5 Komoditas Import Barang China beserta Keuntungannya

Sebagian orang mungkin masih merasa asing ketika mendengar tentang komoditas import barang China. Tidak jauh berbeda dengan komoditas import barang dari negara lainnya, komoditas import dari China dapat diartikan sebagai jenis barang yang dibeli oleh suatu negara dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan domestik negaranya. Lantas, apa saja contohnya?

5 Komoditas Import Barang China di Indonesia

Untuk mendapatkan akses terhadap beberapa jenis barang yang tidak ada di suatu negara, biasanya pemerintah setempat akan memilih untuk melakukan komoditas import seperti ini. Dari sekian banyak negara yang ada, China adalah salah satu negara yang sering dipilih oleh Indonesia untuk melakukan proses komoditas import.

Ada beberapa jenis komoditas dari China yang diimpor ke Indonesia dan jumlahnya tidak tergolong sedikit. Tak perlu membahas hal lainnya lagi, berikut adalah daftar komoditas import China yang ada di Indonesia:

1.     Peralatan Listrik

Sejak dulu hingga sekarang Indonesia masih sering mengimpor peralatan listrik dari China, karena memang produk ini cukup jarang di Indonesia. Tidak hanya peralatan luarnya saja, tapi Indonesia juga sering mengimpor mesin listrik dari China untuk memenuhi kebutuhan domestiknya.

2.     Bahan Kimia Organik

Selain peralatan listrik, Indonesia juga tidak jarang mengimpor bahan kimia organik dari China. Ada beberapa alasan yang membuat Indonesia akhirnya memilih untuk mengimpor bahan kimia organik dari China, dan salah satu di antaranya adalah karena China merupakan negara dengan bahan kimia organik terbesar. Jadi, tak heran jika bahan kimia organik termasuk salah satu komoditas import barang dari China di Indonesia.

Baca Juga :  Strategi Efektif Import Barang dari China ke Indonesia

3.     Besi dan Baja

Besi dan baja merupakan jenis material yang paling sering digunakan di Indonesia. Tidak hanya bisa digunakan untuk membangun sebuah properti saja, tapi material ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Namun, beberapa tahun belakangan ini nilai impor produk besi dan baja dari China mengalami penurunan.

Sebab, Indonesia mulai mengandalkan negara lainnya seperti Korea Selatan, Jepang, India, dan negara-negara lainnya. Meski begitu, China tetap masih menjadi negara import pertama yang dipilih oleh Indonesia.

4.     Peralatan Mekanis

Jenis komoditas barang China selanjutnya yang diimpor oleh Indonesia adalah peralatan mekanis. Indonesia memang masih membutuhkan peralatan mekanis dari China untuk memenuhi kebutuhan domestiknya. Selain itu, China juga menawarkan harga yang lebih murah dibanding negara lainnya, sehingga ini bisa menjadi keuntungan bagi pemerintah Indonesia.

5.     Kendaraan dan Suku Cabangnya

Mayoritas kendaraan China yang diimpor ke Indonesia adalah mobil dan motor. Namun, bukan berarti China hanya mampu mengimpor mobil dan motor saja ke Indonesia. Masih ada beberapa jenis kendaraan lainnya yang pernah diimpor ke Indonesia dan jumlahnya pun tidak sedikit. Sebab, kendaraan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang di Indonesia.

Keuntungan Import Barang dari China

Harga yang murah adalah keuntungan yang paling terlihat jelas ketika seseorang atau suatu organisasi membeli barang dari China. Namun, sebenarnya masih ada beberapa jenis keuntungan lainnya yang membuat seseorang lebih yakin untuk import barang dari China, dan berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kualitas barang tergolong bagus dengan harga yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan produk sejenis dari negara lainnya, kualitas produk China tidak jauh berbeda. Namun, harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah dibanding produk dari negara lainnya.
  • Bisnis import barang dari China cenderung mudah berkembang di setiap waktu. Dengan perkembangan bisnisnya yang terus meningkat seperti ini, Anda bisa meraih keuntungan yang lebih besar.
  • Produk yang ditawarkan cenderung memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya langka. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa produk dari China semakin diminati oleh sebagian orang di Indonesia.
Baca Juga :  5 Kelebihan AliExpress Import Barang ke Indonesia

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja komoditas import barang China yang dikirim ke Indonesia. Tujuan utama dari dilakukannya aktivitas komoditas import ini adalah untuk memenuhi kebutuhan domestik yang hanya tersedia di negara lain. Tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah setempat, tapi aktivitas komoditas import ini juga bisa dilakukan oleh suatu perusahaan tertentu.

Jika kalian masih memiliki pertanyaan seputar Import barang dari China, Kalian bisa langsung menghubungi kami, kami akan membantu kebutuhan belanja anda dari proses awal sampai akhir. Konsultasikan kebutuhan import anda secara gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang