Proses Pembayaran WeChat Pay di Indonesia

Dengan kemudahan dalam proses pembayaran WeChat Pay, membuat dompet digital ini meraih popularitas tinggi di negara asalnya, Tiongkok. Saat ini, layanan ini telah secara resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 2020.

WeChat Pay di Indonesia memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan cepat melakukan transaksi pembayaran melalui aplikasi WeChat. Fitur menarik lainnya meliputi transfer uang antar pengguna dan pembayaran di pedagang mitra WeChat.

Proses Pembayaran WeChat Pay

Untuk menggunakan WeChat Pay sebagai metode pembayaran, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun WeChat. Aplikasi ini bisa diakses dan diunduh melalui Play Store atau App Store.

Selanjutnya, Anda harus mengaitkan kartu debit atau kredit dengan akun WeChat Pay agar dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk melakukan proses tersebut.

1. Daftar Akun WeChat

Setelah diunduh, Anda hanya perlu membuka aplikasi WeChat dan mulai mendaftarkan akun baru. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki nomor ponsel yang masih aktif untuk menerima kode verifikasi melalui SMS.

  • Isi informasi pribadi yang diminta seperti nama, kode negara, nomor ponsel, dan kata sandi.
  • Setelah semua data diisi, klik ikon kamera di sebelah kanan nama untuk menambahkan foto profil WeChat.
  • Setelah itu, tandai persetujuan pada Ketentuan Layanan.
  • Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS di nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  • Masukkan kode tersebut dan klik “Lanjut” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
Baca Juga :  Jasa Import Mesin dari China Untuk Peluang Bisnis di Indonesia

2. Tautkan Rekening Bank

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk menggunakan layanan WeChat Pay, Anda perlu mengaitkan rekening bank yang dimiliki. Proses ini cukup sederhana, seperti berikut ini:

  • Di dalam halaman WeChat, tekan pilihan “Saya” yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Pilih WeChat Pay, dan buka bagian “Dompet”.
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi data kartu debit ataupun kredit yang hendak ditautkan.
  • Input kata sandi untuk pembayaran, dan lakukan proses verifikasi untuk menyelesaikan langkah ini.

3. Melakukan Pembayaran Menggunakan WeChat Pay

Setelah berhasil mengaitkan rekening bank dengan WeChat Pay, Anda dapat memanfaatkan berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh platform ini. Berikut adalah sejumlah fitur pembayaran yang didukung oleh WeChat Pay.

a. Pembayaran dengan Kode QR

Anda dapat melakukan pembayaran dengan memindai kode QR WeChat yang terdapat di merchant tempat Anda berbelanja produk atau jasa. Biasanya, kode QR tersebut ditempatkan di kasir atau meja pembayaran. Setelah berhasil memindai kode QR, Anda dapat memasukkan jumlah uang yang ingin Anda bayarkan dan melanjutkan dengan mengonfirmasi transaksi pembayaran.

b. Pembayaran Melalui Situs Web

WeChat Pay juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara online melalui situs web. Caranya sangat sederhana, yakni saat akan menyelesaikan pembelian barang, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran ketika proses checkout. Setelah itu, lakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau menggunakan fitur sidik jari di dalam aplikasi WeChat.

c. Pembayaran dalam Aplikasi

Untuk melakukan pembayaran dalam aplikasi, buka aplikasi yang ingin Anda gunakan dan pilih produk atau layanan yang hendak dibeli. Selanjutnya, pilih WeChat Pay sebagai pilihan pembayaran dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau menggunakan sidik jari melalui aplikasi WeChat.

Baca Juga :  Dokumen Impor Barang yang Perlu Dipersiapkan Para Importir

d. Pembayaran Melalui Mini Program

Fitur ini dapat digunakan khususnya untuk melakukan pembayaran dalam mini program yang ada di aplikasi WeChat. Caranya cukup mudah, yakni buka mini program yang ingin Anda akses dan pilih barang atau layanan yang hendak dibeli. Selanjutnya, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran dan lakukan konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN atau sidik jari melalui aplikasi WeChat.

Prinsip penggunaan WeChat Pay sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan dompet digital lainnya yang umum digunakan di Indonesia. Meskipun demikian, bagi mereka yang baru mengenal platform ini, mungkin masih perlu beradaptasi dengan antarmuka yang disajikan.

Penutup

Karena belum sepopuler dompet digital lokal lainnya, WeChat Pay menghadapi keraguan dari sebagian pengguna terkait keamanan. Namun, kekhawatiran tersebut tidak beralasan, karena keamanan menjadi prioritas utama dalam setiap proses pembayaran WeChat Pay di Indonesia. Dengan langkah verifikasi melalui kata sandi atau sidik jari pada setiap transaksi, WeChat Pay dianggap sebagai pilihan pembayaran yang aman dan dapat diandalkan.

Kalian masih bingung dengan proses pembayaran WeChatPay dan Impor barang dari china silahkan hubungi kami, kami akan membantu kebutuhan belanja anda step by step secara online tanpa biaya lho!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang