Ketahui Beragam Ukuran Pintu Kontainer Sesuai dengan Jenisnya

Ada beberapa pilihan ukuran pintu kontainer yang penting untuk Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Baik itu untuk kebutuhan kargo maupun logistik. Pastikan memahami dahulu ukurannya agar bisa memakainya dengan tepat.

Ukuran Pintu Kontainer Berdasarkan Jenisnya

Kontainer di desain dengan ukuran pintu khusus dengan body yang kuat dan juga kokoh. Tidak heran jika efektif untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan memakai truk logistik, kapal, hingga kereta api. Berikut beberapa pilihan ukurannya:

1.     Kontainer 10 Kaki

Merupakan salah satu jenis kontainer untuk pengiriman dengan standar terkecil. Pastinya sangat cocok untuk mengirimkan barang dengan ruang terbatas. Untuk berat kontainernya sendiri mencapai 11 ton atau setara dengan 10.000 kg.

Sedangkan ukuran bukaan pintunya memiliki lebar 2,34 meter serta tinggi mencapai 2,28 meter. Adapun muatan maksimal yang dapat diangkut oleh peti kemas jenis ini adalah sekitar 17 ton saja. Tidak heran jika termasuk paling ringan diantara jenis lainnya.

2.     Kontainer 20 Kaki

Saat ini sudah ada banyak industri dan perusahaan yang menggunakan kontainer untuk mengangkut barang. Salah satunya yaitu kontainer 20 kaki yang memiliki ukuran bukaan pintu dengan tinggi 2,28 meter serta lebar 2,34 meter.

Jenis ini sendiri mampu memuat barang dengan kapasitas mencapai 21,8 Ton. Adapun volume dari peti kemas tersebut mencapai 33,1 meter persegi. Pastikan mempertimbangkan ukuran ini sebelum menggunakannya agar lebih tepat.

Baca Juga :  Jenis Jenis Kontainer untuk Pengiriman Barang Berdasarkan Muatannya

3.     Kontainer 40 Kaki

Jenis lainnya yang memiliki ukuran pintu berbeda adalah kontainer 40 kaki. Kontainer ini sendiri memiliki ukuran yang cukup besar dari sebelumnya sehingga sangat efektif untuk mengangkut beban muatan yang lebih berat.

Untuk ukuran lebar pintunya sendiri mencapai 2,34 meter. Sedangkan ukuran tinggi pintunya sekitar 2,28 meter sehingga sama dengan sebelumnya.

4.     Kontainer 45 Kaki

Apabila Anda menginginkan ukuran pintu peti kemas yang lebih tinggi, maka pilihannya adalah kontainer 45 kaki. Jenis ini sendiri terbilang yang paling besar daripada dua tipe sebelumnya sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Kontainer 45 kaki memiliki bukaan pintu dengan ukuran lebar mencapai 2,34 meter. Sedangkan untuk tinggi pintunya sendiri sekitar 2,58 meter. Tidak heran jika cukup efektif untuk memuat barang yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Tips Memilih Kontainer Sesuai Ukuran Pintunya

Jika Anda belum pernah menggunakan kontainer sebelumnya, maka pastikan memahami dahulu ukuran pintunya seperti di atas. Hal ini sangat penting agar bisa menyesuaikannya dengan barang yang ingin diangkut. Sebagai informasi, simak juga beberapa tips memilihnya di bawah ini:

1.     Perhatikan Ukuran Muatan

Sebelum memilih ukuran pintu peti kemas, penting bagi Anda untuk mengetahui dahulu ukuran muatan yang ingin diangkut memakai alat ini. Cek mulai dari ukuran lebar dan juga tingginya. Pastikan mengetahuinya dengan tepat.

Apabila tidak terlalu tinggi, maka Anda bisa memilih kontainer tipe medium saja. Jika memang ukurannya cukup besar dan tinggi dengan muatan cukup berat maka pastikan menggunakan tipe kontainer yang lebih besar pula.

2.     Sesuaikan dengan Ukuran Pintu

Setelah mengetahui ukuran muatan dari segi tinggi dan juga lebarnya, maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan ukuran pintu peti kemas itu sendiri. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahuinya agar mendapatkan ukuran sesuai.

Baca Juga :  Tips Berburu Produk Terbaik di 1688.com

Pastikan ukuran muatannya tidak melebihi ukuran pintu dari kontainernya. Dengan begitu, barang tersebut dapat dimasukkan dan dikeluarkan secara praktis. Terlebih ada beberapa pilihan ukuran pintu peti kemasnya sehingga cukup mudah menyesuaikannya.

3.     Cek Waktu Penggunaannya

Sangat penting juga bagi Anda untuk mengecek waktu penggunaan kontainer tersebut. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu berapa lama ingin menggunakan alat ini. Apakah dalam waktu yang cukup lama atau bahkan sebaliknya.

Dengan begitu, akan mendapatkan pertimbangan yang paling tepat saat menggunakan kontainer tersebut. Selain itu, cek juga berapakah biaya yang diperlukan. Pastikan sesuai dengan budget yang sudah disiapkan sebelumnya.

Saat ini sendiri ada beberapa pilihan ukuran pintu kontainer yang dapat Anda pakai. Setiap ukurannya sendiri memiliki kapasitas maksimal berbeda-beda untuk mengangkut muatan. Itulah mengapa jangan sampai salah dalam memilihnya sehingga pastikan memahami tipsnya di atas

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang