Alibaba dan 1688 Mana Lebih Terpercaya?

Jika Anda ingin impor barang dari China dan bingung antara beli barang di 1688 vs Alibaba, simak perbandingan dalam artikel ini. Keduanya adalah marketplace yang berbasis di China dan cukup terkenal dalam pasar impor ekspor di dunia, salah satunya oleh banyak pengusaha di Indonesia.

 

Pertimbangkan Beli Barang di 1688 Vs Alibaba

Kedua marketplace tersebut sebenarnya berada dalam satu naungan perusahaan besar yang sama, yaitu Alibaba Group. Namun tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk belanja. Apalagi jika untuk belanja grosir, maka perlu dipikirkan betul mana yang paling cocok.

Oleh karena itu, Anda harus menyimak perbandingan antara dua marketplace tersebut melalui beberapa kategori yang akan dijelaskan berikut ini.

 

1.     Perbandingan Harga Barang

Baik Alibaba maupun 1688 sebenarnya cenderung terkenal karena harga barangnya yang murah. Sehingga keduanya cocok untuk kebutuhan belanja dalam jumlah besar atau grosir. Jika dibandingkan dengan marketplace China lain seperti Banggood misalnya, maka 1688 lebih unggul dalam hal harga yang lebih terjangkau.

Namun harga yang ditawarkan Alibaba juga tidak kalah terjangkau, cocok juga untuk grosir. Keduanya memiliki keunikan dalam menghitung jumlah barang dan harga, karena semakin banyak barang yang Anda beli, akan semakin murah harganya.

Misalnya untuk harga satuan alat elektronik adalah Rp 100.000, namun jika Anda membeli sebanyak 10 alat, harganya bisa menjadi RP. 60.000 saja. Itulah mengapa banyak perusahaan yang menggunakan kedua marketplace tersebut untuk belanja barang dalam jumlah besar.

Baca Juga :  Cara Bayar Belanja Online di Taobao dan 1688

 

2.     Perbandingan Variasi Produk

Dalam hal ini, karena Alibaba merupakan marketplace terbesar di China dan sudah ada lebih dulu, maka ia unggul dalam variasi produk. Namun produk yang ada di 1688 juga tidak kalah banyak, Anda bisa menemukan segala jenis produk pada marketplace ini.

Di Alibaba, terdapat banyak supplier yang dapat Anda bandingkan harganya untuk mendapatkan yang harganya paling murah dan kualitasnya paling baik. Anda juga bisa bernegosiasi untuk mendapatkan potongan harga dari produk yang Anda beli.

Untuk 1688, mungkin belum ada supplier sebanyak di Alibaba, namun marketplace ini cocok untuk Anda yang sedang mencari barang-barang unik. 1688 bahkan kerap disebut sebagai penyedia barang-barang unik yang anti mainstream atau jarang ada di Indonesia.

Pasalnya, di 1688 juga banyak ditemukan barang-barang yang discontinued atau yang sudah tidak diproduksi lagi oleh vendornya. Jadi Anda bisa mendapatkan barang-barang langka seperti merchant, homemade goods, dan barang-barang dari industri kecil di China.

 

3.     Ketentuan Jumlah Barang

Jika dalam hal ketentuan jumlah barang yang boleh dibeli di 1688 maupun di Alibaba, keduanya memiliki fokus yang berbeda. Karena Alibaba memang hanya melayani untuk kebutuhan belanja dalam jumlah besar, sehingga tidak bisa dalam jumlah yang kecil.

Jika Anda ingin belanja untuk keperluan bisnis, maka bisa menggunakan Alibaba yang menyediakan barang dalam jumlah grosir yang sangat besar. Karena untuk pembelian dalam jumlah kecil sendiri, Alibaba sudah membangun AliExpress (Turunan dari Alibaba).

Sedangkan untuk 1688, kelebihannya adalah menyediakan layanan untuk jumlah kecil, bahkan untuk keperluan individu. Jadi tidak harus beli dalam jumlah grosir jika ingin belanja di 1688 ini, jumlah berapapun bisa.

Baca Juga :  Jasa Forwarder Terpercaya

Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan marketplace mana yang bisa sesuai dengan kebutuhan belanja Anda. Perlu diingat juga, kalau harga yang dijual dalam jumlah kecil biasanya tidak semurah jika Anda beli dalam jumlah grosir.

 

4.     Metode Pembayaran

Dalam hal ini, Alibaba memang memiliki beberapa variasi cara, yaitu bisa menggunakan kartu kredit atau debit Visa Mastercard, maupun kartu American Express, sehingga Anda lebih mudah dalam pembayaran di Alibaba.

Sedangkan di 1688, cara pembayarannya masih terbatas, yaitu antara menggunakan Alipay yang terhubung dengan bank-bank di China. Namun kini Anda bisa menggunakan perantara dari Indonesia untuk melakukan pembayaran ke 1688 tanpa memiliki Alipay.

 

Kesimpulan

Pada Akhirnya, beli barang di 1688 vs Alibaba sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih dimana tempat Anda akan belanja dengan menyesuaikan pada kebutuhan Anda dalam berbelanja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang