Apa itu arti Pengiriman EXW (EX-Works)

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui apa itu arti pengiriman EXW (EX-Works). Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai pengiriman EX-Works.

Apa itu arti Pengiriman EXW (EX-Works)

EX-Works merupakan sebuah perjanjian yang bertujuan untuk memaksimalkan tanggung jawab dan juga risiko kepada pihak pembeli atau dengan kata lain semua beban pengiriman berada di tangan pembeli. Jadi penjual hanya menyiapkan dan juga mengemas barang yang telah dibeli oleh sang pembeli.

Tidak hanya itu saja, pemilihan ekspedisi dan juga jenis transportasi yang digunakan adalah berdasarkan keinginan pembeli itu sendiri. Jadi jika berniat untuk membeli barang dengan metode pengiriman seperti ini pembeli harus memilih perusahaan ekspedisi yang terpercaya agar meminimalisir risiko kerugian.

Keuntungan

Nah, setelah mengetahui pengertian dari pengiriman EX-Works tentunya ada baiknya jika Anda juga mengetahui keuntungan dari metode pengiriman ini. Adapun keuntungan dari metode pengiriman ini adalah sebagai berikut:

1.   Pembeli Dapat Menggabungkan Beberapa Pembelian

Keuntungan pertama jika membeli dengan metode EX-Works adalah pembeli bisa menggabungkan beberapa pembelian sekaligus. Dengan begitu pembelian yang dilakukan bisa lebih efisien dan efektif sehingga pembeli bisa menerima barang di hari yang sama. Nah, metode ini sangat cocok sekali untuk orang yang sibuk sebab bisa menghemat waktu.

2.   Bisa Membuat Pemasok Anonim

Keuntungan berikutnya yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan metode pengiriman ini adalah bisa membuat nama pemasok menjadi anonim. Dalam dunia bisnis tentunya hal ini sangatlah menguntungkan sebab bisa menghindari pesaing mengetahui pemasok yang bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Baca Juga :  Cara Top Up WeChat Pay di Indonesia, Praktis Tanpa Ribet

3.   Lebih Murah

Pengiriman dengan metode ini juga terkenal lebih murah dibandingkan dengan metode lainnya sebab memungkinkan menggabungkan beberapa pembelian dalam satu pengiriman. Hal ini tentunya membuat biaya pengiriman menjadi jauh lebih murah dan hemat. Sehingga metode ini sangat cocok untuk pembelian barang dengan jumlah banyak dan bervariasi.

4.   Bisa Barang Dari Pasar Tradisional

Keuntungan terakhir dari metode pengiriman EX-Works adalah bisa membeli barang dari pasar tradisional. Bukan rahasia lagi, barang-barang yang dijual di pasar tradisional cenderung lebih murah terutama jika tidak ada kehadiran ekspor yang kuat. Meskipun harganya murah, namun untuk kualitas barang yang dijual di pasar tradisional juga cukup bagus tidak kalah dengan pasar modern.

Kekurangan

Meskipun metode pengiriman EX-Works memiliki banyak keuntungan, bukan berarti metode ini terbebas dari kekurangan. Nah, adapun kekurangan dari metode pengiriman EX-Works adalah seperti di bawah ini:

1.   Semua Risiko Pada Pembeli

Kekurangan pertama dari metode pengiriman EX-Works adalah semua risiko dan juga biaya berada di tangan pembeli. Jadi apabila terjadi kerusakan pada barang yang dibeli selama berada di perjalanan akan menjadi tanggungan pembeli. Tugas penjual hanya mempersiapkan dan juga mengemas barang yang dibeli.

2.   Perhitungan Biaya Bisa Lebih Besar

Jika masih baru menggunakan metode pembelian EX-Works, bisa jadi Anda membayar biaya pengiriman yang lebih banyak. Hal ini bisa terjadi karena salah dalam melakukan perhitungan atau salah menggunakan jasa ekspedisi yang mahal. Itulah mengapa, sebelum memutuskan menggunakan metode ini Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi penting yang bisa mencegah biaya pengiriman menjadi lebih besar. Untuk melakukan analisa Anda bisa mencari informasi dari internet atau bertanya langsung kepada rekan atau keluarga yang berpengalaman melakukan pengiriman dengan metode ini.

Baca Juga :  Cara impor Barang Dari Luar Negeri Secara Mudah Dan Cepat

3.   Membutuhkan Rekan Terpercaya

Kekurangan terakhir dari metode ini adalah Anda harus memiliki rekan terpercaya. Sebab nantinya rekan tersebut yang akan memastikan barang yang Anda beli sesuai baik itu dari segi jumlah, bentuk, waktu pengiriman dan lain sebagainya. Jika sampai salah memilih rekan tentu Anda sebagai pembeli yang akan paling dirugikan sebab semua beban biaya ada ditangan Anda.

Nah, itu tadi informasi singkat mengenai apa itu arti pengiriman EXW (EX-Works). Semoga informasi singkat mengenai pengertian EX-Works beserta kekurangan dan kelebihannya yang kami sampaikan di atas bisa berguna serta menambah wawasan Anda.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang