Ini Dia Alasan Kenapa Produk China Bisa Sangat Kompetitif

Tidak hanya pelaku usaha di Indonesia saja yang penasaran kenapa produk China bisa sangat kompetitif, tapi ada banyak orang lainnya juga yang ingin tahu tentang alasannya. Hal ini terjadi karena produk China sering dianggap telah menguasai pasar global yang tidak bisa dicapai oleh negara lain. Lantas, apa alasan yang membuat produk China bisa sangat kompetitif?

Alasan Kenapa Produk China Bisa Sangat Kompetitif

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar maupun melihat produk yang diberi label made in China. Ya, produk dengan label seperti ini merupakan produk yang diproduksi dari China dan dipasarkan ke seluruh dunia. Tidak hanya ada satu sampai dua produk China saja yang terjual cepat di luar negeri, tapi ada ribuan barang yang membuat produk China semakin unggul.

Maka dari itu, orang-orang ingin tahu apa yang membuat produk China bisa sangat kompetitif seperti itu. Pada kesempatan kali ini, kami akan membantu Anda untuk mengetahui alasan tersebut, yaitu:

1.     Orientasi pada Keuntungan Kecil

Alasan terbesar kenapa produk China bisa unggul dalam pasar global adalah karena orientasinya terhadap keuntungan kecil. Berbeda dengan pemikiran bisnis di negara lain yang lebih mengutamakan keuntungan besar, sebagian besar pelaku usaha di China lebih mengutamakan keuntungan yang kecil namun perputarannya cepat.

Sebagian besar pelaku usaha di China lebih memilih menjual produknya dengan harga yang murah dan jumlah yang banyak dibanding menetapkan harga mahal namun tidak kunjung laku. Hal ini sesuai dengan pepatah yang menyebutkan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tak perlu fokus pada hal yang besar, karena perlahan keuntungan kecil yang diperoleh tersebut dapat berubah menjadi banyak.

Baca Juga :  Keuntungan menggunakan Jasa Titip Beli Barang Dari China

2.     Upah Tenaga Kerja Rendah

Bagaimana bisa upah tenaga kerja yang rendah bisa berpengaruh terhadap kecepatan produk China dalam menguasai pasar global? Ini bukan hal yang tidak masuk akal, karena China dapat menggunakan banyak tenaga kerja untuk memproduksi barang yang akan dijual ke luar negeri, dengan memberikan gaji yang tidak terlalu tinggi.

Dengan begitu, harga dari produk tersebut pun bisa jauh lebih murah dibanding produk-produk sejenis yang ada di luar negeri. Anda pasti tahu bahwa produk yang murah akan lebih menarik perhatian lebih banyak pelanggan dibanding produk mahal dengan kualitas yang sama seperti produk murah tersebut.

3.     Pandai Menciptakan Produk Replika

Jika membahas tentang produk China maka orang-orang pasti langsung mengingatnya sebagai produk tiruan dengan kualitas yang bagus. Bagaimana tidak? Sudah ada banyak barang replika dari China yang harganya jauh lebih murah, tapi kualitas produk tersebut tidak kalah dengan produk aslinya.

Bahkan, produk-produk replika tersebut dapat bersaing 11:12 dengan produk aslinya, karena tingkat kemiripannya sangatlah tinggi. Orang-orang yang tidak sanggup membeli produk aslinya dapat membeli produk replika tersebut tanpa harus mengkhawatirkan kualitasnya. Sebab, meski harganya lebih murah biasanya kualitas dari produk replika itu juga cukup bagus.

4.     Adanya Subsidi Ekspor

Alasan lain yang membuat produk China dapat menguasai pasar global di seluruh dunia adalah karena pemerintah negara ini memberikan subsidi manufaktur yang melebihi batas normal. Keberadaan subsidi ini dapat membantu para pelaku usaha di China untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak di luar negeri.

Pemerintah China memberikan subsidi ini untuk membuat China semakin dikenal sebagai negara bisnis dan perdagangan yang patut dipertimbangkan. Dengan begitu, produk China akan lebih mudah untuk menguasai pasar global. Itulah yang membuat produk China bisa sangat kompetitif dibanding produk lokal maupun produk impor lainnya.

Baca Juga :  Cara Menghindari Kesalahan dalam Import Barang dari China

5.     Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Sebelumnya kami sudah menyebutkan bahwa pelanggan akan lebih memilih untuk membeli produk dengan kualitas sama, tapi harganya jauh lebih murah. Kedua hal tersebut merupakan ciri-ciri dari produk China. Produk China terkenal dengan kualitasnya yang bagus, tapi harganya cenderung lebih murah dibanding produk impor lainnya.

Dengan harga yang murah ini membuat produk China lebih mudah untuk menjangkau pembeli yang lebih banyak. Harga yang ditetapkan pun akan disesuaikan dengan rata-rata pasaran di setiap negara. Alasan kenapa China berani menawarkan harga yang murah seperti ini adalah, karena mereka tidak takut rugi dan menganggap bahwa harga murah dapat mendatangkan pelanggan dengan jumlah yang lebih banyak.

Kelima alasan tersebut adalah yang membuat produk China dianggap telah menguasai pasar global di seluruh dunia. Jadi, tak perlu heran lagi kenapa produk China bisa sangat kompetitif dan mengalahkan beberapa produk impor dari negara lain. Sebab, pemerintah China sangat mendukung aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh warganya, dengan memberikan subsidi ekspor yang sangat besar dan menguntungkan bagi pihak pelaku usaha.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang