Kenapa Harga Barang Import dari China Bisa Murah ?

Label “Made in China” banyak terpampang di produk-produk yang beredar di Indonesia. Produk buatan negara tirai bambu memang banyak diminati konsumen dengan alasan utama harganya murah. Kenapa harga barang import dari China bisa murah?

Alasan Mengapa Produk China Lebih Murah

Ada sejumlah alasan mengapa produk China seringkali lebih murah daripada produk buatan negara lain. Beberapa faktor yang paling penting meliputi:

  1. Biaya tenaga kerja rendah: China memiliki tenaga kerja yang besar dan terus bertambah, dan upah pekerja China umumnya jauh lebih rendah daripada di negara maju. Ini berarti bahwa biaya tenaga kerja merupakan bagian yang jauh lebih kecil dari total biaya produksi barang-barang Cina.
  2. Skala ekonomis: China memiliki sektor manufaktur yang besar dan canggih, yang memungkinkan perusahaan China memanfaatkan skala ekonomi. Ini berarti bahwa mereka dapat memproduksi barang dengan biaya per unit yang lebih rendah daripada perusahaan di negara-negara kecil dengan sektor manufaktur yang kurang berkembang.
  3. Subsidi pemerintah: Pemerintah Cina menyediakan sejumlah subsidi untuk sektor manufakturnya, yang membantu menekan biaya produksi. Subsidi ini dapat berupa keringanan pajak, pinjaman berbunga rendah, atau hibah langsung.
  4. Regulasi lingkungan yang lemah: China memiliki regulasi lingkungan yang tidak seketat banyak negara lain. Ini berarti bahwa perusahaan China seringkali dapat menghindari biaya untuk mematuhi peraturan lingkungan, yang dapat menghemat uang mereka.
  5. Perlindungan kekayaan intelektual yang lemah: China memiliki undang-undang perlindungan kekayaan intelektual yang lemah. Artinya, perusahaan China seringkali dapat menyalin produk yang dibuat oleh perusahaan lain tanpa harus membayar royalti atau biaya lisensi. Ini juga dapat membantu menekan biaya produksi.

Memang tidak semua produk China murah. Ada banyak produk China berkualitas tinggi yang dijual dengan harga premium. Namun, faktor-faktor yang tercantum di atas dapat membantu menjelaskan mengapa barang dari China bisa lebih murah daripada produk yang dibuat di negara lain.

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat mempertimbangkan harga produk China. Pertama, kualitas produk China telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Artinya, produk China tidak lagi dianggap identik dengan kualitas rendah. Kedua, pemerintah China semakin menindak produk palsu. Ini berarti semakin sulit untuk menemukan produk China yang palsu.

Dimana Bisa Membeli Produk Murah China

Ada beberapa tempat di mana Anda dapat membeli produk murah dari China. Berikut adalah beberapa opsi yang umum digunakan:

  • Platform E-commerce: Situs web seperti Alibaba, AliExpress, Gearbest, Banggood, Taobao, 1688, tmall adalah platform e-commerce yang populer untuk membeli produk China dengan harga yang terjangkau. Anda dapat menemukan berbagai macam produk di sana, mulai dari pakaian, aksesoris elektronik, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.
  • Situs lelang online: Situs seperti eBay juga menyediakan opsi untuk membeli produk China dengan harga murah melalui proses lelang. Anda dapat menemukan barang-barang baru dan bekas dengan harga yang kompetitif.
  • Marketplace lokal: Beberapa negara memiliki platform e-commerce lokal Indonesia juga menawarkan produk-produk dari China dengan harga yang kompetitif. Misalnya, platform seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia yang menjual berbagai produk dari China.
  • Grosir dan distributor: Jika Anda mencari pembelian produk China dalam jumlah besar, Anda dapat menghubungi grosir atau distributor lokal yang mengimport produk dari China. Mereka biasanya menawarkan harga yang lebih murah untuk pembelian dalam jumlah besar.
  • Pameran dagang: Pameran dagang internasional, seperti Canton Fair di China, sering kali menjadi tempat di mana pembeli dari seluruh dunia dapat membeli produk langsung dari produsen China dengan harga yang kompetitif. Namun, untuk menghadiri pameran tersebut, biasanya diperlukan perencanaan dan perjalanan ke lokasi pameran.
Baca Juga :  Ringkasan Cara Belanja dari China

Selalu perhatikan reputasi penjual atau produsen, periksa ulasan produk, dan pastikan untuk membandingkan harga sebelum membuat pembelian. Juga, periksa kebijakan pengiriman dan biaya tambahan seperti bea cukai dan pengiriman internasional sebelum memutuskan dari mana Anda akan membeli produk China.

Prosedur Lengkap Import Barang dari China

Pebisnis yang ingin mendatangkan barang dari China untuk dijual kembali di Indonesia mesti paham prosedur import. Berikut adalah prosedur umum untuk mengimport barang dari China ke Indonesia:

  • Perusahaan perdagangan internasional: Pastikan Anda memiliki perusahaan perdagangan internasional yang terdaftar dan memiliki izin untuk mengimport barang ke Indonesia. Jika Anda adalah individu yang ingin mengimport barang untuk penggunaan pribadi, Anda dapat menggunakan jasa perusahaan jasa ekspedisi atau perusahaan forwarder atau agen kargo yang berlisensi.
  • Penentuan Incoterms: Tentukan Incoterms (International Commercial Terms) dengan pemasok Anda di China. Incoterms menentukan tanggung jawab dan biaya pengiriman antara pembeli dan penjual. Hal ini mencakup biaya pengiriman, asuransi, bea cukai, dan tanggung jawab lainnya. Incoterms yang umum digunakan adalah FOB (Free On Board) atau CIF (Cost, Insurance, and Freight).
  • Pemilihan penyedia jasa pengiriman: Pilih penyedia jasa pengiriman internasional atau perusahaan ekspedisi yang berpengalaman dalam mengatur pengiriman barang dari China ke Indonesia. Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang dapat mengurus proses bea cukai dan pengurusan dokumen import. Perusahaan jasa forwarder china Indonesia dapat menangani tugas tersebut dengan profesional.
  • Dokumen ekspor dari China: Pastikan pemasok Anda di China menyediakan dokumen ekspor yang lengkap, seperti Commercial Invoice (faktur komersial), Packing List (daftar kemasan), dan Bill of Lading/Airway Bill (dokumen pengiriman).
  • Pemenuhan persyaratan import Indonesia: Pastikan Anda memenuhi persyaratan import yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Persyaratan ini dapat meliputi sertifikat, izin import, atau persyaratan khusus untuk jenis barang tertentu, seperti makanan, obat-obatan, atau barang-barang berbahaya.
  • Pendaftaran dan pembayaran bea cukai: Setelah barang tiba di pelabuhan atau bandara di Indonesia, Anda harus mendaftarkan dan membayar bea cukai. Anda dapat menggunakan jasa agen bea cukai atau melakukan prosesnya sendiri dengan melengkapi dokumen import yang diperlukan dan membayar bea cukai yang berlaku.
  • Pengiriman: Setelah barang melewati proses bea cukai, Anda dapat mengatur pengiriman terakhir dari pelabuhan atau bandara ke tempat tujuan di Indonesia. Anda dapat menggunakan jasa pengiriman lokal atau jasa angkutan lainnya untuk mengirim barang tersebut ke alamat yang diinginkan.
Baca Juga :  Apakah Barang Impor Harus Berlabel SNI?

Prosedur import dari China dapat bervariasi tergantung pada jenis barang yang diimport dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan mereka yang ahli dalam bidang import atau menghubungi instansi pemerintah yang berwenang untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai persyaratan import yang berlaku.

Perusahaan Forwarder Import dari China

Perusahaan forwarder import dari China, atau yang sering disebut juga perusahaan jasa ekspedisi import, adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengatur dan menyediakan layanan pengiriman barang dari China ke negara tujuan import, seperti Indonesia. Perusahaan forwarder import berperan sebagai perantara antara pemasok atau penjual di China dengan pembeli atau importtir di negara tujuan.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipahami tentang perusahaan forwarder import dari China:

  • Jasa Pengiriman Internasional: Perusahaan forwarder import biasanya menyediakan jasa pengiriman internasional, baik melalui jalur udara (penerbangan kargo) maupun jalur laut (pengiriman kontainer). Mereka memiliki hubungan dan kerjasama dengan maskapai penerbangan, perusahaan pelayaran, dan agen pengiriman di berbagai pelabuhan dan bandara di China dan negara tujuan import.
  • Logistik dan Pengiriman Barang: Perusahaan forwarder import bertanggung jawab untuk mengurus logistik pengiriman barang dari pemasok di China ke gudang atau alamat tujuan di negara tujuan import. Mereka akan mengatur proses pengiriman, termasuk pengumpulan barang dari pemasok, pengemasan, pengurusan dokumen ekspor dan import, pemuatan ke pesawat atau kapal, pengurusan bea cukai, serta pengiriman terakhir ke alamat tujuan.
  • Bea Cukai dan Dokumen Import: Perusahaan forwarder import memiliki pemahaman yang baik tentang persyaratan dan prosedur bea cukai dan dokumen import yang berlaku di negara tujuan import. Mereka dapat membantu dalam pendaftaran dan pelaporan import, mengurus persyaratan import yang spesifik, membantu dalam penyusunan dan verifikasi dokumen import yang diperlukan, serta membantu dalam pembayaran bea cukai dan biaya terkait.
  • Pemantauan dan Pelacakan Pengiriman: Perusahaan forwarder import China biasanya menyediakan layanan pemantauan dan pelacakan pengiriman barang secara real-time. Ini memungkinkan importtir untuk mengetahui status pengiriman barang mereka, memantau pergerakan barang melalui sistem pelacakan, serta mendapatkan informasi terkait perkiraan waktu kedatangan (ETA) barang.
  • Asuransi dan Klaim: Beberapa perusahaan forwarder import juga menyediakan layanan asuransi pengiriman barang untuk melindungi importtir dari risiko kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman. Mereka juga dapat membantu dalam mengajukan klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Perusahaan forwarder import memainkan peran penting dalam memudahkan proses import barang dari China ke negara tujuan import. Dengan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam logistik internasional dan persyaratan import, mereka membantu importtir dalam mengoptimalkan proses pengiriman barang secara efisien, mengurangi risiko, dan memastikan barang tiba dengan aman dan tepat waktu.

Jika anda ingin mencoba memulai bisnis import barang dari China, dan bingung harus memulai dari mana ? Silahkan menghubungi kami. Kami akan memandu dan membantu anda Langkah demi Langkah dari awal sampai barang diterima. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang