Apakah Alibaba Bisa Kirim ke Indonesia ?

Ketika membahas tetang cara belanja atau membeli barang dari Alibaba, banyak pertanyaan tentang apakah Alibaba bisa kirim ke Indonesia ?. Nah dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai jawabannya.

Sebagaimana kita ketahui, Alibaba telah menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia. Marketplace besutan Jack Ma dan berasal dari China ini telah menjadi banyak tujuan orang di seluruh dunia untuk mencari dan membeli barang, terutama barang pdroduksi dari China.

Di Alibaba kita bisa menemukan ribuan jenis barang unik, kreatif dan menarik yang ditawarkan oleh ribuan penjual dari China. Nah buat kita yang ingin membuka peluang bisnis impor barang dari China, ini merupakan tempat yang tepat bagi kita untuk mendapatkan pemasok yang kita butuhkan.

Sebagaimana diketahui, secara umum Alibaba menjalankan bisnis dalam bentuk B2B, atau Business to Business. Artinya disana mempertemukan pengusaha dengan pengusaha. Dimana implementasinya adalah mereka menawarkan menjual barang dalam bentuk grosir atau partai relative besar.

Nah menjawab pertanyaan diatas, apakah Alibaba bisa kirim ke Indonesia, maka bisa dijelaskan sebagai berikut.

  1. Dalam hal ini, Alibaba bertindak sebagai marketplace atau pihak ketiga yang mempertemukan dan menfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Artinya barang yang diperjual belikan di Alibaba itu merupakan milik penjual sepenuhnya. Jadi sebenarnya kurang tepat jika ada istilah Alibaba bisa kirim barang ke Indonesia atau tidak ?. Karena faktanya barang dimiliki oleh seller, jadi sellerlah yang bertanggung jawab untuk mengirimkan barang kepada pembeli.
  2. Dalam hal kebijakan secara umum, Alibaba menyediakan opsi pengiriman secara internasional. Artinya penjual diberikan kebebasan untuk mengirimkan barang ke dalam negeri China ataupun keluar negeri China, termasuk Indonesia. Nah, dalam ruang lingkup ini, bisa saya jelaskan bahwa Alibaba “bisa kirim” ke Indonesia
  3. Metode pengiriman barang yang di jual di Alibaba dari China ke Indonesia, bisa saya kelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
  4. Pengiriman langsung ke Indonesia. Dalam hal ini penjual akan mengirimkan langsung barang dari Alamat mereka ke Alamat pembeli di Indonesia. Pada umumnya metode pengiriman yang tersedia adalah melalui pos (EMS), DHL, Fedex, Aramex, UPS dan sejenisnya. Untuk pemilihan metode ini, bisa dibahas sebelumnya dengan seller, sebelum kita melakukan transaksi. Dengan metode pengiriman langsung ini, biasanya digunakan metode pengiriman express, dimana rata rata waktu yang dibutuhkan sekitar 1 Mingguan sejak seller mengirimkan barangnya dari China. Dengan pengiriman ini, nanti Ketika barang sampai Indonesia, kita akan dikenakan kewajiban membayar pajak dan bea masuk sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Pengiriman menggunakan skema forwarder. Dalam skema ini, maka penjual di China hanya perlu mengirimkan barang ke Gudang forwarder di China. Selanjutnya pihak Perusahaan forwarder akan mengirimkan barang ke Indonesia, mengurus hal hal terkait kepabeanannya, dan lain lain. Dan setelah semua urusan selesai, mereka akan mengirimkan ke Alamat kita sebagai pemilik barangnya. Dengan skema ini, maka biaya forwarder yang kita bayarkan, sudah termasuk pembayaran pajak dan lain lain.
Baca Juga :  Jasa Top Up Alipay Solusi Mudah untuk Pembayaran Internasional

Nah, dengan menyimak penjelasan diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa Alibaba bisa kirim barang ke Indonesia, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Buat teman teman yang ingin memulai bisnis impor barang dari China, tetapi masih bingung harus bagaimana caranya ? silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang