Alasan AliExpress Tidak Bisa Kirim ke Indonesia

Akhir-akhir ini, banyak sekali kalangan masyarakat yang mengaku penasaran mengenai apa saja alasan AliExpress tidak bisa kirim ke Indonesia. Padahal, kebanyakan mereka sering kali mempercayakan penggunaan platform jual beli tersebut dalam pembelian beragam produk impor berkualitas dengan harga terjangkau. Bagi Anda di rumah yang mungkin penasaran mengenai alasan yang melatarbelakangi AliExpress tidak bisa kirim barang ke Indonesia, maka bisa menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut.

Apa Alasan AliExpress Tidak Bisa Kirim ke Indonesia?

Sebelum kita mengulas mengenai alasan yang membuat AliExpress tidak bisa mengirim barang ke Indonesia, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu seputar apa itu AliExpress. Disini dikatakan, bahwa AliExpress sendiri merupakan salah satu platform jual beli retail terbesar yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, China, dan bahkan menjadi marketplace paling dikenal oleh konsumen luas dibandingkan platform lainnya. Hal ini wajar, dikarenakan AliExpress sendiri merupakan salah satu platform jual beli yang menawarkan barang impor lengkap, serta memberikan akses kemudahan bagi konsumen dalam melakukan pembelian / pemesanan di dalamnya.

Terlepas dari banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh AliExpress, namun sayangnya kini kebanyakan masyarakat Indonesia merasa kecewa, lantaran marketplace tersebut kini sudah tidak bisa lagi memberikan layanan pengiriman barang ke Indonesia. Karena kebijakan yang ditetapkan tersebut, tentunya menjadikan tak sedikit pihak yang merasa kehilangan dan bahkan dirugikan, lantaran mereka tidak bisa lagi melakukan pembelian barang di AliExpress. Sehingga, hal inilah yang menjadikan banyak orang merasa kehilangan mata pencahariannya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga :  Cara Import Barang Mudah dari China

Adanya permasalahan pemblokiran Indonesia dari daftar layanan pengiriman barang AliExpress inilah, yang kemudian membuat sebagian besar masyarakat Indonesia dibuat penasaran mengenai alasan yang melatarbelakangi permasalahan tersebut. Namun  sayangnya, hingga sejauh ini belum ada penjelasan yang lebih pasti mengenai alasan yang menjadikan AliExpress melakukan pemblokiran pengiriman barang ke Indonesia. Sehingga jika Anda ingin melakukan pembelian produk ke AliExpress, maka perlu menerapkan beberapa solusi alternatif yang harus diambil.

Berkaitan dengan hal tersebut, di bawah ini ada setidaknya 4 solusi alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pemblokiran layanan pengiriman barang AliExpress ke Indonesia. Yang mana dengan menggunakan cara ini, maka Anda bisa tetap melakukan pembelian barang impor dari China dengan mudah. Dengan demikian, maka kebutuhan produk / barang impor China yang Anda inginkan akan tetap dapat terpenuhi.

1.   Membeli Barang di AliExpress Menggunakan Skema Forwarder

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah pemblokiran layanan pengiriman barang AliExpress ke Indonesia, yakni bisa dilakukan dengan menggunakan skema forwarder. Dimana dalam hal ini, Anda bisa membeli barang di AliExpress dan mengirimkannya ke alamat gudang di China, baru kemudian pihak jasa forwarder akan membantu proses pengiriman barang ke Indonesia, termasuk mengurus semua masalah kepabeanan. Dikarenakan skema forwarder ini memiliki tantangan tersendiri, maka penting bagi Anda untuk bernegosiasi terlebih dahulu dengan pihak penjual produk impor yang diinginkan.

2.   Membeli Barang yang Sama Melalui Platform Alibaba

Selain menggunakan skema forwarder, Anda juga bisa mencoba solusi lain dalam melakukan pembelian barang yang sama di AliExpress, yakni dengan menggunakan platform Alibaba. Sebagai contoh jika Anda ingin membeli produk barang impor baju yang dijual di AliExpress, maka Anda bisa mencari produk barang impor baju yang sama di platform Alibaba, dikarenakan kedua platform tersebut kebanyakan menjual produk yang sama. Namun untuk melakukan pembelian barang di Alibaba biasanya memiliki tantangan tersendiri, dimana platform ini memiliki minimum order quantity yang cukup besar, sehingga Anda harus pandai untuk bernegosiasi dengan pihak penjual.

Baca Juga :  Skema Jasa Forwarder China ke Indonesia

3.   Membeli Barang dengan Memanfaatkan Platform Internasional Lain

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan opsi lain dalam melakukan pembelian produk impor AliExpress dengan cara memanfaatkan penggunaan platform internasional lain yang disediakan. Umumnya, ada banyak sekali platform internasional yang menawarkan aneka macam produk impor berkualitas seperti halnya eBay (penjual China), dhgate, banggood, dealextreme dan masih banyak lagi. Dari memanfaatkan salah satu dari beberapa platform internasional tersebut, Anda nantinya bisa dengan mudah menemukan beragam produk barang impor berkualitas dengan harga terjangkau sesuai yang diinginkan.

4.   Membeli Barang dengan Menggunakan Platform Berbahasa Mandarin

Adapun solusi terakhir dalam mengatasi permasalahan pemblokiran pengiriman barang AliExpress ke Indonesia, yakni Anda bisa membeli barang dengan menggunakan platform berbahasa Mandarin, baik itu seperti platform 1688 maupun Tabao. Penting untuk Anda ketahui, bahwa dalam melakukan pembelian barang impor di kedua platform tersebut membutuhkan usaha yang cukup besar, dikarenakan di platform berbahasa Mandarin ini juga tidak menawarkan metode pembayaran praktis seperti AliExpress. Sehingga solusi paling alternatif yang bisa Anda ambil, yakni dengan meminta bantuan pihak jasa pembelian barang di China untuk memperoleh barang yang diinginkan.

 

Meskipun dari pembahasan penting di atas belum diketahui secara pasti mengenai alasan AliExpress tidak bisa kirim ke Indonesia, namun Anda tetap bisa berbelanja produk AliExpress dengan menerapkan beberapa solusi mudah yang bisa digunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang