Cara Pengiriman Impor Barang Di Alibaba Jadi Lebih Mudah

Anda tentu menginginkan pengalaman pengiriman impor barang di Alibaba yang mudah dan cepat. Walau demikian, apakah Anda tahu cara yang tepat agar semua pesanan Anda bisa datang tepat waktu?

Mengapa Perlu Tahu Cara Pengiriman Impor Barang di Alibaba

Alasan utama adalah untuk melindungi produk yang sudah Anda pesan, terutama jika produk tersebut harus segera diolah. Proses kirim yang cepat akan mempengaruhi performa bisnis Anda secara keseluruhan.

Banyak orang yang berpikir bahwa pengiriman hanya tentang proses kirim. Padahal, Anda juga perlu mengetahui hak sebagai seorang konsumen dan mengerti langkah yang harus diambil jika ada masalah. Untuk itu, Anda perlu memahami cara untuk menjaga pengiriman bisa tetap aman hingga tujuan.

4 Tips Agas Pengiriman Aman

Satu pengalaman buruk bisa berimbas pada pertimbangan Anda dalam mencari supplier lainnya. Untuk mengurangi risiko ada masalah baru di masa depan, Anda bisa mengikuti empat tips berikut:

1.      Pilih Supplier Dengan Reputasi Baik

Proses pengiriman yang baik dimulai dari cara Anda mendapatkan supplier. Di Alibaba, Anda bisa memilih antara supplier biasa dengan mereka yang sudah memiliki emblem emas.

Emblem ini membedakan perusahaan yang sudah berjualan di Alibaba cukup lama dan menjaga reputasi tetap baik. Supplier dengan reputasi baik juga bisa dilihat dari berapa banyak pesanan yang sudah mereka terima dan penilaian yang mereka dapatkan.

Anda juga bisa bicara dengan supplier untuk mengetahui lebih lanjut tentang latar belakang perusahaan. Ini untuk memastikan perusahaan memang benar ada dan terdaftar sebagai badan usaha di China.

Baca Juga :  Selain Alibaba Belanja Dimana

Lakukan proses negosiasi dengan hati-hati karena salah arti karena bahasa sangat mudah terjadi. Jika perlu, Anda bisa mengulangi kalimat beberapa kali.

2.      Pahami dan Hitung Ulang Harga Penawaran

Supplier yang profesional akan memberikan penawaran yang sifatnya profesional. Bahkan jika Anda hanya memesan satu dari setiap model yang mereka miliki, supplier harus memberikan penawaran yang tepat. Anda tidak harus memiliki pengalaman di bidang ekspor-impor untuk bisa membedakan penawaran yang dibuat secara asal dengan yang baik.

Baca dengan hati-hati dan hitung ulang harga yang tertulis. Apakah sudah sesuai dengan kesepakatan yang Anda bicarakan sebelumnya, ataukah ada perubahan. Jika ada perbedaan, hubungi supplier dan tanyakan kenapa berbeda.

Ini penting terutama jika Anda memesan produk dengan spesifikasi teknis tertentu. Bahkan setelah menerima sample, pastikan kecil kemungkinan ada kesalahan produksi. Karena Anda tentu tidak ingin membuang waktu dan uang dengan memesan produk yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

3.      Pastikan Transaksi Pembayaran Aman

Walaupun transaksi pembelian dilakukan melalui Alibaba, bukan berarti Anda bisa lengah. Pastikan Anda ada di tempat yang aman dan koneksi internet Anda tidak ada gangguan. Jika sempat mengalami masalah dengan virus atau malware di komputer yang Anda gunakan, bersihkan virus terlebih dahulu untuk mengurangi risiko data perbankan Anda dicuri.

4.      Kenali dan Patuhi peraturan Bea Cukai

Peraturan bea cukai diperbarui secara berkala, dan ini tidak terbatas pada jumlah yang harus Anda bayar. Memahami peraturan cukai sangat berguna untuk Anda yang akan jadi sering mengimpor barang.

Anda perlu ingat ada potensi kerugian jika produk yang Anda pesan dianggap bermasalah hingga bertahan cukup lama di pelabuhan. Selain harus membayar biaya sewa penyimpanan, ada kemungkinan pesanan Anda akan dimusnahkan karena melanggar peraturan.

Baca Juga :  Berapa lama pesan barang di Alibaba

Kenali surat-surat yang mungkin Anda butuhkan seperti sertifikat sebagai importir, dan lain sebagainya. Memang, cara yang lebih mudah adalah memilih perusahaan kargo atau forwarder yang sudah termasuk biaya cukai.

Akan tetapi, solusi tersebut hanya berguna untuk pesanan dalam jumlah kecil. Untuk pesanan dalam jumlah yang lebih besar, Anda bisa menghemat ketika terjun langsung dan mengurus cukai sendiri.

Sepintas, impor barang dari luar negeri terkesan merepotkan. Akan tetapi, ada banyak keuntungan untuk tahu cara pengiriman impor barang di Alibaba yang aman. Yang utama adalah Anda bisa mengembangkan bisnis lebih cepat karena sudah terjalin hubungan baik dengan supplier.

Buat teman teman yang ingin memulai bisnis impor barang dari China, tetapi belum tau harus memulai dari mana ? silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah sampai barang diterima. Salam sukses selalu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang