Cara Beli Barang Import Online

Jika ingin beli barang dari luar negeri, bagaimana cara beli barang import online? Saat ini sudah marak sekali jual beli online ke luar negeri karena kita dimudahkan dengan keberadaan berbagai platform atau marketplace online yang berskala global.

Begini Cara Beli Barang Import Online, Dijamin Aman!

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa membeli barang dari luar negeri. Kini Anda dimudahkan dengan keberadaan teknologi internet yang bisa memfasilitasi aktivitas belanja tersebut. Hanya dengan smartphone saja, Anda bisa menjelajah berbagai toko yang ada di luar negeri, menarik bukan?

Jika Anda tertarik untuk mencoba pengalaman berbelanja barang impor secara online, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan, simak penjelasannya di bawah ini:

1.     Pilih Produk yang Akan Dibeli

Langkah pertama tentu saja memilih barang atau produk apa yang ingin Anda beli secara impor. Karena berbagai platform jual beli ke luar negeri menyediakan berbagai jenis barang dan sangat lengkap, mulai dari elektronik, pakaian, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan barang ini, Anda juga harus berhati-hati dengan kemungkinan adanya barang KW atau palsu. Jangan sampai Anda salah memilih dan justru membeli barang yang tidak asli, hal ini tentu akan merugikan Anda.

Oleh karena itu, karena Anda tidak bisa mengecek kondisi dan keaslian produk secara langsung. Maka pastikan kenali ciri-ciri dari barang asli yang ingin Anda beli. Anda juga bisa melihat testimoni dari pembeli sebelumnya untuk memastikan kualitas barang memang asli.

Baca Juga :  Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay dan Tata Cara Penggunaannya

2.     Pilih Platform atau Marketplace Online yang Terpercaya

Setelah  memilih jenis produk atau barangnya, selanjutnya pilih platform atau marketplace online yang ingin Anda gunakan. Saat ini sudah banyak sekali platform online yang menyediakan layanan belanja dalam skala global, sehingga akan memudahkan Anda.

Beberapa diantaranya yaitu, Amazon, Alibaba, AliExpress, eBay, Shopee dan lain sebagainya. Masing-masing platform tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya di Shopee, Anda akan dimudahkan karena aplikasi ini cukup populer di Indonesia dan sangat mudah digunakan. Untuk bisa membeli barang dari luar negeri, masukkan filter pencarian “Luar Negeri” saat sedang mencari barang yang ingin Anda beli.

3.     Jangan Lewatkan Baca Syarat dan Ketentuan

Sekali lagi, Anda harus tetap waspada saat membeli barang secara online, jangan sampai tertipu. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca syarat dan ketentuan untuk memastikan Anda memahami bagaimana proses pembelian produk tersebut.

Hal ini akan sangat berguna terutama jika Anda membeli barang dalam skala besar, karena biasanya ada ketentuan-ketentuan khusus jika belanja dalam skala besar. Jadi jangan sampai melewatkan atau menyepelekan untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum berbelanja.

4.     Pahami Sistem Pajak Bea Cukai

Untuk bisa belanja secara online dari luar negeri, Anda harus memahami bagaimana sistem pajak bea cukai. Pajak ini diadakan sesuai dengan UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang pengadaan pajak bea cukai dan PPn untuk barang yang dibeli dari pasar luar negeri.

Untuk besaran pajak yang harus Anda bayarkan berbeda-beda, sesuai dengan jenis barang dan kuantitasnya. Biasanya untuk barang yang harganya kurang dari USD3 atau Rp. 45.0000 akan bebas bea cukai dan hanya dikenakan PPn sebesar 10% saja.

Baca Juga :  Apakah Aman Belanja di Aliexpress

Sedangkan untuk barang dengan harga barang yang lebih tinggi dari itu, akan dikenakan pajak bea cukai sebesar 7,5% dan PPn 10%, semakin banyak barang yang Anda beli maka semakin besar juga pajak dan PPn yang harus Anda bayarkan.

5.     Pahami Cara Pembayaran

Hal yang tidak kalah penting dari proses belanja online di luar negeri adalah cara pembayarannya. Mengingat masing-masing mata uang di dunia berbeda jika dikonversi dalam rupiah, lalu bagaimana cara pembayarannya?

Tentu Anda sudah dimudahkan dengan keberadaan marketplace online yang sudah menyediakan berbagai fitur untuk metode pembayaran. Beberapa marketplace online juga sudah menyediakan fitur konversi nilai uang ke rupiah secara otomatis.

Setelah mengetahui cara beli barang import online, kini Anda tidak perlu bingung dan ragu lagi jika ingin belanja barang import. Karena tidak sesulit itu untuk belanja di luar negeri. Anda hanya perlu waspada dan jangan sampai tertipu ketika membeli barang secara online.

Nah, buat teman teman yang ingin import barang dari luar negeri secara on line, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan dari awal hingga barang diterima. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang