Begini Cara Mudah Import Barang Langsung dari Alibaba

Perdagangan global memungkinkan Anda bisa import barang langsung dari Alibaba dengan mudah. Alibaba menjadi platform marketplace online yang terintegrasi secara internasional, sehingga bisa digunakan oleh berbagai negara.

Simak Cara Import Barang Langsung dari Alibaba

Untuk mendapatkan barang impor dari China, Anda bisa mengandalkan Alibaba sebagai platform marketplace China yang paling populer. Agar proses impor mudah dan berjalan lancar, simak tips dan trik pentingnya berikut ini.

1.     Buat Akun Alibaba

Untuk bisa mengimpor barang dari Alibaba, Anda perlu membuat akun Alibaba terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi situs alibaba.com, kemudian pilih “Join Free” pada bagian atas di laman utama Alibaba.

Setelah itu, Anda harus mengisi formulir data diri secara lengkap, kemudian pilih “Agree and Register”. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email atau telepon Anda, tunggu prosesnya beberapa saat.

2.     Pilih Produk yang Akan Dibeli

Setelah membuat akun, Anda bisa melihat berbagai produk yang dijual di Alibaba. Mulai dari produk elektronik, perlengkapan rumah, aksesoris pakaian, aksesoris smartphone, alat olahraga, make up, skincare, dan lainnya.

Jika ingin Anda jual kembali, maka tentukan terlebih dahulu barang apa yang akan Anda jual. Setelah itu ketik pada bagian kolom pencarian untuk menemukan barang yang ingin Anda beli.

Setelah itu akan muncul banyak pilihan barang, silahkan pilih sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Setelah itu masukkan ke keranjang belanja Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga :  Harga Rupiah di Alibaba

3.     Pilih Supplier Terpercaya

Setelah memilih produk, Anda harus memilih supplier dari China yang terpercaya. Selain teliti melihat kualitas dan spesifikasi produk, Anda juga bisa mempertimbangkannya berdasarkan ulasan dari para pembeli sebelumnya.

Langkah ini sangat penting terutama jika Anda akan menjual kembali barang impor tersebut. Jika ragu dengan ulasan, Anda bisa menggunakan fitur chat untuk bertanya dengan supplier tersebut.

4.     Negosiasi dan Ketentuan Pembelian

Setelah menemukan supplier dari Alibaba, Anda harus melakukan negosiasi dan mendiskusikan ketentuan dalam pembelian. Anda bisa nego harga, meminta diskon terutama jika barang yang Anda beli dalam jumlah besar.

Selain harga, tanyakan juga terkait ketentuan lain, seperti cara pengemasan barang, jumlah minimum pesanan, cara pengiriman, waktu pengiriman, dan lainnya. Anda harus memastikan supplier tersebut bisa dipercaya.

Jika perlu, buat juga ketentuan jika ada kekurangan jumlah barang, barang rusak, barang cacat, dan lainnya. Hal ini bisa Anda diskusikan sebelum memutuskan untuk membeli barang impor tersebut melalui Alibaba.

5.     Proses Pembayaran

Setelah deal dengan supplier di Alibaba, Anda bisa masuk ke proses pembayaran. Alibaba sendiri menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan para pengguna, seperti kartu kredit, debit, dan digital wallet.

Proses pembayaran langsung melalui Alibaba lebih mudah, praktis, dan terpercaya. Anda juga bisa menggunakan AliPay, yaitu digital wallet resmi milik Alibaba yang terjamin keamanan transaksinya.

6.     Siapkan Dokumen Impor

Untuk bisa impor dari Alibaba, Anda harus menyiapkan berbagai dokumen impor yang diperlukan. Mulai dari faktur komersial, surat jaminan kualitas, sertifikat asal produk, surat izin impor, dan lainnya.

Pastikan dokumen tersebut sudah lengkap, baik yang harus Anda siapkan maupun dari pihak penjual. Jangan sampai barang sudah dikirim namun dokumen belum lengkap, karena bisa mengganggu proses pengiriman barang.

Baca Juga :  Keuntungan dan Kerugian Import Barang Incoterm DDP Bagi Pembeli

7.     Pantau Proses Pengiriman Barang

Alibaba juga menyediakan beberapa pilihan metode pengiriman barang, bisa melalui ekspedisi laut maupun udara. Tentunya terdapat perbedaan waktu pengiriman dan biaya yang harus Anda bayarkan.

Anda juga bisa menggunakan jasa atau agen pengiriman untuk memastikan barang Anda diimpor dengan aman dan cepat. Jasa pengiriman akan membantu Anda mulai dari China hingga barang sampai ke Indonesia.

8.     Terima dan Cek Barang

Setelah barang sampai ke tangan Anda, lakukan pengecekan segera, sesuaikan dengan struk pembelian barang. Cek apakah jumlah barang sesuai dengan kesepakatan, pastikan tidak ada yang kurang.

Anda juga harus mengecek kualitas dari barang yang dikirim, apakah ada kerusakan, cacat, atau lainnya. Dengan pengecekan segera, maka akan lebih mudah melakukan konfirmasi jika terdapat kerusakan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah import barang langsung dari Alibaba diatas, prosesnya akan cepat dan mudah. Anda tidak perlu khawatir karena Alibaba merupakan platform yang aman dan terpercaya.

Nah demikian penjelasan mengenai import barang langsung dari Alibaba, jika kalian masih belum tahu untuk import dan belanja barang apa dari China maupun Alibaba. Jangan ragu untuk menghubungi kami, kami akan membantu kebutuhan belanja anda dengan mudah dan praktis. Pastikan layanan jasa forwarder yang kalian gunakan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang