Alasan Kenapa Harga Produk Impor Lebih Murah di Indonesia

Pernahkah Anda berpikir kenapa harga produk impor lebih murah dibanding produk-produk lokal Indonesia? Ada berbagai alasan yang membuat produk impor dijual dengan harga yang lebih murah dibanding produk lokal. Dalam hal ini, kami akan membagikan alasan-alasan yang membuat produk impor memiliki harga yang murah.

Kenapa Harga Produk Impor Lebih Murah Dibanding Produk Lokal?

Harga produk impor yang lebih murah dibanding produk lokal Indonesia sering membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa produk sebagus itu dijual dengan harga yang sangat murah? Namun, tentu penjual produk impor tersebut telah memperhitungkan potensi keuntungan yang bisa didapatkannya.

Biasanya, produk-produk impor yang memiliki harga murah seperti ini berasal dari China. Seperti yang sudah banyak orang tahu produk-produk China memiliki kualitas yang cukup bagus, tapi harganya bisa jauh lebih murah dibanding produk lokal. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat produk impor dari China memiliki harga yang murah:

1.     Tidak Ada Pungutan Liar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah menyebutkan bahwa salah satu alasan kenapa produk impor bisa memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding produk lokal adalah, karena negara yang memproduksi barang tersebut tidak memiliki sistem pungutan liar. Sebab, pungutan liar dapat membuat proses produksi membutuhkan biaya yang lebih besar.

Umumnya, produk murah dihasilkan dari negara yang efisien dalam segala halnya. Hal ini terjadi karena efisiensi dalam proses pembuatan suatu barang dapat berpengaruh terhadap harga yang akan ditawarkan. Efisiensi ini bisa didapatkan dari banyak hal, seperti efisiensi distribusi teknologi yang bagus, harga listrik yang lebih terjangkau, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Barang Impor China Yang Laku Keras di Indonesia

2.     Harga Material yang Lebih Terjangkau

Alasan kedua yang membuat produk impor memiliki harga yang murah adalah karena harga material yang digunakan cenderung lebih terjangkau. Ini menjadi alasan terbesar kenapa produk impor dari China memiliki kualitas yang memadai namun harganya tidak mahal. Sebab, harga material di pabrikan China dapat dipesan dalam volume tinggi dan harganya bisa ditekan serendah mungkin.

Meski tidak semua produk China memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding produk lokal Indonesia, tapi hampir sebagian besar produk dari China memiliki harga yang lebih menarik. Hal ini tidak akan terlihat mengherankan jika Anda mengetahui berapa harga material dari setiap barang yang dijual di China.

3.     Peraturan Pemerintah yang Berlaku

Setiap negara pasti memiliki peraturan perdagangan dari pemerintah yang berbeda-beda. Penting untuk diketahui oleh banyak orang bahwa salah satu alasan kenapa produk impor memiliki harga yang murah adalah karena pemerintah memberikan subsidi khusus. Ya, pemerintah Indonesia menerapkan pola subsidi tertentu pada produk impor.

Namun, peraturan ini mungkin bisa berubah sewaktu-waktu, karena semua tergantung pada pemerintah yang sedang menjabat di periode tersebut. Hanya saja, pemerintah Indonesia sering memberikan subsidi terhadap produk-produk impor, sehingga hal ini membuat harganya lebih murah dibanding produk lokal.

4.     Adanya Strategi Dumping

Apa yang dimaksud dengan strategi dumping dalam dunia bisnis? Orang-orang yang masih awam dengan dunia pemasaran bisnis pasti belum pernah mendengar tentang istilah ini, tapi bagi orang-orang yang sudah tidak asing dengan dunia pemasaran bisnis pasti sudah pernah mendengar tentang istilah tersebut.

Strategi dumping merupakan strategi yang sering digunakan oleh beberapa pelaku usaha di luar negeri dengan menjual produk yang harganya cenderung murah. Tentu harga murah ini ditentukan setelah pelaku usaha memperhitungkan keuntungan yang dapat diperolehnya.

Baca Juga :  Memahami Mata Uang dan Pembayaran di Taobao.com

Negara yang dapat memproduksi suatu barang dengan mudah bisa menawarkan harga yang murah tanpa harus mengkhawatirkan kerugian yang mungkin terjadi di masa depan. Biasanya, negara produsen akan lebih sering memberikan harga yang lebih murah dibanding negara-negara lainnya.

5.     Kedekatan Personal yang Berbeda

Produk impor dikirim langsung dari luar negeri dan tidak ada kedekatan personal antara pemilik usaha dan pelanggannya di sini. Hal ini berbeda dengan ketika Anda membeli barang yang diproduksi langsung dari Indonesia, maka Anda bisa menanyakan banyak hal tentang barang tersebut kepada pemilik usahanya.

Dengan komunikasi yang terjadi di antara pemilik usaha dan pelanggan ini, biasanya dapat membuat pelanggan lebih mudah untuk meyakinkan diri akan membeli produk tersebut atau tidak. Namun, produk impor akan menarik perhatian lebih banyak pelanggan dengan harga yang murah tanpa memperhatikan kualitas komunikasinya dengan pelanggan.

Setelah mengetahui kenapa harga produk impor lebih murah dibanding produk lokal, Anda jadi tidak perlu ragu untuk membeli produk dari luar negeri. Sebab, harga yang murah ini tidak membuat kualitas produknya jelek dan ada beberapa produk impor dengan harga murah lainnya yang memiliki kualitas tidak kalah dari produk lokal. Jadi, semua tergantung pada keputusan pelanggan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang