5 Metode Pembayaran China

Jika Anda ingin membeli barang dari China, baik itu secara online ataupun offline tentunya Anda perlu untuk mengetahui metode pembayaran China. Dengan begitu proses transaksi ketika Anda membeli barang-barang yang berasal dari China bisa berjalan dengan lancar. Karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai metode pembayaran yang seringkali dilakukan dan digunakan di China.

Metode Pembayaran China

Perlu Anda tahu, ada beberapa metode pembayaran yang sangat lazim dan digunakan oleh orang yang membeli barang-barang dari China. Nah, adapun metode yang kerap kali digunakan oleh orang yang membeli barang dari China adalah seperti di bawah ini:

1.   UnionPay

Metode pertama yang lumayan populer digunakan oleh orang China atau orang yang membeli barang-barang dari sana adalah UnionPay. Namun perlu Anda ketahui UnionPay bukanlah salah satu jenis dari dompet digital, tetapi adalah lembaga atau pihak yang menangani transaksi kartu di Negara China.

UnionPay memiliki reputasi yang cukup baik, sehingga sangat wajar jika sudah banyak sekali transaksi yang ditangani UnionPay. Setidaknya 90 persen lebih transaksi kartu di Negara China ditangani oleh pihak UnionPay. Hal ini bisa terjadi karena pihak UnionPay gencar melakukan promosi untuk menarik banyak pengguna baru, khususnya pengguna internasional.

Setidaknya berdasarkan pengakuan UnionPay, mereka telah mengeluarkan lebih dari ratusan kartu semenjak pertama kali diterbitkan. Jumlah kartu yang diluncurkan UnionPay dipastikan akan bertambah dan meningkat tahun mengingat orang yang tertarik pada UnionPay juga selalu bertambah.

Meskipun sejauh ini mayoritas pengguna kartu ini ialah orang China baik itu yang tinggal di China ataupun yang tinggal di luar negeri, tetapi banyak juga orang dari ras lain yang sekarang ini juga telah menggunakan layanan tersebut. Sebab, metode pembayaran tersebut sangat membantu dan efisien untuk melakukan transaksi barang dari China.

Baca Juga :  Mengenal Surat Izin BPOM dan Manfaatnya untuk Kegiatan Impor

2.   AliPay

Jika berbicara layanan pembayaran sekaligus dompet digital yang berasal dari negara China maka akan banyak orang yang mengatakan AliPay. Hal ini cukup wajar mengingat sudah banyak orang memakai dompet digital AliPay, semenjak pertama kali dibuat dan diluncurkan ketika tahun 2004 lalu.

Kelebihan dari dompet digital keluaran Alibaba Group ini adalah bisa digunakan untuk membeli dari toko offline. Sehingga penggunaan dari AliPay ini tidak hanya terbatas untuk membeli barang dari toko online saja. Layanan dan fitur dari aplikasi ini juga tergolong sangat lengkap untuk sebuah dompet digital. Jadi selain dapat dipakai transaksi jual beli, AliPay juga dapat dipakai untuk investasi ataupun kredit.

Dengan menggunakan AliPay untuk melakukan transaksi akan mempermudah diri sendiri karena Anda tidak harus membawa uang dalam bentuk fisik lagi. Sebab, membawa uang fisik seringkali membuat repot serta rawan menjadi korban kejahatan seperti kecopetan.

Cara menggunakan AliPay ini tidaklah sulit bahkan tergolong sederhana, sehingga bagi Anda baru menggunakannya tidak perlu takut akan mengalami kesulitan. Jadi jika Anda ingin menggunakan dompet digital yang mudah digunakan maka AliPay merupakan pilihan yang cukup tepat.

3.   Pembayaran WeChat

Pihak WeChat telah meluncurkan dompet digital pada tahun 2011 yang dinamai WeChat Pay. Dompet digital ini meskipun penggunanya tidak sebanyak AliPay tetapi penggunanya juga cukup banyak. Kepopuleran dari dompet digital ini disebabkan oleh kemudahannya ketika digunakan untuk transaksi.

Aplikasi ini juga dilengkapi QR jadi ketika melakukan transaksi di toko offline Anda tinggal melakukan scan barcode saja. Sebab, sekarang ini sudah banyak sekali toko yang memungkinkan penggunanya membayar dengan WeChat Pay. Jadi Anda tidak harus selalu bergantung dengan metode pembayaran umum dengan memakai uang saat berbelanja di toko offline.

4.   Transfer Antar Bank

Metode pembayaran yang juga cukup sering dijumpai di China adalah dengan transfer antar Bank. Namun sayangnya metode pembayaran ini tidak terlalu banyak diminati oleh masyarakat umum sebab transfer antar Bank seringkali dikenakan biaya admin. Meski biaya admin tersebut sebenarnya tidak terlalu banyak tetapi bagi sebagian orang hal ini sangat tidak menyenangkan.

Baca Juga :  Barang Impor China yang Lagi Trend dan Paling Laris di Indonesia

Namun, metode pembayaran antar Bank ini sebenarnya adalah yang paling aman terutama jika transaksi yang dilakukan dalam jumlah besar. Itulah mengapa ada baiknya Anda mempertimbangkan menggunakan metode transfer ini ketika berbelanja.

5.   Tunai

Metode terakhir yang bisa Anda pilih ketika membeli barang dari China adalah dengan membayar langsung dengan uang asli alias uang fisik. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan ketika Anda sedang berada di China dengan mata uang dari negara tersebut. Itulah mengapa jika Anda memiliki rencana untuk menggunakan metode ini, tukarlah uang dari negara Anda dengan mata uang China.

Nah, itu tadi metode pembayaran China yang dapat Anda gunakan ketika akan membeli suatu barang dari Negara China. Semoga informasi mengenai metode pembayaran yang digunakan di China kami sampaikan di atas bisa berguna dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang