Apa itu Verfied Supplier di Alibaba ?

Dalam cara import barang dari alibaba, kita sering mendengan istilah Verified Supplier. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Verified Supplier ini ?.

Di Alibaba, ada beberapa jenis atau kategori penjual (supplier) yang perlu kita ketahui. Kategori kategori tersebut dikelompokkan menjadi beberapa type, berdasarkan hasil Autentifikasi dan Verifikasi yang telah dilakukan untuk memastikan bahwa penjual tersebut termasuk dalam kategori “aman” dan memiliki kualitas tinggi, untuk menjamin keamanan transaksi dan menjamin kepuasan pelanggan (pembeli).

Proses autentifikasi dan verifikasi ini bisa dilakukan oleh pihak ketiga yang sangat terpercaya dan memiliki reputasi internasional dalam hal standarisasi, yaitu SGS dan TUVRheinland.

Nah, Penjual dengan kategori Verified Suplier bisa dikatakan sebagai penjual dengan kasta tertinggi di Alibaba. Penjual tipe ini telah lolos verifikasi, mulai dari kunjungan ke lokasi kantor / pabrik, untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut memang ada secara fisik. Lolos verifikasi perizinan yang diperlukan sesuai aturan yang berlaku, serta memiliki standar produksi, hasil serta kualitas produk yang terstandar dengan jelas. Intinya, Alibaba berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan ke pembeli, bahwa penjual kategori Verified Suplier, bisa dipercaya dan aman untuk melakukan transaksi dengan mereka.

Adapun beberapa hal yang di verifikasi untuk menjadi verified supplier adalah sebagai berikut :

  • Company profile penjual yang bersangkutan
  • Produk
  • Pengalaman ekspor
  • Fasilitas Riset dan pengembanga
  • Kemampuan dalam melayani pelanggan
  • Kemampuan rantai pasokan
  • Kapasitas produksi
  • Manajemen mutu
  • Layanan purna jual

Penjual dengan kasta Verified Suplier bisa diketahui dengan melihat emblem “Verified Suplier”, yang bisa ditemukan di halaman pencarian, Halaman produk yang dijual dan di halaman profil supplier yang bersangkutan. Berikut adalah Contoh Emblem yang bisa kita temukan di Alibaba.

Baca Juga :  Toko Online Yang Digunakan Untuk Membeli Barang Luar Negeri

apa itu penjual verified supplier alibaba

Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah, apakah penjual Alibaba dalam kategori Verified Suplier sudah pasti 100 % aman ?. Menurut pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman belanja di Alibaba selama ini, saya menemukan memang mereka lebih professional dan bisa dipercaya dibandingkan penjual biasa yang belum melewati tahap autentifikasi dan Verifikasi. Namun demikian untuk menjawab apakah pasti 100 % aman ?, saya kira di dunia bisnis jual beli online tidak ada yang bisa memastikan demikian. Tetapi setidaknya dengan status Verified Suplier, kita terlepas dari kemungkinan bertemu dengan penjual abal abal yang bisa saja menimbulkan transaksi yang kurang aman.

Lalu pertanyaan lainnya adalah, apakah kita jangan bertransaksi dengan penjual yang tidak memiliki emblem Verified supplier ?. Jawabannya adalah tidak juga. Karena selain Kategori Verified Suplier, di Alibaba juga ada kategori seller dengan kategori “Onsite Check”, yang menurut pengalaman saya pribadi, juga sangat bisa dipercaya. Penjelasan lebih lanjut mengenai penjual kategori Onsite Check ini, akan kita bahas di artikel berikutnya.

Demikianlah pembahasan tentang penjual Verified Supplier di Alibaba. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, atau anda ingin bertanya mengenai cara belanja di Alibaba atau dari China lainnya, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan online gratis bagi anda yang ingin berkonsultasi lebih lanjut. Silahkan klik icon whatsapp dibawah ini untuk menghubungi kami. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang