Belanja di 1688.com dan Alibaba Mana yang Lebih Menguntungkan ?

Alibaba dan 1688 merupakan dua situs belanja China sebagai bagian dari Alibaba Group. Namun, keduanya memiliki peran yang berbeda dalam ekosistem bisnis Alibaba. Bila diperbandingkan, 1688 vs Alibaba mana yang lebih menguntungkan untuk belanja barang?

Perbandingan Marketplace 1688 dengan Alibaba

Alibaba Group adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan beberapa rekan bisnisnya. Jack Ma adalah seorang pengusaha China yang visioner dan menjadi salah satu tokoh paling terkenal dalam industri teknologi dan perdagangan global.

1688 dan Alibaba keduanya merupakan perusahaan e-commerce terkemuka yang berbasis di China. Namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya yaitu :

Alibaba:

Alibaba.com adalah platform e-commerce yang menyediakan layanan perdagangan internasional. Platform ini fokus pada perdagangan grosir dan menawarkan akses ke berbagai produk dari berbagai produsen, distributor, dan pedagang dari seluruh dunia. Alibaba.com membantu pembeli dari seluruh dunia mencari pemasok dan produk untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang umumnya dalam jumlah besar (grosir).

1688:

1688.com adalah platform perdagangan yang berfokus pada pasar domestik China. Ini mirip dengan Alibaba.com tetapi lebih ditujukan untuk perdagangan dalam negeri di China. 1688.com menyediakan akses ke jutaan produk dari pemasok dan produsen China dan ditargetkan untuk pembeli dalam negeri yang ingin membeli dalam jumlah satuan hingga jumlah besar.

Perbedaan umum di antara keduanya yaitu :

  • Fokus Geografis: com adalah platform perdagangan internasional yang melayani pembeli dan penjual dari seluruh dunia, sedangkan 1688.com adalah platform domestik China yang lebih berorientasi pada pasar dalam negeri.
  • Target Pengguna: Alibaba.com ditujukan untuk pembeli internasional yang mencari pemasok atau produk dalam jumlah besar (grosir), sementara 1688.com ditujukan untuk pembeli domestik di China yang juga mencari produk satuan dan grosir.
  • Bahasa: Alibaba.com menyediakan layanan dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Inggris, untuk melayani pelanggan internasional. Sementara itu, 1688.com utamanya berbahasa Mandarin karena ditujukan untuk pasar domestik China.
  • Jenis Produk: Meskipun keduanya menawarkan produk dari berbagai kategori, Alibaba.com cenderung memiliki lebih banyak variasi produk internasional, sedangkan 1688.com fokus pada produk yang diproduksi di China.

Lebih Menguntungkan Mana, Berbelanja di Alibaba atau 1688?

Keuntungan berbelanja barang di Alibaba atau 1688 akan tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis barang yang ingin Anda beli, volume pembelian, lokasi Anda, dan preferensi bisnis Anda. Mari kita tinjau beberapa poin yang perlu dipertimbangkan:

  1. Jenis Barang: Jika Anda mencari produk yang lebih bersifat internasional atau ingin menjual produk secara internasional, Alibaba.com mungkin lebih cocok. Alibaba.com menawarkan berbagai produk dari berbagai produsen dan pemasok di seluruh dunia, dan situs ini mendukung transaksi dalam berbagai mata uang dan bahasa. Jika Anda lebih tertarik pada produk-produk lokal dari pemasok China dan kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Mandarin, maka 1688.com mungkin lebih sesuai. Situs ini lebih fokus pada pasar China dan menawarkan akses ke banyak pilihan produk lokal dengan harga grosir.
  2. Volume Pembelian: Alibaba.com umumnya lebih sesuai untuk pembelian dalam jumlah besar (grosir) karena banyak pemasok di sana siap menawarkan harga yang lebih kompetitif untuk jumlah pesanan yang besar. 1688.com juga menawarkan harga grosir, tetapi karena pasar yang lebih lokal, seringkali lebih cocok untuk pembelian dalam jumlah besar atau menengah bahkan satuan di dalam negeri China.
  3. Lokasi Pembeli : Jika Anda berada di luar China seperti di Indonesia dan ingin menjual produk secara internasional, Alibaba.com mungkin lebih nyaman karena mendukung transaksi global dan pengiriman internasional. Jika Anda berada di China atau ingin memasok produk lokal dari China, 1688.com bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena Anda dapat berinteraksi langsung dengan pemasok dalam bahasa Mandarin.
  4. Bahasa dan Komunikasi: 1688.com menawarkan lebih banyak dukungan bahasa, termasuk bahasa Inggris dan banyak bahasa internasional lainnya, sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pemasok dari berbagai negara. 1688.com secara dominan berbahasa Mandarin, sehingga mungkin lebih sulit untuk berkomunikasi jika Anda tidak menguasai bahasa tersebut. Namun, beberapa peramban web modern memiliki fitur penerjemahan yang dapat membantu.
Baca Juga :  Jasa Titip Beli Barang di 1688.com

Kesimpulannya, jika Anda mencari produk untuk pasar internasional dan ingin berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya, maka Alibaba.com mungkin lebih menguntungkan. Namun, jika Anda lebih tertarik pada pasar lokal China dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Mandarin, 1688.com bisa menjadi pilihan yang menarik, terutama jika Anda ingin melakukan pembelian dari China.

Lebih Murah Mana, Berbelanja di Alibaba atau 1688?

Penting untuk dicatat bahwa perbandingan harga antara Alibaba dan 1688 dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis produk yang dibeli, volume pembelian, kualitas produk, dan negosiasi harga dengan pemasok.

Namun, dalam banyak kasus, marketplace 1688 cenderung menawarkan harga yang lebih murah daripada Alibaba. Berikut adalah beberapa alasan mengapa 1688 mungkin dapat menawarkan harga yang lebih rendah:

  • Fokus pada Pasar China: 1688 adalah platform e-commerce yang lebih fokus pada pasar lokal China. Oleh karena itu, di 1688 Anda akan menemukan banyak pemasok dan produsen lokal yang menawarkan produk dengan harga grosir yang lebih terjangkau. Ini karena biaya produksi dan distribusi produk lokal di China cenderung lebih rendah daripada produk yang diimpor atau dipasok secara internasional.
  • Biaya Komisi dan Layanan: Alibaba.com adalah platform B2B internasional yang menyediakan layanan dukungan bahasa, layanan pelanggan, dan platform global. Biaya untuk layanan ini mungkin dapat mempengaruhi harga produk yang ditawarkan. Di sisi lain, 1688 memiliki fokus pasar yang lebih lokal dan mungkin memiliki biaya operasional yang lebih rendah, yang dapat terlihat dalam harga produk yang ditawarkan.
  • Volume Pembelian: Karena 1688 adalah platform yang lebih ditujukan untuk pembeli lokal China dan bisnis dalam jumlah besar, pemasok di sana mungkin lebih cenderung menawarkan harga grosir yang lebih menguntungkan jika Anda membeli dalam jumlah besar.
Baca Juga :  Apakah Taobao Aman ?

Meskipun 1688 mungkin menawarkan harga yang lebih murah, ada beberapa pertimbangan tambahan yang harus Anda pertimbangkan saat berbelanja di platform ini:

  • Komunikasi: 1688 secara dominan berbahasa Mandarin, jadi jika Anda tidak fasih berbahasa Mandarin, berkomunikasi dengan pemasok mungkin menjadi lebih sulit. Solusinya, gunakan google translate untuk membantu menterjemahkan Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya
  • Kepercayaan dan Kualitas: Karena 1688 lebih terfokus pada pasar lokal China, penting untuk melakukan riset dan verifikasi terhadap pemasok untuk memastikan kualitas dan keandalan produk yang Anda beli.
  • Pengiriman dan Logistik: Jika Anda berada di luar China, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman dan logistik untuk mengimpor produk dari China ke Indonesia. Cari jasa forwarder China Indonesia untuk membantu pengurusan barang yang anda beli sampai diterima dengan baik di Indonesia.

1688 mungkin menawarkan harga yang lebih rendah, terutama untuk produk lokal China dan pembelian dalam jumlah besar. Namun, ada faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti bahasa, kepercayaan, dan logistik sebelum Anda memutuskan dari mana akan berbelanja.

Buat anda yang ingin memulai bisnis import barang dari China, apakah itu melalui Alibaba, 1688, Taobao, aliexpress dan lain lain, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah cara import barang dari China, dengan mudah dan efisien. Kami juga menyediakan jasa pembayaran di 1688, Taobao, Alibaba, alixpress dan menyediakan jasa forwarder murah China Indonesia. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang