Tips Sukses Import Barang dari China Bagi Pemula

Setelah dalam postingan sebelumnya saya uraikan mengenai Cara import barang dari China dan Langkah Langkah import barang dari China, maka dalam posting kali ini, saya akan menjelaskan beberapa tips yang bisa diikuti bagi anda pemula yang ingin sukses dalam bisnis impor barang unik dan murah dari China.

Tips Sukses Import Barang dari China Bagi Pemula

Ada banyak tips yang sudah di share orang di blog atau media sosial milik mereka. Tetapi dalam posting kali ini saya akan membagikan Tips khusus dari saya berdasarkan oengalaman membantu proses import barang pesanan customer selama lebih dari 8 tahun.

1.      Lakukan Segera, Jangan Tunggu Nanti Nanti

Jika anda mempunyai keinginan untuk memulai bisnis import barang China, maka tips pertama yang harus anda lakukan adalah, Mulailah segera. Dalam keadaan apapun. Dengan memulai segera, maka anda akan langsung berhadapan dengan situasi “praktek lapangan”. Dengan langsung mempraktekkan, maka anda akan menemui “masalah” lalu akan ketemu cara penyelesaiannya. Cara belajar terbaik adalah dengan langsung mulai mempraktekkan. Jangan tunggu anda bisa dan belajar teori saja. Karena kalau anda menunggu sampai bisa secara teori, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa prakteknya. Dan akibatnya anda akan mulai terserang kemalasan, dan cita cita bisnis anda gagal sebelum memulai. Kesimpulan ini saya ambil dari pengalaman menghadapi customer yang memiliki mimpi bisnis impor dari China, tetapi kebanyakan mereka gagal karena tidak pernah memulai dengan segera. Jadi Tips pertama dan ini menjadi kunci keberhasilan anda adalah : Lakukan segera, jangan tunggu nanti nanti.

2.      Belilah barang yang anda kuasai dengan baik

Ketika anda memutuskan untuk memulai, maka Tips selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah, pilihlah barang yang sekiranya anda kuasai dengan baik. Karena dengan menguasai barang tersebut, maka anda akan lebih mudah menjualnya Kembali di Indonesia, untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Beberapa saran terkait dengan barang yang harus dipilih ini adalah :

  • Pilihlah barang yang memiliki kaitan dengan pekerjaan anda
  • Pilihlah barang yang memiliki kaitan dengan kesukaan atau Hobby kalian
  • Pilihlah barang yang selama ini sudah anda jual di Indonesia
Baca Juga :  Mengenal Fitur Pembayaran Menggunakan WeChat Pay

Disamping itu, anda juga harus menghindari beberapa hal berikut ini, terkait pemilihan jenis barang yang mau dibeli :

  • Jangan pilih barang yang disini sudah banyak penjualnya dimana mana, alias barang pasaran
  • Jangan pilih barang yang berukuran besar dan berat
  • Jangan pilih barang yang harga jual di Indonesia sangat murah
  • Jangan pilih barang yang memerlukan izin khusus tertentu dan barang bekas

3.      Pilih Platform Yang Paling Mudah Anda Kuasai

Seperti saya jelaskan di artikel sebelumnya. Untuk import barang dari China ini, kita bisa memilih beberapa platform atau website, seperti Aliexpress, Alibaba, Taobao, 1688 dan lain lain. Nah untuk pemula, saya sarankan pilihlah plaform mana yang mudah anda kuasai. Dengan cara ini, maka anda akan merasa nyaman untuk memulai. Disamping itu, silahkan pertimbangkan platform mana yang paling mudah bagi anda melakukan pembayaran.

Menurut pengalaman saya, tingkat kesulitan belanja barang di China itu bisa diurutkan sebagai berikut (berurutan dari mulai yang paling mudah) :

  1. Aliexpress
  2. Alibaba
  3. Taobao
  4. 1688

Nah, jika anda merasa aliexpress merupakan yang paling nyaman dan mudah, segera lakukan beli barang dari sana. Jika sudah menguasai dengan baik, lalu pindah ke platform lain, sebagai naik level bagi bisnis anda. Tetapi perlu diingat, bahwa ini bukan berarti untuk membatasi diri anda sendiri. Ini sekedar tips untuk membuat anda nyaman dan terbiasa dengan kegiatan import saja. Misalnya anda merasa bahwa ingin langsung mencoba belanja di Taobao / 1688 yang lebih menantang, tentu itu bukan masalah, selama anda merasa senang dan nyaman melakukannya.

4.      Pilih Penjual yang Tepat

Setelah menemukan barang dan platform yang tepat, kini saatnya anda memilih penjual yang tepat. Tepat adalam artian, kita memilih penjual yang memiliki reputasi baik. Dengan memilih penjual yang bereputasi baik, maka kita akan lebih mudah dalam memulai bisnis kita ini.

Memilih seller yang tepat berarti juga telah 50 % menjamin bisnis kita berjalan baik. Artinya kita akan mendapatkan barang yang sesuai keinginan kita, mendapatkan barang yang aman karena penjual yang berpengalaman tau benar bagaimana cara melakukan packing barang. Dan penjual yang tepat juga akan mempermudah kita dalam banyak hal yang nanti akan kita temui Ketika melakukan action bisnis import kita.

5.      Pilih Partner yang Tepat

Ketika anda sudah memutuskan terjun ke bisnis import ini, maka mau tidak mau, anda akan berhubungan dengan pihak lain, untuk mempermudah bisnis anda. Jika bisnis mulai bertambah, dan bisa import dalam jumlah yang lebih banyak, maka anda akan memerlukan bantuan jasa forwarder China Indonesia. Jasa forwarder ini akan membantu anda mengirimkan barang ke Indonesia dengan lebih mudah, praktis dan ekonomis.

Baca Juga :  Cara Import Barang Mudah dari China

Anda juga akan memerlukan bantuan jasa pembayaran yang mungkin akan anda butuhkan untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, paypal atau melalui pembayaran dengan mata uang RMB ( Bank, Alipay, wechatpay dan someone to pay ).

Pilihlah partner jasa forwarder dan jasa pembayaran yang memiliki reputasi baik, pelayanan baik serta tarif dan rate yang bersaing. Dengan memilih partner yang tepat, maka bisnis import anda akan semakin mudah.

6.      Kalkulasi dengan Benar

Setelah menentukan barang yang akan dibeli, serta berkomunikasi dengan penjual. Hal yang perlu anda perhatikan adalah lakukan kalkulasi dengan benar. Hitung semua hal yang terkait dengan rencana import barang tersebut. Mulai dari harga barang, ongkos kirim dari China ke Jakarta, serta ongkos ekspedisi local dari Jakarta sampai ke alamat anda.

Buatlah perincian atau breakdown semua biaya yang timbul, lalu lihat apakah barang tersebut menguntungkan jika akan dijual Kembali di Indonesia ?.

Yakin, itu boleh. Tetapi jangan sampai karena terlampau yakin, anda melupakan tips yang satu ini. Karena sebenarnya ini adalah inti dari kesuksesan bisnis impor anda. Perhitungan Harga pokok yang tepat, lalu penentuan harga jual yang sesuai, merupakan gambaran yang harus jelas, sebelum anda memutuskan membelinya.

7.      Pertimbangkan Faktor Kerusakan Barang

Hal ini sering diabaikan oleh pemula yang ingin memulai bisnis import barang dari China. Harus diketahui, kita membeli barang dari China yang jaraknya sangat jauh dari Indonesia, dan pengirimannya makan waktu yang tidak sebentar. Untuk pengiriman via forwarder udara saja makan waktu sekitar 2 mingguan, dan melalui forwarder laut makan waktu sekitar 4-6 mingguan.

Kita akan menghadapi adanya potensi atau kemungkinan kerusakan barang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal berikut ini

  • Barang rusak akibat cacat produksi dan QC yang kurang baik
  • Barang rusak akibat packing yang tidak baik
  • Kerusakan barang akibat benturan atau perlakuan kurang baik selama pengiriman
  • Kerusakan barang akibat pengiriman ekspedisi local dalam negeri Indonesia

Dengan mempertimbangkan resiko resiko tersebut diatas, maka dalam perhitungan biaya modal atau harga pokok pembelian, anda harus memasukan resiko tersebut. Misalnya kita membeli barang sebanyak 1000 Pcs, mungkin 5 % nya akan mengalamki kerusakan atau ketidaksempurnaan, yang artinya tidak bisa dijual di Indonesia. Atau kalupun bisa dijual, harganya tidak full 100 %.

Nah, demikianlah beberapa tips import barang dari China bagi pemula yang ingin sukses dalam bisnis import barang ini. Jika anda masih bingung mengenai bagaimana dan apa yang harus dilakukan, silahkan menghubungi kami. Kami memberikan konsutasi belajar dan bimbingan bagaimana cara membeli barang dari China. Kami memberikan pembelajaran secara GRATIS. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang