7 Tips Menjadi Distributor Import Barang dari China

Akhir-akhir ini, tren bisnis distributor import barang dari China semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Sebab tidak hanya menawarkan harga yang cenderung terjangkau, namun barang impor China juga memiliki kualitas yang cukup baik. Bagi Anda di rumah yang mungkin tertarik untuk menjadi distributor barang impor China, maka bisa menyimak beberapa tips yang akan diulas di artikel berikut ini.

 

Bagaimana Cara Menjadi Distributor Import Barang dari China?

 

Tahukah Anda, bahwa memutuskan untuk menjadi distributor barang impor China merupakan pilihan bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan. Akan tetapi dalam memulai bisnis satu ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan dengan baik dan matang. Adapun beberapa tips dalam memulai bisnis distributor barang impor China, di antaranya yakni sebagai berikut.

 

1.   Menentukan Produk Impor yang Ingin Dijual

Tips pertama ketika akan memulai menjalankan bisnis distributor barang impor China, yakni pastikan Anda menentukan produk impor yang ingin dijual kepada masyarakat luas. Disini, Anda perlu mencermati seberapa tinggi minat masyarakat, tingkat pesaing dan HS Code dari barang impor China tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar produk impor yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia.

 

2.   Mencari Supplier Produk Impor

Jika Anda sudah mengetahui produk impor yang akan dijual, selanjutnya tinggal mencari pihak supplier dari produk impor tersebut di berbagai sumber, seperti misalnya di internet, pameran dagang ataupun melalui rekomendasi teman. Dalam hal ini, pastikan supplier produk impor memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Anda sendiri bahkan juga perlu meminta sample produk, yang mana untuk memastikan apakah kualitas produk tersebut memang baik atau justru sebaliknya.

Baca Juga :  Cara Menghindari Kesalahan dalam Import Barang dari China

 

3.   Pastikan Sudah Mendapatkan Izin Impor

Sebelum benar – benar memulai bisnis distributor barang impor China, sebaiknya Anda juga perlu memastikan agar sudah mendapatkan izin impor dari pihak instansi terkait, seperti halnya pihak Kementerian Perdagangan. Tujuan dari izin impor sendiri, yakni untuk memudahkan agar kegiatan impor berjalan dengan legal dan tidak melanggar peraturan yang berlaku di Indonesia. Sehingga, risiko terjadinya hal-hal tidak diinginkan bisa diminimalisir dengan baik.

 

4.   Tentukan Harga Jual Produk Impor

Tips berikutnya, Anda juga perlu menentukan harga jual dari produk impor yang akan ditawarkan kepada masyarakat nantinya. Dalam memberikan harga jual produk impor ini, pastikan Anda menyesuaikan dengan harga pasaran yang ada. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar harga jual yang ditetapkan tersebut memberikan keuntungan yang baik bagi Anda sebagai distributor barang impor China.

 

5.   Persiapkan Rencana Pemasaran

Demi menunjang kesuksesan bisnis distributor barang impor China nantinya, penting bagi Anda untuk mempersiapkan rencana pemasaran bisnis yang baik dan matang. Disini, Anda bisa memanfaatkan berbagai media yang ada dalam kegiatan pemasaran produk impor yang Anda tawarkan. Baik itu seperti media sosial, iklan online maupun dengan melakukan kerja sama dengan pihak toko ataupun supermarket.

 

6.   Perhatikan Aspek Logistik

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam bisnis distributor barang impor China juga penting untuk memperhatikan aspek logistik di dalamnya. Yang mana dalam hal ini, Anda perlu memastikan agar produk impor yang ditawarkan bisa sampai ke tangan konsumen dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Untuk mengatasi masalah logistik produk impor ini, Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan logistik terpercaya di pasaran.

Baca Juga :  Barang Impor China Yang Laku Keras di Indonesia

 

7.   Selalu Menjaga Kualitas Produk

Yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memulai bisnis distributor barang impor China, yaitu pastikan selalu menjaga kualitas produk impor. Disini, Anda penting untuk memastikan agar produk impor yang dijual kepada masyarakat luas selalu memiliki kondisi yang baik, dan pastinya sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. Dengan demikian, maka peluang bisnis distributor barang impor China untuk sukses di pasaran akan terbuka semakin lebar.

 

Dengan menerapkan beberapa tips penting yang sudah dijelaskan di atas, maka bisnis distributor import barang dari China yang Anda jalankan nantinya akan bisa tumbuh dan berkembang pesat di pasaran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang