Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay dan Tata Cara Penggunaannya

Di era digital seperti sekarang ini, hadir yang namanya sistem pembayaran digital Alipay, WeChat Pay yang belakangan ini begitu populer dan banyak digunakan oleh para pengguna. Bagi Anda di rumah yang mungkin baru pertama kali mendengar pembayaran digital tersebut, maka sebaiknya perlu menyimak ulasan di artikel berikut. Yang mana, disini akan kita jelaskan dari segi pengertian, fitur penerimaan sampai dengan tata cara penggunaannya.

Informasi Tentang Sistem Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay

Apabila Anda berencana untuk melakukan perjalanan liburan ataupun bisnis ke China, maka wajib untuk mengetahui beberapa sistem pembayaran digital populer bernama Alipay dan WeChat Pay. Diketahui, kedua aplikasi pembayaran tersebut hadir dengan memberikan akses kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pembayaran mulai dari supermarket, hotel, taksi, tiket bioskop dan lain-lain. Agar Anda lebih paham mengenai kedua aplikasi pembayaran digital asal China tersebut, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1.   Pengertian Alipay & WeChat Pay

Penting untuk Anda ketahui, bahwa Airpay dan WeChat Pay sendiri dikenal sebagai salah satu platform pembayaran digital yang memberikan akses kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pembayaran melalui perangkat ponsel pintar. Untuk memudahkan Anda memahami kedua sistem pembayaran digital tersebut, kenali terlebih dahulu pengertiannya berikut ini.

  • Alipay

Sebagai informasi, Alipay sendiri merupakan salah satu platform pembayaran di Negeri Tirai Bambu, China yang merupakan besutan Alibaba Group dan didirikan oleh Jack Ma. Sudah digunakan lebih dari 520 juta pengguna, Alipay hadir dengan menjalin kerja sama dengan banyak lembaga keuangan, termasuk halnya sistem pembayaran Visa dan MasterCard. Hadir dengan menawarkan jaringan yang terbilang cukup kuat, menjadikan Alipay mampu menggaet ribuan merchant populer di dunia.

Baca Juga :  Cara Import Barang Besar dari China

Dengan menggunakan sistem pembayaran digital Alipay, maka pengguna bisa dengan mudah melakukan transaksi melalui perangkat ponsel pintar yang dimiliki. Yakni mulai dari pembayaran tagihan kartu kredit, air & listrik, manajemen rekening bank, isi ulang voucher prabayar, beli tiket bus & kereta api dan masih banyak lagi.

  • WeChat Pay

Selanjutnya mengenai WeChat Pay sendiri, umumnya merupakan platform pembayaran digital dan dikenal sebagai rival kuat dari Alipay yang dimiliki oleh perusahaan Tencent. Diketahui, awalnya perusahaan tersebut hanya membuat layanan WeChat sebagai aplikasi layanan perpesanan instan, hingga pada tahun 2014 berkembang dengan menawarkan sistem pembayaran digital bernama WeChat Pay. Dan terhitung pada tahun 2017 silam, jumlah pengguna aktif WeChat Pay satu ini diklaim sudah mencapai 600 juta lebih.

Sama seperti Alipay, WeChat Pay juga hadir dengan menawarkan keunggulan bagi para pengguna. Di antaranya yakni memudahkan pengguna mengirim uang ke pengguna lain di daftar kontak, memesan makanan, taksi, belanja online dan lain sebagainya.

 

2.   Fitur Penerimaan Transaksi Alipay & WeChat Pay

Dikenal sebagai platform pembayaran digital populer di China, baik Alipay dan WeChat Pay juga turut menawarkan beberapa fitur penerimaan transaksi bagi para pengguna. Beberapa fitur penerimaan transaksi yang ditawarkan kedua sistem pembayaran digital tersebut, antara lain sebagai berikut :

  • Fitur layanan konversi mata uang otomatis.
  • Fitur layanan pengecekan status transaksi otomatis secara real-time, yakni melalui dashboard dan aplikasi.
  • Fitur layanan laporan transaksi secara real-time, yakni melalui dashboard dan aplikasi.

3.   Cara Menggunakan Alipay & WeChat Pay

Terlepas dari pengertian dan fitur penerimaan transaksi yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Anda penasaran bukan mengenai tata cara penggunaan Alipay dan WeChat Pay tersebut. Adapun mengenai penggunaan sistem pembayaran digital tersebut, yakni sebagai berikut.

  • Pihak merchant (baik hotel ataupun toko) yang bekerja sama dengan Alipay & WeChat Pay, nantinya akan menawarkan layanan pembayaran digital tersebut kepada pengguna.
  • Kemudian, pengguna akan melihat tampilan tagihan dalam mata uang tertentu beserta QR code di dalamnya.
  • Setelah pengguna bisa melihat langsung tagihan tersebut, maka nantinya tinggal melakukan proses pembayaran dengan scan QR code melalui aplikasi Alipay & WeChat Pay.
  • Proses pembayaran tagihan berhasil dilakukan pengguna dan ditampilkan dalam mata uang China Renminbi.
Baca Juga :  Apa Itu Izin Edar Kemenkes

Demikianlah penjelasan lengkap seputar sistem pembayaran digital Alipay, WeChat Pay, baik dari segi pengertian, fitur-fitur penerimaan transaksi yang ditawarkan sampai dengan tata cara dalam penggunaannya. Jika ada pertanyaan mengenai cara pembayaran diatas bisa kami bantu, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu kebutuhan belanja serta pembayaran anda denga naman dan mudah. Konsultasi tanpa biaya, secara gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang