Belajar Belanja Barang Di Alibaba Dengan Aman Dan Nyaman

Apakah Anda pernah memikirkan untuk belajar belanja barang di Alibaba? Salah satu marketplace terbesar di dunia ini sudah digunakan oleh jutaan orang, terutama oleh para drop shipper berbagai perusahaan besar.

Pentingnya Belajar Belanja Barang Di Alibaba

Sudah banyak orang yang menganggap Alibaba sebagai salah satu situs belanja terkemuka. Anda bisa membeli berbagai macam produk mulai dari pakaian jadi hingga bahan produksi seperti lembaran metal dan lain sebagainya.

Walau demikian, Anda perlu belajar lebih lanjut tentang belanja barang di Alibaba. Dengan ratusan ribu penjual yang menawarkan jutaan produk, Anda perlu berhati-hati agar mendapatkan supplier yang tepercaya.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda ingin menjalin hubungan bisnis jangka panjang. Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari kualitas produk yang terus terjaga dan harga rendah.

3 Cara Mendapat Supplier Yang Tepercaya

Alibaba memberikan beberapa petunjuk pada laman penjual yang menunjukkan tingkat kepercayaan di aplikasi tersebut. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk membangun hubungan bisnis dengan supplier yang bisa dipercaya.

1.      Akun Sudah Terverifikasi

Alibaba memberikan lambang berupa gold medal yang bisa menjadi penanda supplier tersebut sudah terverifikasi. Logo ini sangat mudah ditemukan karena ada tepat di samping nama penjual.

Proses verifikasi ini dilakukan Alibaba dengan cara meminta dokumen legal penjual. Semua perusahaan di Tiongkok wajib untuk memiliki dokumen usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Akan tetapi, verifikasi Alibaba dilakukan kepada semua penjual baik skala besar maupun kecil. Sehingga, Anda harus bisa membedakan antara penjual yang merupakan tangan kedua atau ketiga dengan produsen yang sebenarnya.

Baca Juga :  Belajar Import Barang dari China Tanpa Seminar dan Workshop Berbayar

Walaupun sudah memiliki lambang verifikasi, Anda masih bisa menanyakan penjual sertifikasi usaha terbaru mereka. Dokumen ini sangat penting jika produk yang Anda mau harus disertai dengan sertifikasi layak impor.

2.      Perhatikan Ulasan dan Penilaian Pembeli Lain

Selain riwayat penjualan, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah ulasan dari pembeli lainnya. Perhatikan ulasan dari yang paling baru hingga yang paling lama untuk melihat apakah mereka memiliki masalah yang terus berulang.

Tidak perlu khawatir jika produk yang Anda cari hanya ada di sedikit toko. Selama penjual memiliki ulasan yang baik dari pembeli sebelumnya, maka toko tersebut dapat dipercaya.

Apalagi jika produk mereka yang paling populer adalah produk yang Anda cari. Ini akan semakin meyakinkan Anda untuk membeli produk dari penjual tersebut.

Tapi Anda juga harus memperhatikan berapa banyak ulasan yang diberikan dengan jumlah produk yang terjual. Jika toko masih baru dan memiliki sedikit pembelian, ada baiknya Anda bicara terlebih dahulu dengan penjual untuk memastikan kualitas produk yang dijual.

Satu tip yang bisa Anda lakukan adalah untuk mengatur urutan hasil pencarian. Alibaba secara otomatis akan mengurutkan sesuai dengan nama produk dan jumlah produk terjual.

Anda bisa menggunakan pengurutan berdasarkan supplier dan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Cara ini sangat baik jika Anda kesulitan mendapatkan produk yang bersifat spesifik.

3.      Minta Sampel atau Contoh Produk

Sebenarnya bukan masalah jika usaha Anda berukuran besar ataupun kecil. Kesesuaian apa yang ditunjukkan penjual dengan produk aslinya adalah kunci hubungan bisnis yang baik.

Ada baiknya Anda menghubungi penjual untuk bertanya tentang produk yang mereka jual. Umumnya, mereka akan mengirimkan contoh produk kepada Anda sebelum melakukan pemesanan.

Baca Juga :  Mengenal 5 Aplikasi Import Barang dari China

Untuk tahu penjual mana yang bisa dihubungi, Anda bisa melihat tingkat kecepatan balasan yang mereka lakukan. Bukan tidak mungkin, supplier yang juga produsen dari bahan baku yang Anda cari memiliki kecepatan respons yang jauh di bawah 100%.

Seringkali, penjual akan memberikan nomor WeChat sebagai kontak. Anda bisa menghubungi mereka secara langsung dan mendapatkan lebih banyak informasi produk.

Umumnya, penjual akan memberikan sampel secara gratis, dengan catatan Anda harus mengurus sendiri persyaratan impor dan ongkos kirim ke Indonesia. Jika sesuai, Anda bisa mulai memesan dalam jumlah besar.

Ketika sudah memahami semua ilmu dari belajar belanja barang di Alibaba, Anda bisa menggunakan semua informasi tersebut untuk belanja di marketplace lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak bahan baku untuk mengembangkan usaha Anda.

Jika kalian masih belum paham tentang belajar belanja barang di Alibaba dan memiliki pertanyaan mengenai import barang dari china, silahkan menghubungi kami. Jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhan belanja anda secara gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang