Berapa lama pesan barang di Alibaba

Belanja barang secara online dari China saat ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia, terutama yang memiliki bisnis jual beli barang dari China. Banyak customer yang sedang belajar impor barang dari China melalui kami bertanya, Berapa Lama Pesan Barang dari Alibaba ?.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita coba bahas lebih dahulu bagaimana rangkuman cara membeli barang dari Alibaba.

  • Langkah pertaman adalah membuat akun di Alibaba terlebih dahulu
  • Selanjutnya cari barang yang mau kita beli, dengan melakukan pencarian melalui kolom searching di aliaba
  • Setelah ketemu barang yang mau dibeli, lanjutkan dengan melakukan komunikasi dengan penjualnya. Lakukan negosiasi sampai deal
  • Setelah deal, kita lanjutkan dengan melakukan order. Caranya informasikan Alamat pengiriman barang kepada seller, dan minta seller membuat tagihan (trade assurance)
  • Lakukan pembayaran tagihan menggunakan metode pembayaran yang kita miliki
  • Selanjutnya setelah kita melakukan pembayaran, maka seller akan melakukan pengiriman ke Alamat yang sudah kita berikan. Setelah melakukan pengiriman, maka seller akan memberikan informasi tracking number pengiriman paketnya.

Nah, kembali ke pertanyaan tentang berapa lama pesan barang di Alibaba ?, maka kita harus tahu lebih dahulu metode pengiriman barang dari Alibaba yang sering digunakan. Metode pengiriman barang dari Alibaba secara garis besar kita bagi menjadi dua, yaitu :

  1. Pengiriman langsung. Yaitu seller mengirimkan barang langsung ke Alamat kita sebagai pembeli secara langsung. Metode pengiriman yang digunakan seperti Pos, DHL, Fedex, TNT, UPS dan sejenisnya
  2. Pengiriman Tidak Langsung. Yaitu seller mengirimkan barang ke Indonesia melalui bantuan jasa forwarder. Jadi seller mengirimkan ke Gudang forwarder di China. Selanjutnya Forwarder akan mengirimkan barang dan mengurus kepabeanannya di Indonesia.
Baca Juga :  Jasa Top Up Alipay Solusi Mudah untuk Pembayaran Internasional

Dengan melihat dua skema pengiriman diatas, maka kita bisa menarik jawaban atas pertanyaan berapa lama pesan barang di Alibaba dan berikut adalah estimasi rata rata waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang ke Indonesia.

  1. Untuk pengiriman langsung menggunakan Kantor pos (EMS) waktu yang dibutuhkan rata rata sekitar 12-14 harian ( 2 mingguan ) sejak dikirim seller.
  2. Untuk pengiriman menggunakan DHL, Fedex, TNT, UPS express umumnya makan waktu sekitar 7 hari ( 1 Mingguan ) sejak barang dikirim seller
  3. Untuk pengiriman menggunakan skema forwarder UDARA, rata rata memerlukan waktu sekitar 10-14 Harian terhitung sejak barang masuk Gudang forwarder di China.
  4. Untuk pengiriman menggunakan skema forwarder LAUT, rata rata memerlukan waktu 4-5 Mingguan terhitung sejak barang masuk Gudang forwarder di China.

Perhitunagn estimasi lama waktu tersebut diatas adalah rata rata waktu, dimana dianggap semua situasi dan kondisi sedang lancar. Baik dari segi transportasinya maupun di situasi di pabeannya. Tetapi masih belum memperhitungkan waktu penyediaan barang oleh sellernya. Artinya estimasi pengiriman barang tersebut diatas, adalah untuk menghitung estimasi waktu pengirimannya saja, dengan asumsi barang ready to ship. Jadi ketika kita membeli barang dan seller siap mengirimkan barangnya.

Untuk system pengiriman melalui skema forwarder baik udara maupun laut, maka kita juga harus memperhitungkan lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman dari Alamat seller sampai ke Gudang di China. Estimasi pengirimannya makan waktu sekitar 1-3 hari kerja, jika dikirim menggunakan system pengiriman lokal.

Membahas tentang berapa lama wantu yang dibutuhkan jika kita pesan barang di Alibaba, selai memperhitungkan waktu pengirimannya, kita juga harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan penjual untuk menyediakan barang yang kita pesan. Jika barang yang kita pesan sudah ready to ship, maka kita hanya memperhitungkan waktu pengiriman saja. Tetapi jika barang yang kita beli harus diproduksi lebih dahulu, maka kita harus menanyakan ke seller, berapa lama waktu produksinya sampai barang siap kirim ?. Jadi, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Ketika kita membeli barang dari Alibaba kita harus memperhitungkan berapa lama waktu produksi barangnya, berapa lama waktu pengiriman ke Gudang forwarder dan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk proses forwardernya ke Indonesia.

Baca Juga :  Tips Berburu Produk Terbaik di 1688.com

Nah demikianlah penjelasan dan jawaban atas pertanyaan berapa lama pesan barang di Alibaba yang kita butuhkan. Jika teman teman ingin memulai bisnis import barang dari Alibaba, dan masih bingung harus melakukan apa ? silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi alngkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang