Apa itu Kontainer HC Ketahui Pengertian dan Keunggulannya

Banyak yang belum mengetahui apa itu kontainer HC. Padahal, penggunaan kontainer ini sudah cukup sering dipakai untuk berbagai kebutuhan. Kontainer jenis ini memiliki ukuran berbeda dengan tipe kontainer standar.

Apa itu Kontainer HC?

Container High Cube (HC) merupakan salah satu jenis kontainer kubus tinggi dengan ukuran lebar dan panjang sama dengan kontainer umumnya. Hanya saja, perbedaannya terletak lebih tinggi 1 kaki jika dibandingkan dengan tipe standar.

Apabila terdapat ukuran container standar 40 feet, maka akan ada kontainer 40 Feet HC. Tidak heran apabila antara dua jenis tersebut memiliki ukuran tinggi berbeda. Pastinya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Perbedaan tinggi tersebut nantinya dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan kontainer jenis ini. Tidak heran jika efektif untuk meningkatkan pula volume penyimpanan tambahannya. Hal ini karena pintunya di desain lebih tinggi.

Kapasitas Maksimum Kontainer HC

Setelah mengetahui pengertiannya, maka pahami juga kapasitas maksimum dari penggunaan peti kemas satu ini. Terlebih terdapat beberapa jenis kontainer yang memiliki ukuran berbeda. Simak selengkapnya pada penjelasan berikut:

1.     20 Feet High Cube Container

Jenis kontainer yang satu ini memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Pastinya sangat membantu pengguna apabila ingin mendapatkan peti kemas dengan ukuran cukup besar. Untuk ukuran pintu pembukanya sendiri memiliki lebar 2,34 meter dengan tinggi 2,59 meter.

Sedangkan untuk beban maksimum pada jenis kontainer tersebut adalah sekitar 22.000 kg. Walaupun cukup mirip dengan tipe kontainer 20 feet standar akan tetapi jenis ini memiliki tambahan ketinggian tersendiri.

Baca Juga :  Macam Macam Ukuran Kontainer yang Digunakan untuk Membawa Muatan

2.     40 Feet High Cube Container

Merupakan jenis kontainer dengan lebih banyak ruang vertikal daripada versi standarnya. Tidak heran jika terdapat tambahan satu kaki ruang di bagian atasnya. Pastinya efektif untuk memberikan volume ekstra sehingga cocok untuk segala kebutuhan.

Untuk jenis peti kemas ini sendiri memiliki ukuran pintu pembuka dengan tinggi 2,59 meter serta lebar 2,34 meter sehingga sama seperti sebelumnya. Sedangkan untuk kapasitas beban maksimumnya mencapai 29.000 kg.

Keunggulan Memakai Jenis Kontainer HC

Ada banyak keunggulan yang bisa Anda peroleh saat memakai jenis kontainer HC. Tentu saja hal ini menjadi kelebihan tersendiri sehingga lebih unggul daripada versi standarnya. Oleh sebab itu, cek keunggulannya di bawah ini:

1.     Ruang Penyimpanan Lebih Banyak

Jika Anda menggunakan peti kemas tipe HC, maka tentu saja akan memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak. Hal ini karena kapasitasnya memang jauh lebih besar sehingga efektif untuk membantu penggunanya jika ingin menyimpan barang lebih banyak.

Sedangkan untuk ukuran panjang dan lebarnya sendiri memiliki kesamaan dengan kontainer standar. Pastinya akan memberikan ruang yang lebih banyak sehingga bisa mengangkut barang secara efektif sesuai kebutuhan.

2.     Ruang yang Lebih Tinggi

Apabila dibandingkan dengan tipe biasa, maka kontainer HC memiliki ketinggian yang lebih unggul. Tidak heran jika dapat menjadi solusi apabila saat menggunakan versi standar tidak memenuhi ukurannya. Anda bisa memanfaatkan kontainer high cube tersebut.

Kontainer ini sendiri memiliki beberapa pilihan seperti 20 kaki dan 40 kaki HC. Pastinya keduanya sangat ideal digunakan untuk penyimpanan barang atau muatan yang memerlukan lebih banyak ruang dari versi standarnya.

3.     Dapat Menyimpan Barang dengan Aman

Tidak hanya menyediakan tambahan 1 kaki untuk menyimpan barang-barang Anda, kontainer HC juga memiliki konstruksi dan model baja padat sehingga sangat aman digunakan untuk membawa muatan sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca Juga :  Agen Alibaba di Indonesia

Kontainer tersebut memiliki lantai tahan lama sehingga efektif untuk menghindari kelembaban yang masuk. Terdapat pula pintu ganda yang bermanfaat untuk menahan potensi kerusakan barang yang tersimpan di dalamnya.

4.     Cocok untuk Dimodifikasi

Kehadiran jenis kontainer ini juga tidak hanya dapat Anda manfaatkan untuk mengangkut dan menyimpan barang saja. Akan tetapi, sudah ada banyak orang yang memodifikasinya untuk dijadikan sebagai gudang penyimpanan, kantor, restoran, dan lainnya.

Adanya tambahan tinggi pada kontainer tersebut sangat cocok dimodifikasi menjadi bangunan tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastinya akan memperoleh atap yang lebih tinggi dari jenis kontainer biasanya sehingga bisa diubah menjadi ruangan tertentu.

Setelah memahami apa itu kontainer HC, tentu kini Anda sudah mengetahuinya dengan lebih jelas. Manfaatkan peti kemas tersebut untuk memuat barang yang memerlukan lebih banyak ruang dan volume sehingga sangat efektif digunakan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang