Cara Import Mainan dari China yang Legal

Ketahui cara import mainan dari China secara tepat jika Anda tertarik menjadi importir atau pebisnis mainan import. China menjadi salah satu negara yang menarik banyak perhatian di Indonesia, baik secara kerjasama di pemerintahan maupun bisnis swasta.

Tanpa memiliki perusahaan besar, Anda dapat menjadi importir, namun dengan jumlah produk terbatas. Selain membawa barang secara pribadi saat melakukan kunjungan ke Negeri Tirai Bambu, Anda juga dapat memanfaatkan jasa logistik luar negeri.

Bisa memanfaatkan pengiriman via laut dengan kapal cargo dan pengiriman melalui udara melalui pesawat. Besaran ongkos kirim yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah serta berat barang yang dikirimkan.

Cara Import Mainan dari China

Melakukan import mainan dari China harus melalui serangkaian cara tepat agar aman secara hukum dan menguntungkan untuk Anda selaku pebisnis. Langkah-langkah import mainan dari Negeri Tirai Bambu tersebut bisa menggunakan prosedur berikut:

1.     Mencari Pemasok Terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari pemasok yang sesuai dengan barang yang Anda ingin beli. Untuk menentukan pemasok ini akan lebih efektif jika Anda sudah memiliki gambaran terkait jumlah barang yang akan dibeli.

Lebih baik menawarkan produk terlebih dahulu lalu mencari tahu sebanyak apa peminat terhadap produk tertentu. Setelah dapat pemesan, minta uang muka lalu lakukan pemesanan ke pemasok di China.

2.     Tentukan Jumlah Produk

Setelah menemukan pemasoknya, tentukan jumlah produk yang akan dibeli, ini juga berhubungan dengan jumlah pemesan. Misal, Anda mendapatkan pesanan untuk mainan A sebanyak 100 buah, bisa pesan 150 buah.

Baca Juga :  Syarat dan Alur Proses BPOM Barang Impor

Seratus mainannya sudah memiliki pembeli jelas, sementara sisa 50 buah mainannya bisa dipublikasikan dan ditawarkan sebagai barang ready stock. Bedakan harga pra pesan dengan harga barang ready stock untuk menarik orang mau memesan lebih dulu di kemudian waktu.

3.     Cari Layanan Forwarder

Terakhir, setelah menemukan pemasok dan menentukan jumlah produknya maka bisa tentukan jasa forwarder secara tepat. Jasa forwarder ini bisa melalui jalur laut atau udara dengan penawaran harga ongkos kirim berbeda.

Lebih murah menggunakan jalur laut, namun dari segi waktu lebih efisien menggunakan jalur udara. Komunikasi yang baik dengan pembeli akan melancarkan proses pengiriman barang termasuk apabila ada kendala telat sampai.

Syarat Beli Barang Import

Sebelum melalui berbagai langkah import mainan dari China, Anda harus tahu dan memenuhi berbagai syarat yang berlaku di Indonesia. Anda bisa menjadi importir sukses yang memenuhi kebutuhan bermain anak Indonesia dengan memperhatikan syarat berikut:

1.     Memenuhi Izin Import

Syarat pertama untuk semua jenis produk import, termasuk mainan adalah izin dari Kementerian Perdagangan Indonesia. Sebagai perusahaan, Anda wajib terdaftar secara resmi di Indonesia sehingga kegiatan jual belinya bisa dijamin legalitasnya.

2.     Memiliki Sertifikat Halal

Sertifikat halal adalah hal wajib untuk seluruh produk yang bisa masuk ke Indonesia. Halal pada mainan ini memastikan material dan berbagai komponen pembuat mainannya bebas dari kandungan yang diharamkan, seperti minyak babi atau alkohol dengan kadar tertentu.

3.     Memiliki Sertifikat Kesehatan

Sertifikat kesehatan untuk mainan menjadi poin penting berikutnya yang wajib ada demi menjamin keamanan anak saat bermain. Aspek kesehatan bisa dinilai dari ada tidaknya serbuk berbahaya dari mainannya atau ada tidaknya bau berbahaya dari mainan tersebut.

Baca Juga :  Definisi Dwelling Time Pelabuhan

Setelah memenuhi berbagai syarat di atas barulah Anda bisa memproses pengiriman barang dari China ke Indonesia. Memastikan semua poin terpenuhi menjamin kenyamanan dan keamanan anak saat bermain.

Aturan Pajak Barang Import

Segala barang import yang masuk ke Indonesia akan dikenakan pajak dengan jumlah beragam. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK010/2019 menetapkan bea masuk dan pajak import sebesar 17,5 persen untuk harga barang di atas 3 USD.

Total 17,5 persen tersebut merupakan gabungan dari PPN sebesar 11 persen dan bea sebesar 7,5 persen, sementara total PPh masih gratis. Besaran pajak dan bea yang harus dibayarkan ini menentukan total transaksi akhir yang harus Anda kirimkan ke pemasok.

Informasi mengenai besaran pajak dapat menjadi referensi dalam mengalkulasi jumlah transaksi dari setiap paket. Meskipun berdasarkan cara import mainan dari China di atas, urusan total transaksi akhir ini sepenuhnya diatur langsung oleh forwarder.

Nah demikian penjelasan tentang cara impor mainan dari China, Jika kalian masih memiliki pertanyaan mengenai bagaimana cara import barang dari China atau memiliki kebutuhan Import barang lain? Silahkan menghubungi kami, kami akan membantu kebutuhan belanja dan pembayaran anda dengan mudah dan aman. Konsultasikan kebutuhan import barang anda secara gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang