Berapa Biaya Pajak Impor Dari China

Impor barang dari China adalah hal yang sudah biasa kita jumpai saat ini. Serbuan barang impor dari China mau tidak mau telah menjadi bagian kehidupan kita sehari hari. Perhatikan saja barang barang disekitar kita, mungkin mayoritas adalah buatan dan hasil impor dari China. Nah bagi teman teman yang sedang mulai merintis bisnis impor barang dari China, mungkin sering bertanya, berapa biaya pajak impor barang dari China ?. SIlahkan simak penjelasannya dalam artikel kali ini.

Besaran Pajak impor itu ditetapkan sama, apakah barang itu berasal dari China ataupun bukan. Aturan pajak impor yang masih berlaku saat ini adalah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No PMK 199/PMK.10/2019 yang mulai diberlakukan tanggal 30 Januari 2020.

Dalam Peraturan Menteri tersebut ditentukan mengenai tarif pungutan dalam rangka impor, atau yang biasa kita kenal sebagai pajak impor, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Kategori buku, tidak dikenakan pajak, alias 0 %
  • Kategori barang Umum akan dikenakan pajak sekitar 17.5 %
  • Kategori barang Sepatu akan dikenakan pajak sekitar 42.5 – 50 %
  • Kategori barang Pakaian akan dikenakan pajak sekitar 32.5 – 45 %
  • Kategori barang Tas akan dikenakan pajak sekitar 35 – 45 %

Dimana pajak tersebut dipungut berdasarkan harga barang ditambah ongkos kirim ke Indonesia dan asuransi jika ada.

Aturan tersebut dibuat dengan ketentuan dimana besaran Pajak Pertambahan Nilai masih sebesar 10 %. Nah, dengan adanya aturan baru yang mengatur peningkatan besaran PPN menjadi 11 %, maka besaran persentase pajak impor yang harus kita bayarkan tentu menjadi lebih besar lagi, setidanya bertambah 1 %.

Jadi, jika teman teman ingin tau berapa besaran biaya pajak impor barang dari China, bisa mengacu pada aturan tersebut diatas, dengan menyesuaikan jenis barang apa yang ingin kita impor. Seperti saya jelaskan sebelumnya, tingkat besaran pajak diatas juga berlaku untuk impor barang dari negara lain, dan bukan yang berasal dari China saja.

Baca Juga :  Jangan Import Barang ini Dari China

Demikianlah pembahasan kita mengenai berapa biaya pajak impor dari China. Jika teman teman masih belum jelas mengenai pembahasan ini, atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai dunia import barang dari China, silahkan menghubungi kami melalui tombol whatsapp dibawah ini. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang