Memahami Mata Uang dan Pembayaran di Taobao.com

Peluang menjual barang yang kita beli dari marketplace Taobao China di Indonesia sangat menjanjikan, karena menyediakan beragam produk berharga murah. Nah, ketika impor barang dari Taobao, mata uang dan pembayaran apa yang digunakan?

Mengapa Barang Taobao Menguntungkan Dijual di Indonesia?

Berikut beberapa faktor yang membuat bisnis menjual barang dari Taobao di Indonesia memiliki potensi cuan yang bagus:

  • Harga yang Terjangkau: Barang-barang di Taobao seringkali ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk serupa di pasar lokal Indonesia. Ini menarik minat konsumen yang mencari harga yang lebih terjangkau.
  • Pilihan Barang yang Beragam: Taobao menawarkan berbagai macam produk dari elektronik, fashion, kosmetik, mainan, hingga peralatan rumah tangga. Pilihan yang beragam ini dapat menjangkau berbagai segmen pasar.
  • Tren E-Commerce yang Meningkat: Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin pesat dan masyarakat semakin terbiasa berbelanja secara online. Ini memberikan peluang bagi pebisnis yang ingin menjual produk dari Taobao secara online di pasar Indonesia.
  • Potensi Keuntungan: Dengan membeli barang dari Taobao dengan harga yang relatif rendah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di Indonesia, ada potensi keuntungan yang menarik.
  • Niche dan Produk Unik: Taobao juga menawarkan banyak produk unik dan berbeda yang sulit ditemukan di pasar lokal Indonesia. Ini bisa menjadi daya tarik bagi konsumen yang mencari produk khusus atau berbeda dari yang umum dijual di pasar lokal.

Ada beberapa tantangan dan kendala yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menjual barang dari Taobao di Indonesia:

  • Pabean dan Peraturan Impor: Anda perlu memahami peraturan pabean dan ketentuan impor untuk mendatangkan barang dari China ke Indonesia agar menghindari masalah di pabean.
  • Persaingan: Persaingan di industri e-commerce Indonesia cukup sengit. Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang baik untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk Anda di tengah persaingan yang ketat.
  • Keandalan Supplier: Pilih penjual atau supplier Taobao dengan reputasi yang baik dan pastikan kualitas produk yang Anda beli memenuhi standar yang diharapkan oleh konsumen di Indonesia.
  • Logistik dan Pengiriman: Pengiriman dari China ke Indonesia bisa memakan waktu dan biaya, sehingga perlu dipertimbangkan dengan matang untuk menjaga kepuasan pelanggan.
Baca Juga :  Apakah Taobao Aman ?

Jika Anda memahami dan mengatasi kendala tersebut, menjual barang dari Taobao di Indonesia dapat menjadi bisnis yang menarik dengan potensi pertumbuhan yang baik. Selalu lakukan riset pasar dan perencanaan bisnis yang matang sebelum memulai usaha ini.

Mata Uang dan Pembayaran di Taobao

Di marketplace Taobao, mata uang yang digunakan adalah Yuan (¥) atau RMB (Renminbi), yang merupakan mata uang resmi Republik Rakyat China. Saat berbelanja di Taobao, harga barang biasanya ditampilkan dalam Yuan.

Jika Anda mengakses situs Taobao dari luar China, harga barang mungkin juga ditampilkan dalam beberapa mata uang lainnya untuk kemudahan pengguna dari berbagai negara. Namun, ketika Anda melakukan transaksi pembelian, harga akan dikonversi ke dalam Yuan (RMB) sesuai dengan kurs yang berlaku.

Ketika Anda melakukan pembayaran, Anda perlu menggunakan metode pembayaran Taobao, seperti kartu kredit internasional, transfer bank, atau metode pembayaran online populer di Tiongkok seperti Alipay (Some one to Pay).

Sebagai catatan, untuk beberapa negara tertentu, membeli dari Taobao bisa sedikit lebih rumit karena beberapa pembayaran online Tiongkok mungkin tidak tersedia di luar negeri. Itulah mengapa banyak orang menggunakan jasa forwarder impor atau agen pembelian untuk membantu mereka membeli dan mengimpor barang dari Taobao ke negara mereka.

Bila ingin menggunakan Alipay di Taobao, pembeli dari Indonesia umumnya menggunakan bantuan Jasa pembayaran RMB melalui fasilitas Find Someone to Pay di Taobao. Jika anda memerlukan jasa bantuan pembayaran RMB baik itu di 1688.com, Taobao, Alipay dan wechatpay, silahkan menghubungi kami.

Solusi Pintar Tanpa Ribet Import Barang di Taobao

Daripada memusingkan metode pembayaran di Taobao yang agak ribet, pebisnis pemula akan lebih baik bila menggunakan jasa forwarder impor. Menggunakan jasa forwarder impor barang dari China ke Indonesia memudahkan proses pengiriman internasional dan mengurangi kerumitan yang mungkin Anda hadapi saat mengimpor sendiri. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan jasa forwarder:

  1. Pilih Jasa Forwarder: Lakukan riset untuk menemukan jasa forwarder yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Cari ulasan dan testimoni dari pelanggan sebelumnya, periksa reputasi, dan pastikan jasa tersebut memiliki pengalaman dalam mengimpor barang dari China ke Indonesia.
  2. Daftar di Jasa Forwarder: Jika Anda telah memilih jasa forwarder, silahkan membuat komitmen untuk bekerjasama menggunakan jasa mereka.
  3. Menghitung Biaya: Mintalah estimasi biaya untuk pengiriman barang yang Anda inginkan. Berikan informasi tentang berat dan dimensi barang, serta rute pengiriman yang diinginkan, apakah melalui Udara atau Laut.
  4. Lakukan Pembelian di Taobao: Setelah mendapatkan estimasi biaya dari jasa forwarder, Anda bisa mulai berbelanja di situs seperti Taobao atau penjual China lainnya. Pastikan untuk memberikan alamat gudang forwarder di China sebagai alamat pengiriman ketika membeli barang.
  5. Konfirmasi Pengiriman barang: Setelah barang dikirim oleh penjual, silahkan konfirmasikan kepada jasa forwarder yang bersangkutan.
  6. Pengiriman ke Indonesia: Selanjutnya perusahaan forwarder akan mengurus pengiriman barang dari China ke Indonesia. Mereka akan menyiapkan proses pengiriman, pengurusan pabean dan pengiriman domestik di Indonesia nantinya.
  7. Penerimaan Barang: Setelah barang tiba di Indonesia dan melewati proses pabean, pihak forwarder akan mengirimkan barang ke alamat tujuan yang Anda berikan. Pastikan untuk memeriksa kondisi barang dan periksa apakah sesuai dengan pesanan Anda.
Baca Juga :  Cara Import Barang Besar dari China

Nah, demikianlah pembahasan kita tentang Mata Uang dan Pembayaran di Taobao.com. Jika teman teman ingin memulai bisnis import barang dari China, dan bingung harus mulai dari mana ? silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang