Berapa Lama Proses Izin BPOM dan Tahapan yang Ditempuh

Dalam proses meluncurkan produk ke pasaran, berapa lama proses izin BPOM menjadi salah satu pertanyaan yang sering keluar. Proses izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan tahap kritis yang membutuhkan kesabaran dan pemahaman yang mendalam.

Artikel ini akan membahas tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses izin BPOM, serta faktor apa saja yang memengaruhi proses tersebut.

Berapa Lama Proses Izin BPOM

Waktu yang dibutuhkan dalam mendapatkan izin edar produk secara resmi oleh BPOM memerlukan waktu yang bervariasi, tergantung dengan jenis entitas usaha. Sesuai dengan Petunjuk Teknis Penerbitan Nomor Izin Edar Kosmetik oleh BPOM, berikut ini waktu verifikasi data yang dibutuhkan untuk produk kosmetik.

  • Untuk Industri Kosmetika, proses verifikasi memerlukan waktu sekitar 7 hari kerja.
  • Untuk Perorangan atau Badan Usaha yang melakukan kontrak produksi (Maklon), waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi adalah sekitar 14 hari kerja.
  • Untuk Importir, proses verifikasi memerlukan waktu sekitar 14 hari kerja.

Ada juga yang menyatakan bahwa pengecekan produk kosmetika memakan waktu selama 14 hari kerja, kecuali untuk produk parfum yang hanya memerlukan waktu 3 hari kerja. Perbedaan durasi tersebut mencerminkan kompleksitas dan skala aktivitas dari masing-masing jenis badan usaha dalam konteks peraturan BPOM.

Sedangkan untuk penerbitan izin edar pangan, BPOM memiliki kebijakan untuk menerbitkan Nomor Izin Edar (NIE) dalam waktu maksimal 10 hari. Namun, untuk produk pangan yang memiliki risiko tinggi, seperti daging, susu, keju, proses ini bisa memakan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 90 hingga 120 hari.

Baca Juga :  Apakah Taobao.com Bisa Mengirim ke Indonesia ?

Faktor-faktor yang Memengaruhi Waktu Verifikasi

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi waktu yang diperlukan dalam mengurus izin BPOM> Berikut faktor-faktor yang memengaruhi waktu verifikasi izin tersebut.

1.     Kelengkapan Dokumen

Proses perizinan dapat berjalan lebih cepat jika dokumen yang diajukan lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Kesiapan pemohon dengan dokumen yang diperlukan dapat mempercepat proses evaluasi.

2.     Kompleksitas Produk

Produk yang lebih kompleks atau memiliki risiko tinggi mungkin memerlukan waktu lebih lama dalam pengujian dan evaluasi. Faktor ini melibatkan tingkat kesulitan dalam memastikan keamanan, mutu, dan khasiat produk.

3.     Kesesuaian dengan Regulasi

Untuk bisa mendapatkan izin, produk harus mematuhi regulasi yang berlaku di bidang kesehatan. Pemahaman yang baik mengenai peraturan-peraturan ini dapat membantu memperlancar proses perizinan.

4.     Tingkat Pemeriksaan yang Diperlukan

Beberapa produk mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut atau uji laboratorium yang lebih intensif. Tingkat pemeriksaan yang diperlukan dapat mempengaruhi durasi keseluruhan proses perizinan.

Tahapan Proses Perizinan BPOM

Proses perizinan dari BPOM melibatkan beberapa tahap yang memerlukan waktu tertentu. Untuk memahami lebih lanjut mengenai berapa lama proses mendapat izin dari BPOM, berikut ini tahap-tahap yang dimaksud.

1.    Pengumpulan Dokumen

Proses dimulai dengan pengumpulan dokumen terkait formulasi, bahan baku, uji laboratorium, dan informasi terkait lainnya. Tahap ini dapat memakan waktu tergantung pada kelengkapan dan kompleksitas dokumen yang diajukan.

2.    Pemeriksaan Administratif

BPOM akan melakukan pemeriksaan administratif untuk memastikan kelengkapan dokumen yang diajukan. Proses ini bisa membutuhkan waktu tergantung pada volume dokumen dan tingkat kompleksitas pemeriksaan yang dilakukan.

3.    Uji Laboratorium

Setelah pemeriksaan administratif, produk akan diuji secara laboratorium untuk diperiksa keamanan, mutu, dan khasiatnya. Waktu yang diperlukan untuk uji laboratorium ini dapat bervariasi tergantung pada jenis produk dan hasil pengujian yang diperlukan.

Baca Juga :  Apa itu Kontainer HC Ketahui Pengertian dan Keunggulannya

4.    Evaluasi dan Penilaian Risiko

BPOM akan mengevaluasi data yang diberikan dan melakukan penilaian risiko terkait produk. Tahap ini memerlukan waktu untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan.

5.    Pengumuman Keputusan

Setelah seluruh proses selesai, BPOM akan mengumumkan keputusan akhir. Keputusan ini dapat berupa izin atau penolakan. Waktu yang dibutuhkan untuk pengumuman keputusan biasanya akan disesuaikan dengan kompleksitas pengujian dan evaluasi yang dilakukan.

Memahami tahapan dan faktor-faktor yang memengaruhi berapa lama proses izin BPOM bisa didapat bisa membantu pemohon mempersiapkan diri dan merencanakan peluncuran produk secara lebih efisien. Terlebih lagi karena izin BPOM adalah hal yang krusial untuk memastikan bahwa produk yang beredar aman dan sesuai dengan regulasi yang berlaku

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang