Perbandingan Metode Pembayaran International PayPal Dan Alipay

Ketika berbelanja online, Anda tentu pernah melihat logo dari metode pembayaran international PayPal dan AliPay di situs belanja tersebut. Mungkin Anda sudah memiliki salah satu akun di cara pembayaran ini, tapi apa Anda tahu mana yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

5 Perbedaan Metode Pembayaran International PayPal Dan AliPay

Jika Anda sering berbelanja online, maka Anda pasti sudah sering melihat logo AliPay ataupun PayPal. Banyak orang yang memilih menggunakan dompet digital yang dirasa lebih aman dibandingkan harus mengisi data kartu kredit secara berulang. Berikut adalah lima perbedaan dasar yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum memilih:

1.    Fungsi Utama

Baik AliPay maupun PayPal adalah dompet digital yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan uang, melakukan pembayaran, dan berbagai kegiatan finansial lainnya. Akan tetapi, AliPay lebih banyak digunakan di Cina sementara PayPal digunakan oleh negara-negara Eropa dan Amerika.

Anda bisa menghubungkan kartu kredit ataupun debit dengan AliPay dan PayPal. Langkah ini akan memudahkan Anda ketika berbelanja, karena tidak perlu lagi mengisi data seperti nomor kartu. Cara ini juga akan lebih aman karena data Anda tidak bocor ke mana-mana.

2.    Diterima di Mana Saja

Walau hanya satu tahun lebih tua, tapi PayPal sudah jauh meninggalkan AliPay dalam jumlah situs yang mendukung pembayaran dengan PayPal. Tercatat adalah lebih dari satu juta situs yang mendukung metode pembayaran ini. Sedangkan untuk AliPay, jumlahnya hanya pada ratusan ribu situs.

Baca Juga :  Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay dan Tata Cara Penggunaannya

Tapi jika Anda sering berbelanja di situs asal Cina atau bahkan pergi langsung ke negara panda, Anda bisa menggunakan AliPay untuk membayar makan di restoran atau belanja sehari-hari. Dompet digital ini adalah salah satu cara pembayaran populer di Cina selain WeChat.

3.    Harga Kurs

PayPal menerapkan harga yang lebih rendah untuk penukaran mata uang dibandingkan dengan penukaran secara konvensional. Ini karena mereka menetapkan biaya 3-4% untuk setiap penukaran yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, harga 1 Dollar Amerika adalah 10 ribu Rupiah di bank, maka harga 1 Dollar Amerika di PayPal adalah 9600 Rupiah. Dan harga kurs ini berlaku baik jika Anda menarik atau menambah saldo PayPal Anda.

Sedangkan untuk AliPay, karena hanya memiliki satu mata uang utama, maka Anda hanya perlu memperhatikan harga kurs yang ditetapkan saat itu. Anda bisa melihat berapa harga kurs yang ditetapkan oleh AliPay sebelum menyelesaikan transaksi.

4.    Mata Uang Utama

Walaupun berpusat di Amerika Serikat, tapi PayPal mendukung 25 mata uang di dalam aplikasi dan Anda bisa mengatur mata uang utama yang sering digunakan. Sebagai contoh, jika Anda sering berbisnis dengan orang Eropa, maka Anda bisa menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang utama di PayPal. Cara ini bisa menghemat Anda dari biaya konversi tambahan dari Rupiah ke Dollar lalu ke Euro.

Sedangkan AliPay hanya menggunakan mata uang Yuan, sehingga semua transaksi yang Anda lakukan akan dikonversi ke Yuan terlebih dahulu. Ini bisa memudahkan Anda yang berbelanja di situs belanja Cina seperti 1688, AliExpress, atau TaoBao yang menerima AliPay.

5.    Service Charge

PayPal menerapkan beberapa skema biaya untuk pembeli maupun penjual. Biaya PayPal ini bervariasi antara 0,5% hingga 3% sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan. Untuk mengetahui besaran biaya, Anda bisa menggunakan laman kalkulator PayPal ataupun yang dibuat oleh pihak ketiga seperti Nerd Wallet.

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Import Barang Langsung dari Alibaba

AliPay menerapkan skema yang berbeda dengan PayPal. Sebagian besar layanan menggunakan aplikasi ini gratis, termasuk ketika membeli sesuatu. Akan tetapi, AliPay juga menambahkan service charge kepada pembeli berdasarkan tempat ia membayar dan lokasi pembayaran.

Walau selama ini lebih banyak digunakan di Eropa, tapi sekarang Anda sudah bisa menggunakan PayPal untuk berbelanja di beberapa situs belanja Cina seperti AliExpress. Baik sebagai penjual atau pembeli, Anda bebas untuk memilih metode pembayaran international PayPal dan AliPay. Kedua metode ini mengutamakan keamanan data digital dan menjamin proses pengiriman dan penerimaan uang dilakukan sangat cepat.

Nah Jika kalian masih bingung untuk pembayaran melalui Paypal atau Alipay, silahkan menghubungi kami. Kami akan membantu kebutuhan pembayaran anda step by step dengan mudah dan aman. Salam sukses, Import itu mudah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang