Apa Itu COA dan Manfaatnya Dalam Impor dari China

Informasi mengenai apa itu COA dan manfaatnya dalam impor dari China sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi bagi Anda yang sering terlibat langsung dalam proses perdagangan China ataupun internasional.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa impor barang China sudah banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Terutama karena mengimpor barang dari negeri Tirai Bambu tersebut jauh lebih lengkap dan terjangkau dibandingkan dengan dari negara lainnya.

Walaupun demikian, terdapat sejumlah syarat dan regulasi yang perlu diperhatikan terlebih dahulu apabila ingin mengimpor dari China. Salah satu dokumen yang wajib untuk disiapkan adalah COA. Lalu apa yang disebut dengan COA? Berikut penjelasan lengkapnya yang perlu diketahui sebelum impor barang.

Apa Itu COA dan Manfaatnya Dalam Impor dari China

COA atau Certificate of Analysis merupakan sebuah dokumen yang memberikan pernyataan bahwa sebuah produk sudah melewati pengujian laboratorium terakreditasi. Melalui hasil pengujian itulah, maka kualitas sebuah produk telah memenuhi spesifikasi dimana telah ditetapkan.

Keberadaan dokumen ini biasanya digunakan untuk beberapa produk, misalnya makanan, bahan kimia, minuman, obat-obatan dan sebagainya. Semua produk itulah wajib melewati tes kualitas serta kelayakan konsumsi oleh sebuah lembaga analisa  yang terpercaya dan memiliki akreditasi.

Dokumen tersebut menjadi persyaratan administrasi dimana wajib disediakan oleh seorang apabila terlibat dalam perdagangan internasional. Tidak hanya bagi pihak eksportir saja, tetapi juga penting bagi importir barang China terutama di Indonesia.

Sebab Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup rajin dalam mengimpor bahan kimia dari China serta bahan-bahan tekstil. Itulah sebabnya, keberadaan dokumen COA biasanya harus tersedia. Berikut ini sejumlah manfaat dokumen certificate of analysis:

1.    Menjadi Jaminan dari Produsen

Keberadaan dari COA merupakan sebuah dokumen jaminan mengenai produk dimana dimiliki oleh sebuah perusahaan. Produk tersebut juga telah melewati proses pengecekan sekaligus analisis oleh lembaga dengan akreditasi jelas.

Baca Juga :  Berapa lama pesan barang di Alibaba

Dengan kata lain, ini dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen pada produk berkaitan. Tidak hanya sebagai penilaian saja, tetapi juga memberikan kemudahan bagi konsumen dalam upaya memperoleh hasil analisa produk yang valid.

2.    Membantu Mengetahui Kualitas dari Produk

Manfaat hadirnya dokumen ini tidak hanya dirasakan oleh pihak produsen saja, tetapi juga pihak konsumen. Sebab melalui dokumen ini, para  konsumen bisa lebih mudah mengetahui apakah sebuah produk berkualitas, layak konsumsi dan aman ketika digunakan.

Bayangkan saja apabila sebuah produk tidak mempunyai COA, maka terkait kualitas, keamanan hingga kelayakannya juga menjadi pertanyaan besar. Apabila produknya telah lolos, sudah dapat dipastikan keamanan dan kualitasnya.

Isi COA Dalam Dokumen Impor Barang China

Terdapat sejumlah informasi penting dimana bisa Anda temukan di dalam dokumen certificate of analysis tersebut. Walaupun demikian, tidak semua COA menghadirkan informasi sama karena memang tergantung pada jenis barang bersangkutan. Berikut sejumlah informasi penting yang terkandung di dalam sertifikat:

  • Nama perusahaan atau lembaga yang sudah melakukan pengujian kualitas bahan atau produk
  • Tanggal pengujian dan tanggal penerbitan dari nomor COA
  • Nomor lot Sebagai informasi tambahan bahwa produk dengan nomor berbeda biasanya juga mempunyai COA berbeda
  • Hasil pengujian
  • Spesifikasi atau nilai standar dari pengujian beserta satuannya
  • Expiry date
  • Kesimpulan proses pengujian, apakah diterima atau ditolak
  • Tanda tangan serta nama pejabat penerbit COA dengan stempel perusahaan atau lembaga.

Cara Memperoleh COA

Untuk mendapatkan dokumen COA maka terdapat sejumlah prosedur dimana perlu Anda lewati terlebih dahulu. Terlebih lagi bagi Anda yang akan melakukan ekspor barang ke luar negeri. Berikut ini sejumlah cara untuk memperoleh dokumen certificate of analysis:

  1. Silahkan mendaftar untuk melakukan pengujian produk di perusahaan atau lembaga yang sudah kompeten dan terakreditasi dalam melakukan analisa. Jangan lupa membawa sampel sekaligus menetapkan parameter dari pengujian
  2. Isilah formulir dari pihak laboratorium penguji produk dengan baik
  3. Apabila proses pengujian telah selesai, maka akan memperoleh COA sampel produk yang sudah diujikan.
Baca Juga :  Apakah Import dari China Mahal Biaya Kirimnya ?

Mengimpor barang China memang menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang karena keuntungannya. Tetapi juga terdapat sejumlah dokumen penting yang harus diperhatikan terutama berkaitan dengan bahan kimia yakni COA. Sudah memahami apa itu COA dan manfaatnya dalam impor dari China? Pastikan siapkan dokumen ini.

Jika tema teman ada pertanyan mengenai COA atau hal hal lain terkait impor barang dari China, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu menjelaskan kepada teman teman dari awal hingga selesai. Salam sukse selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang