Apakah Indonesia Bisa Menggunakan Alipay?

Semakin banyak orang yang mengenal fitur pembayaran Alipay, maka semakin banyak orang juga yang bertanya-tanya apakah Indonesia bisa menggunakan Alipay? Sebab, Alipay merupakan layanan dompet digital yang berasal dari China. Jadi, ada sebagian orang yang mengira bahwa layanan ini tidak bisa dipakai oleh orang Indonesia. Lalu, bagaimana jawaban sebenarnya?

Apakah Indonesia Bisa Menggunakan Alipay?

Meski aplikasi Alipay berbasis di China, tapi jangkauan aplikasi ini sudah sangat luas hingga di beberapa negara lainnya, tak terkecuali Indonesia. Untuk menggunakan fitur yang ada di dalam aplikasi ini, Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).

Kendati demikian, untuk bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi ini Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun Alipay, maka Anda tidak akan bisa mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya. Berikut adalah cara mudah untuk mendaftar akun Alipay di Indonesia:

1.     Cara Daftar Akun Alipay

Untuk membuat transaksi menggunakan Alipay bisa dilakukan secara lebih mudah dan lancar, daftarkan akun Anda terlebih dahulu dengan cara yang tepat. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar akun Alipay:

  • Pastikan aplikasi Alipay sudah terpasang di dalam perangkat, kemudian buka aplikasinya untuk masuk ke halaman utamanya.
  • Masukkan nomor telepon yang masih aktif dengan kode negara Indonesia yang benar, yaitu +62.
  • Lakukan tahapan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor telepon terdaftar pada kolom yang tersedia.
  • Pilih opsi “Alipay International Version” dan masukkan data diri yang dibutuhkan dengan benar.
Baca Juga :  Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay dan Tata Cara Penggunaannya

2.     Cara Top Up Saldo Alipay

Bagi para pengguna yang sudah memiliki akun sendiri, mereka bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai transaksi. Namun, untuk membuat transaksi tersebut berjalan secara lancar, Anda harus memastikan bahwa saldo yang tersimpan di dalamnya cukup. Lantas, bagaimana cara top up saldo Alipay?

  • Buka aplikasi Alipay dan pilih menu yang bertuliskan “Tour Pass”.
  • Kemudian, masukkan nominal saldo yang ingin ditambahkan dan pastikan nominal tersebut sesuai kebutuhan.
  • Isi data diri dan data kartu bank yang akan dipakai dengan benar, lalu lakukan tahapan verifikasi dengan mengikuti instruksi yang muncul di layar perangkat.
  • Tunggu sampai saldo Alipay Anda bertambah secara otomatis.

3.     Cara Transfer Uang ke Akun Alipay

Cara terakhir yang harus diketahui oleh semua pengguna Alipay adalah cara transfer uang ke aplikasi ini. Meski jumlah penggunanya terus meningkat di setiap waktu, tapi masih ada sebagian pengguna yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya untuk transfer. Untuk itu, simak dengan baik langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi dompet digital lokal yang mendukung pengiriman dana ke Alipay.
  • Kemudian, pilih menu “Transfer” dan klik opsi “Luar Negeri” dan “China”.
  • Jika sudah, pilih opsi “Alipay” dan masukkan nominal saldo yang ingin dikirimkan.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar perangkat, dan klik tombol “Lanjutkan” setelah memahaminya.
  • Isi data diri penerima dengan tepat dan pilih metode pembayaran yang sesuai.
  • Lakukan tahapan verifikasi dengan mengikuti instruksi aplikasi, dan dana berhasil terkirim.

Kelebihan Alipay untuk Transaksi Online

Sejak tahun 2020 masyarakat Indonesia bisa memakai aplikasi Alipay untuk bertransaksi melalui Bank BRI. Dengan begitu, keamanan transaksi bisa lebih terjamin, karena BRI dipantau langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Selain itu, Alipay masih memiliki beberapa kelebihan lainnya untuk warga Indonesia, yaitu:

  • Tersedia fitur-fitur menarik seperti manajemen rekening bank, transfer P2P, pembayaran tagihan kartu kredit, metode pembayaran marketplace di China, dan lain sebagainya.
  • Proses transaksi terjamin mudah dan cepat, karena aplikasi ini telah memiliki jangkauan yang sangat luas di berbagai negara.
  • Alipay bisa digunakan untuk pengiriman dana secara global, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim dana ke keluarga yang sedang berada di luar negeri.
Baca Juga :  5 Kelebihan AliExpress Import Barang ke Indonesia

Kesimpulan

Alipay memiliki banyak kelebihan yang dapat membuat warga Indonesia lebih mudah untuk bertransaksi ke luar negeri. Jadi, tak perlu bertanya-tanya lagi apakah Indonesia bisa menggunakan Alipay, karena jawabannya adalah bisa dan dapat digunakan dengan sangat mudah.

Jika kalian ada pertayaan mengenai impor barang dari china atau cara Menggunakan Alipay silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu anda dengan mudah dan praktis. Konsultasikan kebutuhan belanja anda secara gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang