Cara Menggunakan WeChat Pay Di Indonesia, Praktis dan Aman

Cara menggunakan WeChat Pay di Indonesia tidak banyak diketahui orang. Pasalnya, WeChat Pay masih kalah populer jika dibandingkan dengan dompet digital lainnya. Meskipun demikian, namun WeChat Pay tetap banyak digunakan oleh beberapa pengguna di Indonesia.

WeChat sendiri merupakan aplikasi messenger asal negara China yang menawarkan banyak fitur lainnya. Salah satu fitur unggulannya adalah WeChat Pay yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara online. WeChat sendiri menjadi aplikasi paling populer di negara asalnya, bahkan hampir seluruh masyarakat China menggunakan WeChat Pay baik untuk bertukar pesan maupun transaksi online.

Aplikasi WeChat sendiri telah secara resmi digunakan oleh lebih dari 15 negara, dan Indonesia termasuk salah satunya. Jadi bagi Anda yang merupakan turis dari China atau memiliki kewarganegaraan China, tidak perlu repot lagi dalam bertransaksi sebab WeChat Pay bisa digunakan di Indonesia. Anda bisa melakukan segala jenis pembayaran mulai dari transportasi, makanan, minuman, sewa hotel, atau bahkan shopping.

Cara Menggunakan WeChat Pay di Indonesia

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi WeChat sebagai alat pembayaran, maka langkah pertama adalah buat akun WeChat terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun, maka kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan WeChat Pay sebagai alat transaksi online.

1.     Buka Aplikasi WeChat

Langkah pertama adalah buka aplikasi WeChat yang sudah terpasang di smartphone Anda, kemudian masuk ke tab “Me”. Pada halaman tersebut pilihlah menu WeChat Pay.

Baca Juga :  Proses Pembayaran WeChat Pay di Indonesia

2.     Buka Wallet WeChat

Setelah itu pilih opsi WeChat Wallet dan Anda bisa mulai melakukan pembayaran di kasir. Anda hanya perlu memilih opsi “Quick Play” yang terletak pada sudut kiri halaman.

3.     Pembayaran Dengan Kode QR

Terdapat dua cara pembayaran dengan menggunakan kode QR WeChat Pay, yakni dengan memindai atau dipindai. Anda bisa menunjukkan kode QR Anda kepada seller untuk dipindai, kemudian transaksi pun selesai. Atau bisa juga dengan Anda yang memindai kode QR yang sudah disediakan seller, isi nominal yang akan dibayarkan dan transaksi pun selesai.

Sebenarnya cara penggunaan WeChat Pay sendiri tidak jauh berbeda dengan dompet digital lain di Indonesia. Namun jika Anda merupakan pengguna baru, mungkin Anda belum terbiasa dengan tampilannya.

Cara Daftar WeChat Pay di Indonesia

Jika cara di atas hanya berlaku untuk pemilik akun WeChat, lantas bagaimana dengan masyarakat Indonesia yang merupakan pengguna baru tapi ingin mencoba fitur dompet digital ini? Tenang, cara mendaftar akun WeChat tidak sulit kok. Cukup ikuti beberapa langkah berikut ini.

1.     Unduh WeChat

Langkah pertama adalah unduh aplikasi WeChat yang sudah tersedia di Google Play Store maupun App Store. WeChat sendiri tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Pastikan untuk mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi perangkat Anda.

2.     Daftar Akun

Langkah kedua adalah buka aplikasi yang sudah terpasang, kemudian pilih opsi “Daftar” atau “Buat Akun Baru” pada halaman pertama. Berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email serta nomor telepon aktif. Pastikan Anda mengisi informasi tersebut dengan valid dan akurat.

3.     Verifikasi Akun

Selanjutnya Anda akan diminta verifikasi akun dengan kode yang telah dikirimkan ke nomor telepon yang Anda daftarkan. Masukkan kode tersebut dengan benar supaya langkah verifikasi berhasil. Jika sudah selesai, maka Anda tinggal melanjutkan proses mendaftar fitur WeChat Pay.

Baca Juga :  Mengenal Fitur Pembayaran Menggunakan WeChat Pay

4.     Metode Pembayaran

Saat mendaftar WeChat Pay, Anda akan diminta untuk menambahkan metode pembayaran ke akun WeChat Anda. Pilih menu “Dompet” di aplikasi WeChat, lalu pilih opsi “Tambahkan Kartu Bank” atau “Tambahkan Metode Pembayaran” dan ikuti instruksi yang diberikan. Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengisi informasi kartu kredit atau debit beserta kelengkapan seperti tanggal kadaluwarsa dan lain sebagainya.

5.     Verifikasi Identitas

Dan langkah yang terakhir adalah verifikasi identitas seperti memasukkan informasi pribadi. Mulai dari nama lengkap, nomor KTP, foto KTP dan lain sebagainya. Setelah mengunggah seluruh data tersebut, Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi verifikasi dalam waktu 1 sampai 3 hari kerja.

Apabila seluruh langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka Anda tinggal menunggu verifikasi identitas berhasil dan WeChat Pay pun sudah bisa digunakan. Jika verifikasi identitas gagal, kemungkinan terdapat kesalahan pada pengisian informasi pribadi. Anda bisa mengulang langkah di atas dengan teliti agar verifikasi berhasil.

Kesimpulan

Cara menggunakan WeChat Pay di Indonesia memang tidak terlalu banyak diterapkan, namun bukan berarti tidak ada yang menerapkan. Belum lagi dompet digital WeChat ini menawarkan berbagai fitur yang menarik dan memberikan banyak diskon serta promo yang menguntungkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya akan ada banyak masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan WeChat Pay sebagai alat pembayaran online dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang