Apa Itu MSDS dan Manfaatnya dalam Impor dari China

Mungkin sebgain besar dari kita belum tahu apa itu MSDS dan manfaatnya dalam impor dari China. Padahal ini perlu diketahui jika kita ingin mengirim barang yang butuh penanganan khusus.

Salah satu barang yang membutuhkan MSDS adalah bahan atau barang kimia. Terlebih lagi barang atau bahan kimia yang mempunyai sifat berbahaya. Misalnya yang mempunyai kandungan racun, mudah meledak hingga mudah terbakar.

Itulah mengapa untuk meningkatkan keamanan, dibutuhkan prosedur khusus yakni melalui MSDS. Jika Anda sering melakukan impor barang, maka memahami lebih jauh mengenai MSDS wajib untuk diketahui berikut ini.

Apa Itu MSDS dan Manfaatnya Dalam Impor Dari China?

MSDS (material safety data sheet) adalah sebuah dokumen yang berisi data atau informasi penting mengenai bahan kimia atau barang berbahaya. Isi dari dokumen tersebut biasanya adalah informasi identitas bahan, produsen bahan, bahaya dimana akan ditimbulkan hingga kandungan atau komposisi bahan.

Tidak hanya itu, dokumen juga berisi mengenai prosedur penanganan sekaligus keselamatan, cara pengangkutan serta proses pembuangan limbahnya. Dalam bahasa Indonesia, MSDS disebut dengan LDKB atau Lembar Data Keselamatan Bahan.

Prosedur ini telah diterapkan di hampir seluruh negara di dunia dengan format standar MSDS berdasarkan GHS atau Globally harmonized system. Dimana merupakan standar internasional untuk formal MSDS di seluruh negara.

Dokumen ini menjadi sumber informasi sangat penting supaya nantinya dapat mencegah terjadinya cedera atau kecelakaan saat tengah menangani bahan kimia berbahaya. Melalui MSDS, Anda dapat mengetahui sekaligus mengenal berbagai sifat berbahaya dari bahan kimia yang dapat digunakan.

Baca Juga :  Bagaimana Proses Pembayaran PayPal Paling Mudah

MSDS juga mempunyai fungsi dan manfaat sangat penting ketika akan mengimpor barang dari China berkaitan dengan bahan kimia. Berikut ini sejumlah manfaat dimana diberikan dari dokumen penting ini:

1.    Membantu Mengidentifikasi Produk dan Produsen

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa MSDS adalah sebuah dokumen yang mempunyai data atau informasi lengkap mengenai suatu produk atau produsen manufaktur. Dengan hadirnya dokumen tersebut, maka proses identifikasi jauh lebih mudah.

Misalnya saja apabila terjadi suatu permasalahan saat penanganan produk kimia, maka jauh lebih mudah dalam mendapatkan pertanggung jawaban. Anda bisa dengan mudah identitas dari pihak produsen.

2.    Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Bahaya Fisik

Beberapa barang yang mempunyai sifat kimia ternyata mampu menghadirkan bahaya fisik juga terutama kalau mengenai tubuh atau penanganannya tidak jelas. Melalui dokumen MSDS, maka pengguna, pengirim hingga pihak distributor akan memahami bagaimana prosedur penanganannya secara tepat.

3.    Membantu Mencegah dan Menangani Kondisi Darurat

Apabila Anda mengimpor barang kimia dari China, dokumen MSDS inilah dapat membantu untuk mencegah sekaligus menangani kondisi darurat. Misalnya saja pada alat Pelindung Diri atau APD yang wajib digunakan. Di dalam dokumen biasanya juga akan tertera penanganan keadaan darurat seperti bagian tubuh tertimpa bahan kimia.

4.    Membantu Menjamin Keselamatan Penggunaan Bahan Kimia

Secara umum, keberadaan dari MSDS juga bermanfaat untuk memberikan jaminan terhadap keselamatan dari proses pengiriman hingga penggunaan bahan kimia. MSDS juga menjadi sebuah syarat terhadap suatu regulasi serta memberikan edukasi penggunaan.

Apa Saja Isi dan Format MSDS?

Setelah memahami apa sajakah manfaat dari dokumen MSDS ini, maka berikutnya adalah memahami apa saja isi atau format dari dokumen. Secara umum, berikut sejumlah informasi penting yang tertera pada MSDS:

  • Identitas produk dan perusahaan
  • Identitas mengenai bahan mulai klasifikasi bahaya, kata peringatan, pernyataan mengenai bahaya, deskripsi semua bahaya dimana belum dimasukkan ke dalam klasifikasi
  • Komposisi bahan berupa zat yang terkandung, campuran, trade secret yang merupakan pernyataan mengenai identitas spesifik zat kimia ataupun persentase konsentrasi
  • Rute bahan apabila masuk ke dalam tubuh berkaitan dengan prosedur penanganannya
  • Peringatan bahaya baik simbol atau tulisan mencolok
  • Bahaya kanker apabila ada
  • Prosedur penggunaan mulai dari membuka, menggunakan hingga membersihkan
Baca Juga :  7 Tips Menjadi Distributor Import Barang dari China

Mengimpor barang kimia dari China membutuhkan penanganan dan prosedur khusus dimana harus disiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah menyiapkan keberadaan dokumen MSDS yang memuat informasi penting mengenai produk dan produsen. Sudah tahu apa itu MSDS dan manfaatnya dalam impor dari China.

Jika teman teman memiliki pertanyaan terkait import barang dari China, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu Langkah demi Langkah dari awal hingga selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang