1688 Apakah Sama Dengan Alibaba

Banyak orang yang mencari tahu jika 1688 apakah sama dengan Alibaba. Memang, kedua situs ini menawarkan hal yang sama. Tapi, Anda perlu tahu apa saja yang membedakan 1688 dengan situs serupa.

Pentingnya Tahu 1688 Apakah Sama Dengan Alibaba

Wajar saja jika Anda baru pertama kali mendengar nama situs 1688. Hal ini karena Alibaba mendirikan situs ini di tahun 2010, atau 7 tahun setelah perusahaan milik Jack Ma ini berdiri.

Pada situs ini, Anda bisa menemukan miliaran produk yang bisa dibeli secara grosir. Anda bisa dengan mudah berbelanja di situs 1688, seperti ketika berbelanja di situs e-commerce lainnya.

Walau sepintas mirip dengan Alibaba yang banyak digunakan oleh para drop shipper, situs 1688 menawarkan jumlah pemesanan yang lebih kecil. Jadi Anda yang bisa memulai bisnis ini tanpa ragu.

6 Fakta Tentang 1688 Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum Anda mulai mencari tentang produk yang ingin dibeli, ada cukup banyak fakta menarik tentang 1688 yang perlu Anda ketahui. Mulai dari jumlah pemesanan, harga, hingga beberapa ketentuan menarik lainnya.

1.  Harga Sangat Murah dan Transparan

Satu hal yang membuat 1688 menarik bagi banyak pedagang adalah harga yang sangat murah. Dibandingkan dengan situs sejenis, situs ini sudah memasukkan biaya pengiriman di dalam total harga yang harus Anda bayar.

Transparansi harga menjadi alasan utama banyak orang memilih situs ini dalam mencari sup-plier. Dibandingkan dengan situs serupa, dimana Anda masih harus menghitung biaya penanganan dan pengiriman secara terpisah.

Baca Juga :  Barang Impor China Yang Laku Keras di Indonesia

2. Khusus Untuk Pasar China

Situs 1688 memang berdiri untuk menjawab kebutuhan pasar di China akan barang-barang murah. Selain itu, situs ini juga menyediakan produk yang cukup spesifik, sehingga banyak pengusaha kecil dan menengah yang memesan dari toko di situs ini.

Walau demikian, karena khusus untuk pasar domestik, Anda akan membutuhkan alamat di China yang bertindak sebagai gudang penampung pesanan. Sebelum nantinya produk ini akan Anda kirimkan ke Indonesia atau negara tujuan lainnya.

3. Bisa Membeli Dalam Jumlah Kecil

Bagi Anda yang sudah berpengalaman menjadi seorang drop shipper, Anda tentu paham bahwa ada aturan jumlah minimal yang bisa dipesan. Jika kurang dari itu, maka pesanan Anda tidak akan diproses oleh penjual.

Akan tetapi, para produsen atau supplier di situs 1688 justru menerapkan jumlah minimal yang sangat rendah. Bahkan, beberapa di antaranya tidak menerapkan batas minimal.

4. Koneksi Langsung ke Produsen

Pada awalnya, 1688 di didirikan untuk memfasilitasi para penjual lokal yang tidak berhasil menembus pasar eBay dan Amazon. Sebagian besar toko yang Anda temui bisa jadi adalah supplier tangan pertama, atau bahkan produsen produk tersebut.

Koneksi langsung kepada pabrik produksi menjamin kualitas barang yang Anda terima. Tidak jarang, Anda bisa mengajukan koreksi atau perubahan khusus untuk pesanan Anda.

Satu hal yang Anda perlu tahu adalah 1688 mewajibkan supplier dan pabrikan untuk memiliki izin produksi dari pemerintah China. Anda bisa melihat dari logo yang dimiliki toko tersebut jika mereka sudah mengantongi izin produksi. Dan jika tidak ada tanda tersebut, Anda berhak meminta bukti bahwa toko tersebut adalah produsen asli.

5.  Hanya Menerima Pembayaran AliPay

Karena terfokus pada pasar dalam negeri, 1688 hanya menyediakan saluran pembayaran dalam negeri China dengan mata uang RMB, utamanya Alipay.

Baca Juga :  Jangan Import Barang ini Dari China

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada layanan dompet digital yang terhubung dengan AliPay. Demikian juga telah banyak muncul jasa pembayaran yang menawarkan bantuan untuk pembayaran di 1688. Akan tetapi, Anda perlu memperhitungkan biaya transaksi dan nilai tukar kurs saat itu.

6. Pilihan Bahasa Terbatas

Berbeda dengan Alibaba yang sudah menyediakan layanan dalam bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, dan beberapa bahasa asing lainnya. 1688 hanya menyediakan layanan dalam bahasa Mandarin.

Anda bisa menggunakan browser dengan layanan penerjemahan otomatis seperti Google Chrome. Akan tetapi, hal itu bisa membuat Anda kesulitan dalam menemukan produk yang Anda inginkan. Terutama karena para penjual di 1688 menyediakan banyak produk yang bisa jadi sangat spesifik untuk kebutuhan Anda.

Jadi, Anda Pilih 1688 atau Alibaba?

Masing-masing situs memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang memiliki banyak koneksi di China, maka 1688 bisa jadi pilihan utama.

Akan tetapi, jika Anda mengirimkan ke seluruh dunia dan ingin kemudahan ber transaksi. Maka Alibaba dengan berbagai bahasa pendukung dan layanan pembayaran bisa jadi pilihan tepat.

Baik 1688 maupun Alibaba sama-sama berada di bawah korporasi raksasa Alibaba. Walau demikian, 1688 apakah sama dengan Alibaba? Jawabannya adalah tidak, karena 1688 yang lebih baru memiliki fokus pada pasar dalam negeri China.

Jika anda membutuhkan jasa untuk membeli barang di Alibaba maupun 1688, silahkan menghubungi kami. Kami forwardermurah.com memberikan panduan dan bantuan dari awal, sampai barang diterima. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang