Apakah 1688 dan Taobao Sama ?

Apakah 1688 dan Taobao sama? Jika itu adalah pertanyaan Anda, maka jawabannya adalah tidak. Meskipun keduanya sama-sama merupakan marketplace asal negeri China dan didirikan oleh Alibaba Group, namun keduanya memiliki pasar yang berbeda.

Apakah 1688 dan Taobao Sama?

Secara singkat, Taobao merupakan marketplace menggunakan bahasa Mandarin yang hampir serupa dengan situs marketplace lokal seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya. Taobao sendiri berdiri sejak tahun 2003 dan telah memiliki ratusan miliar produk dengan harga murah. Situs Taobao ini lebih cocok untuk Anda yang ingin membeli produk secara retail.

Sedangkan situs 1688 merupakan sebaliknya. Sama-sama marketplace di bawah naungan Alibaba Group dan menggunakan bahasa Mandarin, namun keduanya menargetkan pasar yang berbeda. Jika Taobao cocok untuk belanja retail, maka situs 1688 ini lebih cocok untuk Anda yang ingin berbelanja secara grosir.

Apa Kelebihan dan Kekurangan 1688?

Sebagai perbandingan antara kedua situs marketplace asal China ini, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari situs 1688.

Kelebihan 1688

Pertama-tama kita akan membahas apa saja kelebihan dari situs marketplace 1688. Berikut ini adalah beberapa kelebihan berbelanja di situs 1688 yang bisa Anda rasakan.

  • Situs 1688 ini menawarkan beragam produk dengan harga yang terjangkau terutama jika Anda melalukan pembelian dalam jumlah besar,
  • Meskipun dengan harga yang murah namun kualitas produk yang ditawarkan masih tetap berkualitas dan bisa diandalkan,
  • Produk variatif dan memiliki banyak pilihan beragam sehingga Anda bisa mengeksplor banyak jenis produk yang menarik,
  • Tepercaya dan aman karena pembayaran tidak langsung diterima oleh penjual melainkan masuk ke sistem 1688 terlebih dahulu,
  • Cocok untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak atau secara grosir.
Baca Juga :  Beli Barang di 1688 Untuk Resell di Indonesia

Kekurangan 1688

Setelah mengetahui apa saja kelebihan 1688, berikut ini adalah beberapa kekurangannya yang perlu Anda ketahui sebelum berbelanja.

  • Halaman situs 1688 menggunakan aksara Mandarin yang tidak semua orang pahami sehingga akan sulit untuk mengaksesnya,
  • Kebanyakan penjual tidak menggunakan bahasa Inggris atau bahkan bahasa Indonesia sehingga Anda mungkin akan kesulitan berkomunikasi dengan penjual melalui fitur chat,
  • Kesulitan dalam komunikasi ini juga bisa menyebabkan kesulitan melakukan transaksi karena keterbatasan bahasa,
  • Karena merupakan pasar daring domestik China, maka Anda perlu melakukan pembayaran menggunakan akun bank China atau menggunakan jasa agen.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Taobao?

Jika ingin membandingkan mana yang lebih baik antara kedua marketplace, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah kelebihan dan kekurangannya. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Taobao?

Kelebihan Taobao

Pertama-tama kita akan membahas apa saja kelebihan dari situs marketplace ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan berbelanja di situs Taobao yang bisa Anda rasakan.

  • Menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada situs berbelanja daring lainnya karena persaingan penjual yang sangat ketat,
  • Produk yang variatif dan beragam membuat Anda memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan,
  • Cocok untuk melakukan pembelian secara retail.

Kekurangan Taobao

Jika sudah mengetahui apa saja kelebihan berbelanja di Taobao, maka berikut ini adalah beberapa kekurangan yang juga perlu Anda ketahui.

  • Situs menggunakan aksara Mandarin yang tidak semua orang pahami sehingga banyak yang merasa kesulitan mengaksesnya,
  • Kesulitan berkomunikasi dengan penjual melalui fitur chat karena keterbatasan bahasa, kebanyakan penjual merupakan warga lokal yang kurang mengerti bahasa Inggris,
  • Selain kesulitan berkomunikasi, Anda mungkin juga akan kesulitan bertransaksi karena keterbatasan bahasa,
  • Kesulitan bertransaksi yang lainnya adalah Anda perlu melakukan pembayaran menggunakan akun bank China,
  • Penjual Taobao sering kali tidak melakukan update pada etalase produk yang dijual sehingga ketersediaan antara stok produk di situs dan real time bisa jadi berbeda.
Baca Juga :  Mengenal 5 Aplikasi Import Barang dari China

Kesimpulan

Jadi, itulah tadi beberapa perbedaan mulai dari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing situs marketplace di bawah naungan Alibaba Group ini. Jika Anda masih tetap ingin berbelanja menggunakan situs 1688 atau Taobao, maka Anda bisa menggunakan bantuan Google Translate. Baik untuk mengakses halaman situs maupun berkomunikasi dengan penjual menggunakan bahasa Mandarin.

Dan sebagai catatan yang perlu Anda perhatikan, pastikan untuk membaca dan mengecek ulang kepada penjual mengenai detail dan ketersediaan produk. Hal ini untuk memastikan produk sesuai dan tersedia sebelum melakukan pembayaran atau check out. Pastikan juga untuk melihat ulasan dari pembeli lain untuk memastikan kondisi produk.

Setelah membaca penjelasan di atas, semoga cukup untuk menjawab pertanyaan Anda terkait apakah 1688 dan Taobao sama atau berbeda. Sekali lagi, keduanya memang sama-sama berasal dari China dan berada di bawah naungan Alibaba Group, namun keduanya memiliki target pasar yang berbeda tergantung dengan kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin melakukan pembelian secara grosir maka 1688 lebih cocok, sedangkan jika retail maka lebih baik di Taobao.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang