Jenis Jenis Kontainer untuk Pengiriman Barang Berdasarkan Muatannya

Ada banyak jenis jenis kontainer yang bisa Anda pilih untuk mengirimkan barang sesuai dengan muatannya. Alat ini memang dirancang khusus dengan ukuran tertentu sehingga dapat dipakai berkali-kali. Oleh karena itu, pertimbangkan dahulu jenisnya sebelum memilih.

Jenis Jenis Kontainer Sesuai dengan Muatannya

Kontainer dapat Anda pakai untuk menampung dan mengangkut muatan yang ada di dalamnya dalam waktu bersamaan. Penggunaannya saat ini sendiri sudah cukup umum untuk berbagai kebutuhan. Di bawah ini beberapa jenisnya:

1.     Open Top Container

Salah satu jenis kontainer yang bisa Anda pilih yaitu open top container. Pada jenis ini, maka peti kemas hanya akan digunakan untuk mengangkut barang dengan karakteristik muatan yang berat, tinggi, serta pemuatannya tidak dapat dilakukan dengan normal.

Tidak heran jika jenis tersebut mampu mengangkut barang bawaan jika memang tingginya melebihi dari pintu kontainer itu sendiri. Dengan begitu, barang tetap dapat dimasukkan dan dimuat di dalam alat ini sesuai kebutuhan.

2.     Tunnel Container

Merupakan jenis kontainer yang memiliki dua pintu di ujungnya. Penggunaannya sendiri tentu sangat bermanfaat untuk mengangkut dalam waktu cepat. Pastinya dapat menghemat waktu untuk mengemas muatan secara efektif.

Dengan begitu, saat menggunakan tipe ini maka Anda dapat menggunakan waktu dengan sesingkat mungkin. Pasalnya, kebanyakan kontainer jenis lainnya hanya memiliki satu pintu saja. Dengan adanya dua pintu maka bisa memakainya secara bersamaan.

3.     Dry Storage

Kontainer yang satu ini biasanya digunakan untuk berbagai jenis industri sehingga sangat serbaguna. Alat ini sendiri hanya dipakai untuk mengangkut barang kering dengan ukuran beragam. Terdapat satu pintu akses masuk saja yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga :  Tips Import Barang dari Taobao Anti Ribet

Penggunaannya sendiri terbilang tahan terhadap unsur-unsur cuaca. Jenis peti kemas yang satu ini bahkan sudah sering Anda jumpai di jalan raya. Tidak heran jika kerap disebut dengan kontainer standar dengan pemakaian secara umum.

4.     Flatrack Container

Jenis selanjutnya yang dapat digunakan yaitu flatrack container. Alat ini mempunyai satu sisi yang dapat pengguna lipat secara mendatar. Terdapat pula bagian sampingnya yang bisa dibuka untuk memasukkan dan mengeluarkan barang sesuai kebutuhan.

Keberadaannya sendiri lebih sering dipakai untuk mengangkut muatan dengan beban cukup berat. Seperti untuk mengangkut mesin, alat berat, material konstruksi, dan lain sebagainya. Tidak heran jika bentuknya memang sudah didesain secara khusus.

5.     Open Side Container

Masih ada jenis lainnya yang bisa Anda manfaatkan juga. Tidak lain yaitu open side container. Jenis ini sendiri umumnya mempunyai pintu yang dapat dibuka di bagian sampingnya. Tentu saja sangat memudahkan untuk memasukkan barang jika ukurannya cukup panjang.

Terlebih apabila tidak muat jika dimasukkan melalui pintu belakang. Tidak heran jika pintu tersebut dapat memberikan ruang yang jauh lebih luas daripada biasanya. Pastinya sangat efektif untuk membuka akses yang lebih luas.

6.     Half Container

Terdapat pula jenis peti kemas lainnya yang memiliki tinggi setengah dari tinggi kontainer pada umumnya. Bernama half container yang terbuat dari baja. Umumnya, alat tersebut cukup efektif digunakan untuk mengangkut batu bara, batu, dan barang lainnya.

Tidak hanya itu, penggunaan peti kemas tersebut juga biasa dipakai untuk mengangkut pasir atau jenis kargo curah lainnya yang padat dan berat. Tidak heran jika sangat cocok digunakan pada industri pertambangan karena mempunyai gaya gravitasi yang rendah.

Baca Juga :  Ketahui Beragam Ukuran Pintu Kontainer Sesuai dengan Jenisnya

Keuntungan Menggunakan Kontainer Sesuai dengan Jenisnya

Kontainer bisa Anda gunakan dengan banyak keunggulan saat mengirimkan barang. Terlebih, ada banyak keuntungan saat memakai peti kemas tersebut jika memperhatikan jenis-jenisnya terlebih dahulu seperti pada penjelasan di atas.

Seperti dapat memuat barang dengan jumlah yang cukup besar. Setiap ukuran kontainer sendiri memiliki volume yang luas sehingga dapat diandalkan untuk mengirimkan banyak tipe muatan. Tidak heran jika sangat fleksibel saat dipakai.

Pengirimannya sendiri dapat dilakukan melalui jalur darat seperti kereta, truk, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kontainer tersebut juga dapat dikirim lewat jalur laut dengan menggunakan kapal sehingga cukup praktis.

Jenis jenis kontainer di atas dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pertimbangkan bentuk dan kapasitas maksimal muatan yang ingin diangkut agar dapat memilih peti kemas yang paling cocok.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang