Aliexpress Diblokir di Indonesia

Sejak Bulan Oktober 2023, Aliexpress diblokir di Indonesia. Banyak yang mengatakan seperti itu. Ini setelah kita melihat fakta bahwa sejak itu aliexpress tidak lagi melayani pembelian dan Pengiriman ke Indonesia.

Tampak dari setiap halaman penjualan barang di aliexpress tertera keterangan yang bunyinya kira kira sebagai berikut “Produk tidak tersedia pengiriman ke alamat anda”. Bahkan saat ini dihalaman depan aliexpress.com, jika kita mengklik menu dropdown tujuan pengiriman, nama negara Indonesia sudah tidak terlihat lagi.

Itulah kenapa para pelanggan yang bisa membeli barang disana, mengatakan bahwa aliexpress diblokir di Indonesia. Kalau menurut pengamatan saya, setelah mencoba berkomunikasi dengan beberapa penjual langganan di aliexpress, serta dengan Customer service aliexpress, mereka menyebutkan bahwa setelah ada update terbaru dari platform aliexpress, mereka sudah tidak bisa lagi melayani pengiriman ke Indonesia. Artinya blokir ini berasal dari dalam platform, alias dari pihak aliexpressnya. Bukan dari Indonesia yang melakukan blokir.

Berbagai macam tanggapan muncul menanggapi kenyataan ini. Terutama bagi orang orang yang mengandalkan aliexpress untuk mendapatkan barang barang yang mereka butuhkan, baik itu untuk kepentingan pribadi, maupu untuk dijual Kembali.

Rata rata mereka mengungkapkan kekecewaan, karena tidak bisa lagi mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah. Apalagi rata rata barang yang dibeli itu memang tidak diproduksi di Indonesia. Atau kalaupun ada di produksi di Indonesia, kualitas dan harganya tidak bersaing. Jadi dengan kejadian aliexpress diblokir di Indonesia, ada banyak pihak yang menyayangkan.

Lantas mengenai pertanyaan kenapa sampai aliexpress melakukan hal ini ?. Belum ada yang tau pasti. Karena seperti tadi saya sampaikan, setelah berkomunikasi dengan beberapa penjual dan customer service aliexpress, mereka tidak bisa memberikan jawaban yang pasti. Customer service secara diplomatis membalas bahwa mereka akan berusaha menghubungi lewat email apabila ada perubahan atas kebijakan tersebut.

Baca Juga :  Rekomendasi Marketplace Impor Secara Kecil

Semoga kedepan masih ada harapan untuk aliexpress bisa dibuka Kembali dan melayani pengiriman ke Indonesia seperti sedia kala. Saya yaki nada ribuan orang yang “Menggantungkan hidup” dengan usahanya jual beli barang yang diperoleh dari aliexpress. Semoga Aliexpress tidak lagi diblokir di Indonesia. Salam sukses selalu.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang