Mengatasi Kendala Bahasa Dalam Import dari 1688.com

Kendala bahasa saat berbelanja di marketplace 1688 dapat menjadi masalah bagi importir Indonesia karena situs tersebut berbahasa Mandarin. Bagaimana tips menghadapi tantangan bahasa saat berkomunikasi dengan penjual di 1688?

Mengapa Marketplace 1688 Berbahasa China?

Situs 1688 berbahasa Mandarin karena 1688 adalah salah satu marketplace atau platform perdagangan elektronik yang berasal dari China. Marketplace ini merupakan bagian dari Alibaba Group, perusahaan teknologi terkemuka di China yang didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999.

Alibaba Group pada awalnya didirikan dengan tujuan untuk membantu perusahaan China berdagang dengan mudah secara online dan menghubungkan produsen dengan pembeli dari seluruh dunia. Oleh karena itu, bahasa utama yang digunakan di situs Alibaba dan afiliasinya seperti 1688 adalah bahasa Mandarin, yang merupakan bahasa yang dominan di China.

Meskipun demikian, karena Alibaba Group telah berkembang menjadi perusahaan e-commerce global dengan pangsa pasar internasional yang besar, situs-situs seperti Alibaba.com dan AliExpress juga menyediakan opsi bahasa Inggris dan bahasa lainnya untuk menjangkau pembeli dari berbagai negara yang tidak fasih berbahasa Mandarin.

Namun, untuk marketplace 1688 khususnya, fokus utamanya adalah melayani pasar domestik China dan pelanggan lokal, sehingga bahasa utamanya tetap berbahasa Mandarin. Hal ini membuatnya menjadi tantangan bagi pelanggan internasional, termasuk Indonesia, yang ingin berbelanja di situs tersebut, karena tidak semua pembeli di luar China mampu atau nyaman berkomunikasi dalam bahasa Mandarin.

Menyiasati Kendala Bahasa Ketika Berkomunikasi dengan Penjual 1688

Dengan potensi bisnis yang begitu menggiurkan, beli barang dari 1688 meskipun ada kendala bahasa bisa tetap jalan. Nah, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menyiasati kendala bahasa tersebut yaitu :

  1. Menggunakan terjemahan otomatis: Anda dapat menggunakan layanan terjemahan otomatis seperti Google Translate untuk menerjemahkan halaman web dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia. Meskipun terjemahan otomatis tidak selalu sempurna, ini bisa membantu Anda memahami informasi dasar tentang produk dan layanan yang ditawarkan.
  2. Mencari informasi produk dalam bahasa Inggris: Banyak penjual di marketplace 1688 juga menyediakan deskripsi produk dalam bahasa Inggris. Anda dapat mencari produk yang menarik minat Anda dan memastikan untuk mencari deskripsi yang juga tersedia dalam bahasa Inggris.
  3. Menggunakan fitur chat untuk bertanya: Jika Anda menemukan produk yang menarik tetapi tidak cukup yakin tentang deskripsinya, Anda bisa menggunakan fitur chat untuk berkomunikasi langsung dengan penjual. Sebagian besar penjual di 1688 mungkin bisa berbicara bahasa Inggris atau bahasa lainnya yang lebih mudah dipahami daripada bahasa Mandarin.
  4. Menggunakan bantuan teman atau penerjemah: Jika Anda memiliki teman atau kenalan yang fasih berbahasa Mandarin, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk membantu Anda berbelanja di 1688. Jika tidak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa penerjemah profesional jika Anda berencana untuk berbelanja dalam jumlah besar atau melakukan bisnis dengan penjual China secara berkelanjutan.
  5. Mencari alternatif marketplace: Jika kesulitan berbelanja di 1688 terlalu besar, Anda dapat mencari alternatif marketplace yang berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Terdapat beberapa platform e-commerce besar yang menyediakan layanan untuk pelanggan Indonesia dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.
  6. Memahami kebijakan dan persyaratan: Pastikan untuk memahami kebijakan dan persyaratan beli barang dari 1688 sebelum melakukan transaksi. Hal ini penting untuk melindungi hak dan kepentingan Anda sebagai pembeli.
Baca Juga :  Beli Barang di 1688 Untuk Dropship

Langkah Langkah Beli Barang dari 1688 untuk Orang Indonesia

Import barang dari 1688 bagi orang Indonesia yang tidak bisa berbahasa Mandarin memang dapat menjadi tantangan. Namun dengan menerapkan tips dan strategi di atas, orang Indonesia tetap dapat memahami dan berkomunikasi dengan para penjual dan supplier 1688.

Dan berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat dikuti untuk beli barang dari 1688:

  1. Buat Akun: Pertama, Anda perlu membuat akun di 1688. Kunjungi situs resmi 1688 (https://www.1688.com/) dan klik pada opsi pendaftaran atau “Register” untuk membuat akun baru. Anda mungkin perlu menggunakan alamat email aktif dan nomor ponsel untuk pendaftaran.
  2. Penelitian dan Pencarian Produk: Setelah memiliki akun, mulailah mencari produk yang Anda minati dengan menggunakan fitur pencarian di situs 1688. Ketikkan kata kunci produk atau deskripsinya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dan hasil pencariannya akan muncul.
  3. Terjemahkan Deskripsi Produk: Meskipun marketplace 1688 berbahasa Mandarin, Anda dapat menggunakan layanan terjemahan otomatis seperti Google Translate untuk menerjemahkan deskripsi produk ke dalam bahasa yang Anda kuasai (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris). Ini akan membantu Anda memahami informasi tentang produk dan penawaran yang disediakan.
  4. Periksa Reputasi Penjual: Sebelum memutuskan untuk membeli, periksa reputasi penjual atau supplier di 1688. Lihatlah ulasan dan peringkat dari pembeli sebelumnya untuk memastikan bahwa penjual tersebut dapat dipercaya.
  5. Berkomunikasi dengan Penjual: Jika Anda memiliki pertanyaan tentang produk atau layanan, gunakan fitur chat atau pesan di situs 1688 untuk menghubungi penjual. Cobalah untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa yang dapat dimengerti oleh penjual.
  6. Negosiasi dan Kesepakatan: Jika Anda tertarik untuk melakukan pembelian, negosiasikan harga dan persyaratan dengan penjual. Pastikan untuk mengklarifikasi detail produk, kuantitas, harga, biaya pengiriman, dan metode pembayaran.
  7. Pembayaran: Setelah kesepakatan tercapai, lakukan pembayaran kepada penjual. Metode pembayaran 1688 adalah melalui platform pembayaran online seperti Alipay. Khusus untuk 1688, saya sarankan teman teman menggunakan bantuan jasa pembayaran 1688 melalui fasilitas Find someone to Pay
  8. Konfirmasi dan Pengiriman: Setelah pembayaran diterima oleh penjual, pastikan untuk meminta konfirmasi tentang pesanan Anda. Penjual akan mengatur pengiriman barang ke alamat Gudang jasa forwarder di China, yang anda tentukan
  9. Pantau Pengiriman: Pantau pengiriman barang Anda untuk memastikan barang tersebut dikirim dengan benar, ke Alamat Gudang forwarder di China
  10. Pengiriman barang oleh jasa forwarder ke Indonesia. Setelah sampai Indonesia, silahkan mengecek barang yang dibeli dan diterima.
Baca Juga :  Apa itu Shipper Dalam Ekspor Impor

Lebih Menguntungkan Menggunakan Jasa Forwarder

Bagi pemula, menggunakan jasa forwarder impor ketika melakukan impor barang dari 1688 memiliki beberapa keuntungan yang dapat membuat proses impor menjadi lebih mudah dan lancar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa menggunakan jasa forwarder impor bisa lebih menguntungkan bagi pemula:

  • Penanganan Pembayaran. Jasa forwarder umumnya juga menyediakan jasa pembayaran di 1688. Jadi dengan bantuan jasa forwarder, teman teman akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran pesanan di 1688
  • Penanganan Pengiriman dan Logistik: Jasa forwarder impor memiliki pengalaman dalam menangani pengiriman dan logistik internasional. Mereka tahu bagaimana mengatur pengiriman dari China ke Indonesia dengan cara yang efisien dan aman. Pebisnis pemula mungkin belum terbiasa dengan proses pengiriman internasional dan dapat menghindari masalah logistik dengan bantuan jasa forwarder.
  • Pemrosesan Bea dan Cukai: Impor dari luar negeri melibatkan pemrosesan bea dan cukai di negara tujuan. perusahaan forwarder impor biasanya memiliki pengetahuan tentang peraturan bea dan cukai di Indonesia, sehingga dapat membantu pemula menghindari masalah terkait perijinan dan pajak. Sehingga teman teman tinggal menerima beres saja, karena semua sudah diurus oleh jasa forwarder yang bersangkutan.
  • Konsolidasi Pengiriman: Pemula mungkin hanya ingin melakukan impor dalam jumlah kecil atau membeli dari beberapa penjual yang berbeda. Layanan forwarder impor dapat membantu dengan jasa tambahan khusus, untuk mengonsolidasikan pengiriman dari beberapa penjual ke dalam satu pengiriman, yang dapat menghemat biaya dan memudahkan pemantauan.
  • Penanganan Dokumen: Impor melibatkan berbagai dokumen seperti faktur, sertifikat, dan perijinan. Forwarder impor 1688 dapat membantu pemula dalam menyiapkan dan memverifikasi kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk proses impor.
  • Pengalaman dan Jaringan: Forwarder impor biasanya memiliki pengalaman yang luas dalam industri ini dan memiliki jaringan yang baik dengan berbagai pihak terkait, termasuk maskapai penerbangan, perusahaan logistik, dan lembaga pemerintah. Hal ini dapat membantu dalam mengatasi tantangan dan hambatan yang mungkin timbul selama proses impor.

Memang menggunakan jasa forwarder impor akan membutuhkan biaya tambahan. Pemula harus mempertimbangkan biaya tersebut dalam perencanaan anggaran impor mereka. Selain itu, penting untuk memilih perusahaan forwarder impor terpercaya dan berpengalaman untuk memastikan proses impor berjalan dengan baik.

Nah, buat teman teman yang ingin mulai mencoba impor barang dari China melalui 1688.com, tetapi masih bingung mau melakukan apa ? SIlahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan step by step cara impor barang dari China melalui 1688, membantu melakukan pembayaran di 1688 dan membantu pengiriman barang ke Indonesia melalui jasa forwarder murah kami. Salam sukses selalu.

whatsapp forwardermurah.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang