itu tidak ada dijual di Indonesia, uda nyari2 penjual indo yang jual tapi ga ketemu. Sampai saat ini udah masih engga bisa. Ya kalo mau barang dalam negeri juga dibeli, diperluas dong barangnya, emangnya semuanya bisa diproduksi di negeri? pengetahuan orang kita kan masih belum se-advance yang disana.

  13. Pingback: Apakah Amazon Masih Melayani Kiriman Ke Indonesia ? - Forwarder China Indonesia Murah dan Terbaik

  14. Pingback: Apakah Ebay Masih Melayani Pengiriman Ke Indonesia ? - Forwarder China Indonesia Murah dan Terbaik

  15. Pingback: AliExpress Indonesia: Pilihan Belanja Online Terbaik dengan Harga Terjangkau - News Bog

  16. Saya langganan aliexpress dari sejak tahun 2014
    Namun saat 2023 benar indonesia sudab hilang dari aliexpress.. yang sebelumnya di pertengahan 2022 ada regulasi biaya cukai import yang jadi mahal
    Padahal produk dari alieexpress itu murah dan berkualitas
    Sementara beberapa produk lokal saya akui masih banyak kekurangan dan penipuan product.

  17. This is really bad for small businesses! The big businesses benefit form this and increased their prices by 100 – 200 % in many cases. So the poor will become “poorer” and the rich become “richer” policy seem to work!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang