Apakah itu MOQ Alibaba ?

Dalam cara membeli barang di Alibaba, kita akan menemukan istilah MOQ. Apakah arti dari MOQ tersebut ?. MOQ merupakan singkatan dari Minimum Order Quantity atau Jumlah minimum order yang harus dipenuhi jika kita ingin membeli sebuah barang, di Alibaba.

Jadi di Alibaba, setiap penjual akan menentukan MOQ atas setiap barang yang mereka tawarkan. MOQ ini akan berbeda beda antara barang yang satu dengan barang lainnya. Dengan menetapkan MOQ tertentu, setiap penjual minta kepada pembeli untuk membeli sejumlah minimum barang sesuai MOQ yang mereka tetapkan.

Sebagai contoh dalam foto dibawah ini. Nampak bahwa dalam produk yang ditawarkan dalam listing tersebut, seller menetapkan Minimum Ordernya adalah 50 Unit. Jadi jika kita ingin membeli barang tersebut, harus membeli minimum 50 unit, atau lebih.

Minimum Order Quantity ditetapkan, karena umumnya di Alibaba menerapkan system penjualan Business to Business (B2B), dimana mayoritas penjual merupakan produsen atau distributor besar yang menjual secara partai besar.

Apakah semua MOQ berjumlah besar ? Jawabannya adalah tidak. Banyak juga MOQ satuan, artinya penjual menetapkan kita boleh membeli dalam jumlah 1 Unit saja. Ini biasanya untuk barang barang berukuran “besar” atau dengan harga yang “lumayan mahal”. Bisa juga minimum Quantity kecil / satuan ditetapkan oleh penjual yang merupakan produsen / distributor kecil atau yang bersifat masih baru, jadi mencari pelanggan.

Pertanyaan lain adalah, apakah kita bisa membeli barang dalam jumlah dibawah MOQ Alibaba ?. Pengalaman saya selama ini mengatakan, bisa. Caranya adalah kita melakukan negosiasi dengan penjual, dan mengatakan ingin membeli barang, tetapi dalam jumlah lebih sedikit dari MOQ mereka. Alasan yang sering saya gunakan adalah, ingin membeli beberapa unit untuk kita test sebagai sample, dimana apabila barang hasilnya bagus, akan membeli dalam jumlah lebih besar dikemudian hari.

Baca Juga :  Perbedaan Kontainer 40 FT dan 40 HC

MOQ Alibaba sendiri sebenarnya tidak hanya terbatas pada minimum barang yang dibeli secara umum. Biasanya penjual juga akan menetapkan MOQ lain, misalnya :
– MOQ Customize. Artinya kita bisa membuat produk secara customized dengan MOQ tertentu. Jadi misalnya MOQ secara umum misalnya 50 unit. Maka biasanya MOQ Customize ini ditetapkan lebih tinggi. Misalnya 500 unit. Contoh MOQ Customize, adalah jika kita memesan barang secara customs desain, customs merk dengan merk kita sendiri, customs packaging, dan lain lain.

Nah, demikianlah penjelasan tentang Minimum Order Quantity di Alibaba. Jika ada pertanyaan megenai hal hal terkait cara belanja di Alibaba atau cara import barang dari China secara umum, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah, belajar import barang dari China, secara gratis. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang