Mengenal Surat Izin BPOM dan Manfaatnya untuk Kegiatan Impor

Dalam kegiatan impor barang, terkadang masih ada sebagian orang yang mengaku penasaran mengenai apa itu Surat Keterangan Impor BPOM. Jika Anda termasuk salah satunya, maka perlu tahu mengenai Surat Keterangan Impor BPOM satu ini, yang mana sangat menunjang kelancaran kegiatan impor di dalamnya. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian dari Surat Keterangan Impor BPOM dan juga manfaatnya untuk kegiatan impor.

Apa Itu Surat Keterangan Impor BPOM dan Manfaatnya untuk Kegiatan Impor?

Surat Keterangan Impor (SKI) BPOM, umumnya merupakan surat persetujuan resmi pemasukan obat dan makanan ke wilayah Indonesia, yang mana dikeluarkan oleh pihak BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Dengan adanya SKI BPOM ini, maka barang yang diimpor bisa dipastikan sudah memenuhi semua persyaratan keamanan pangan dan obat-obatan yang ditetapkan oleh pihak BPOM. Adapun dalam SKI BPOM, biasanya akan tercantum beberapa informasi penting seputar produk yang diimpor, jumlah barang yang akan diimpor sampai dengan nama dan alamat pengimpor barang.

Berbicara lebih lanjut mengenai SKI BPOM, Anda perlu tahu bahwa surat persetujuan yang dikeluarkan oleh pihak BPOM ini umumnya dibedakan menjadi dua jenis. Dimana jenis-jenis SKI BPOM tersebut, yakni ada SKI BPOM Border dan SKI BPOM Post Border. Untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis SKI BPOM tersebut, Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • SKI BPOM Border : surat pemasukan bahan / produk jadi khusus untuk komoditi dan bahan obat & obat tradisional (obat herbal) yang masuk ke wilayah Indonesia.
  • SKI BPOM Post Border : surat persetujuan pemasukan bahan / produk jadi untuk komoditi dan bahan obat kuasai, kosmetika, suplemen kesehatan maupun pangan olahan yang masuk ke wilayah Indonesia.
Baca Juga :  Syarat dan Alur Proses BPOM Barang Impor

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda perlu tahu bahwa SKI BPOM sendiri dikatakan sangat penting dalam menunjang kelancaran kegiatan impor barang yang dilakukan. Sebab tanpa adanya SKI BPOM tersebut, maka dapat dipastikan barang impor tersebut tidak bisa dilegalkan dan dianggap ilegal oleh pihak berwenang. Terlebih lagi, disini penggunaan SKI BPOM juga memiliki banyak sekali manfaat dalam kegiatan impor, di antaranya yakni sebagai berikut.

1.   Memastikan Barang Impor Telah Memenuhi Syarat dan Ketentuan Keamanan yang Ditetapkan BPOM

Penting untuk Anda ketahui, bahwa salah satu manfaat penting dari penggunaan SKI BPOM dalam kegiatan impor barang, yakni dapat digunakan untuk memastikan bahwa barang yang diimpor sudah memenuhi syarat dan ketentuan keamanan yang ditetapkan BPOM. Dengan adanya SKI BPOM tersebut, maka pihak pengimpor bisa memastikan bahwa barang yang diimpor memang terbilang aman dan layak untuk dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat luas. Oleh karena itulah untuk menunjang keamanan dari barang impor, penting untuk memiliki yang namanya SKI BPOM satu ini.

2.   Memudahkan Pihak Importir dalam Proses Bea Cukai

Manfaat lain dari penggunaan SKI BPOM dalam kegiatan impor barang berikutnya, yakni dapat memberikan akses kemudahan bagi pihak importir dalam proses pengurusan bea cukai barang impor. Ketika pihak pengimpor sudah memiliki yang namanya SKI BPOM satu ini, maka proses pengambilan barang di pelabuhan akan dapat berjalan dengan lebih cepat dan lancar. Tentu ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan barang impor tersebut dikatakan sudah dilengkapi dengan adanya dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak dari BPOM.

3.   Terhindar dari Masalah Sanksi Hukum dan Penarikan dari Pihak Berwenang

Selain berguna untuk memastikan keamanan barang dan memudahkan proses pengurusan bea cukai, manfaat lain dari penggunaan SKI BPOM juga akan menjadikan barang impor terhindar dari sanksi hukum dan penarikan dari pihak berwenang. Pasalnya ketika barang impor tidak memiliki yang namanya SKI BPOM, maka hal ini menjadikan barang impor tersebut akan terkena sanksi hukum dan ditarik oleh pihak berwenang. Karena alasan itulah, disini sangat penting bagi pihak pengimpor untuk memiliki SKI BPOM demi menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan impor barang.

Baca Juga :  Peran Penting Jasa Forwarder Dalam Import Barang dari China ke Indonesia

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah tidak penasaran lagi mengenai apa itu Surat Keterangan Impor BPOM dan manfaatnya dalam menunjang kegiatan impor barang, bukan?

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang