Step By Step Beli Di Alibaba Untuk Para Drop Shipper

Apakah Anda pernah memikirkan step by step beli di Alibaba untuk produk yang nantinya akan Anda jual kembali? Marketplace yang satu ini sudah banyak dikenal sebagai situs yang menyediakan puluhan juta produk dari berbagai produsen.

Step By Step Beli Di Alibaba Yang Mudah Diikuti

1.          Buat Akun Alibaba

Hingga beberapa waktu yang lalu, Anda harus memiliki alamat di Tiongkok atau rekening bank Tiongkok untuk bisa membuka akun di situs ini. Akan tetapi, melihat tingginya permintaan dari luar negeri, mereka memberikan kesempatan bagi warga asing untuk membuat akun.

Cara membuat akun di situs ini juga sangat mudah dan sama seperti membuat akun di marketplace lain. Anda hanya perlu menuliskan nama dan alamat email untuk membuka akun Alibaba.

Anda bisa membuat satu alamat email khusus untuk akun Alibaba karena seringkali supplier dari produk yang Anda lihat akan memberikan penawaran secara berkala. Selain itu, email khusus juga bisa membantu Anda dalam mengatur pesanan dan korespondensi dengan supplier.

2.          Melakukan Pencarian Produk

Situs ini membanggakan puluhan juta produk yang bisa Anda beli dengan mudah, mulai dari kertas kardus, pakaian, mainan anak-anak, hingga mur dan baut untuk motor. Anda hanya perlu menuliskan kata kunci yang tepat untuk mendapatkan produk yang Anda mau.

Untuk mempersempit hasil pencarian, Anda bisa menggunakan tanda petik dan bukannya koma. Anda juga bisa menggunakan tanda minus untuk menghindari kata-kata tertentu.

Baca Juga :  Cara Impor Barang perorangan

Mungkin Anda tidak akan langsung menemukan produk yang dicari. Tapi, Anda bisa mengatur hasil pencarian dengan urutan dan filter sesuai kebutuhan.

3.          Membandingkan Supplier

Dari sekian banyak penjual di Alibaba, Anda hanya bisa membeli dari satu atau dua saja, apalagi jika Anda mencari satu produk spesifik. Untungnya, situs ini membantu Anda dalam mencari supplier terbaik.

Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah melihat sertifikasi atau penanda yang dimiliki penjual. Sistem Alibaba akan memberi tanda seperti verified, gold badge, dan masih banyak lagi untuk menunjukkan kompetensi dan kualitas supplier.

4.          Membeli Produk

Setelah menentukan pilihan supplier, Anda bisa memilih untuk membeli secara langsung atau bertanya kepada supplier. Umumnya, mereka akan memberi tahu jika produk tersebut sudah siap atau Anda masih harus menunggu lagi.

Dan jika Anda membutuhkan produk tersebut dalam jumlah besar, Anda bisa menghubungi penjual secara langsung untuk negosiasi masalah harga. Proses negosiasi ini cukup cepat selama penjual memiliki waktu respons yang cepat.

Untuk menghemat waktu Anda dan supplier, baiknya Anda sudah siap dengan daftar pertanyaan kepada supplier. Sehingga Anda bisa segera membuat keputusan tentang jadi membeli atau tidak.

Dalam tahap ini, Anda juga bisa menanyakan tentang variasi yang lain atau bahkan meminta supplier untuk mengirimkan sampel. Hal ini penting untuk memastikan apakah supplier bisa memenuhi pesanan jumlah besar dalam waktu singkat.

5.          Melakukan Pembayaran

Setelah sepakat masalah harga, Anda bisa segera melakukan pembayaran. Selain membayar lewat transfer langsung antar bank, Alibaba menerima pembayaran dengan kartu kredit, Apple Pay, AliPay, Google Pay, dan juga Western Union.

Jumlah total yang harus Anda bayar melalui aplikasi ini hanya untuk biaya produk, pengemasan, dan juga pengiriman. Anda masih harus mempersiapkan bea masuk dan surat impor jika membeli dalam jumlah besar.

Baca Juga :  Kenali 6 Keuntungan Bisnis Impor Barang dari China

6.          Tunggu Hingga Produk Datang di Gudang

Walau terkesan mudah, tapi Anda harus bisa memperkirakan kapan produk yang Anda pesan akan sampai ke gudang. Selama menunggu, Anda bisa memastikan semua kelengkapan impor sudah siap sehingga pesanan tidak akan terhambat di pelabuhan.

Setelah pesanan tiba, Anda bisa segera menyortir semua produk yang datang dan memastikan sudah sesuai dengan pesanan. Umumnya, supplier akan memberikan waktu untuk memeriksa dan melakukan retur jika Anda tidak puas.

Sebagai seorang drop shipper, memahami step by step beli di Alibaba bisa membantu Anda menemukan cara yang paling efisien dan juga hemat. Dan setelah memiliki satu atau bahkan beberapa supplier tetap, usaha drop shipping Anda bisa terus berjalan hingga jauh di masa depan.

Tertarik untuk memulai belanja di Alibaba? Masih bingung untuk import barang di Alibaba? Jangan ragu untuk menghubungi kami, kami akan membantu dan memandu kebutuhan anda step by step dengan mudah dan praktis. Konsultasikan kebutuhan belanja anda secara gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang