Tips Import Barang dari China Melalui 1688.com

Produk dari China yang terkenal sangat murah, membuka peluang bisnis menjualnya kembali di Indonesia. Banyak markeplace besar China bisa dimanfaatkan, 1688 salah satunya. Berikut Shopping guide tips cerdas beli barang dari 1688 dengan harga murah!

Mengenal Marketplace 1688

1688.com adalah salah satu platform e-commerce terbesar di China. Dikelola oleh Alibaba Group, yang juga mengoperasikan Alibaba.com, Taobao, dan Tmall. Marketplace 1688 didesain untuk melayani pasar domestik China, berbeda dengan Alibaba.com yang lebih difokuskan pada pasar global. Karena itu, Marketplace 1688 banyak digunakan oleh para produsen, grosir, dan distributor di China untuk menjual produk mereka kepada konsumen dalam negeri.

Keberadaan Marketplace 1688 sering kali memungkinkan pengguna dari luar China termasuk orang Indonesia menemukan berbagai produk yang dijual dengan harga lebih murah dibandingkan dengan platform global lainnya. Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh pengguna internasional dalam menggunakan platform ini, termasuk bahasa dan perbedaan kultural, serta kebijakan penjualan yang dapat bervariasi antara penjual. Namun semua itu bisa diatasi.

Marketplace 1688 Menjual Apa Saja?

Marketplace 1688 menawarkan beragam produk dengan harga murah yang dijual oleh ribuan penjual china. Para importir Indonesia akan mendapatkan margin keuntungan yang lumayan besar dengan menjual kembali produk-produk impor itu di tanah air. Produk yang dijual di 1688 meliputi berbagai kategori, antara lain:

  • Pakaian dan Aksesoris: Pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, sepatu, tas, topi, aksesoris fashion, dan lain-lain.
  • Elektronik: Ponsel cerdas, tablet, laptop, kamera, aksesoris elektronik, alat-alat listrik, dan perangkat elektronik lainnya.
  • Perhiasan dan Jam: Perhiasan mutiara, perhiasan emas, perhiasan perak, jam tangan wanita dan pria, dan aksesoris perhiasan lainnya.
  • Kesehatan dan Kecantikan: Produk perawatan kulit, kosmetik, vitamin, suplemen, alat kesehatan, dan peralatan medis.
  • Rumah dan Taman: Peralatan rumah tangga, perlengkapan dapur, dekorasi rumah, mebel, alat taman, dan lain-lain.
  • Mainan dan Hobi: Mainan anak-anak, mainan edukatif, mainan koleksi, peralatan olahraga, barang hobi, dan lainnya.
  • Elektronik Konsumen: Audio, TV, peralatan rumah tangga, alat komunikasi, dan produk elektronik konsumen lainnya.
  • Alat dan Perangkat Industri: Peralatan dan suku cadang industri, alat listrik, alat pengelasan, dan peralatan industri lainnya.
  • Perlengkapan Pesta dan Acara: Dekorasi pesta, kostum, aksesoris perayaan, dan perlengkapan acara lainnya.
  • Otomotif: Suku cadang mobil, aksesori mobil, peralatan dan alat bengkel, dan produk otomotif lainnya.
  • Makanan dan Minuman: Bahan makanan, makanan siap saji, minuman, peralatan masak, dan produk makanan lainnya.
  • Bahan Bangunan: Material bangunan, keramik, keramik dinding, cat, dan peralatan konstruksi lainnya.
Baca Juga :  Apakah Barang Impor Harus Berlabel SNI?

Daftar di atas hanya sebagian dari kategori produk yang dijual di 1688. Karena Marketplace 1688 merupakan platform yang luas dengan banyak penjual, Anda dapat menemukan berbagai produk lainnya di situs tersebut. Sebelum beli barang dari 1688, pastikan untuk menggunakan fitur pencarian dan kategori yang disediakan untuk menemukan produk yang spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Cerdas Berbelanja Barang Impor di 1688

Agar tak mengalami kendala ketika memesan barang di 1688 untuk dikirim ke Indonesia, berikut adalah alur cara yang umum digunakan :

  1. Registrasi dan Pendaftaran Akun: Buka situs 1688.com dan daftar untuk membuat akun. Pastikan Anda memiliki alamat email yang aktif untuk verifikasi akun.
  2. Pencarian dan Pemilihan Produk: Gunakan fitur pencarian atau jelajahi kategori produk untuk menemukan produk yang ingin Anda beli. Setelah menemukan produk yang sesuai, periksa deskripsi, spesifikasi, harga, dan reputasi penjual.
  3. Verifikasi Kredibilitas Penjual: Sebelum membeli barang dari 1688, pastikan untuk memverifikasi kredibilitas penjual. Perhatikan reputasi, ulasan, dan penilaian dari pembeli sebelumnya untuk memastikan Anda berurusan dengan penjual atau supplier china yang dapat dipercaya.
  4. Negosiasi dan Harga: Pada platform 1688, Anda bisa melakukan negosiasi dengan penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Gunakan fasilitas obrolan atau pesan di dalam platform untuk berkomunikasi dengan penjual. Gunakan Google Translate bila mengalami kendala komunikasi.
  5. Proses Pembayaran: Setelah menentukan harga dan detail pembelian, lakukan pembayaran kepada penjual. Pembayaran yang umumnya tersedia di 1688 adalah melalui platform pembayaran Alipay. Sebagai orang Indonesia yang tidak memiliki Alipay, kita bisa memanfaatkan bantuan jasa pembayaran 1688 atau jasa someone to pay
  6. Konfirmasi Pembayaran: Setelah pembayaran berhasil, informasikan kepada penjual dan minta konfirmasi mengenai penerimaan pembayaran.
  7. Pengiriman dan Pengaturan Logistik: Penjual atau supplier akan mengatur pengiriman barang. Karena 1688.com hanya mau mengirimkan barang di dalam negeri China saja, maka kita memerlukan bantuan jasa forwarder untuk membantu menerima dan mengirimkan barang ke Indonesia.
  8. Pelacakan Pengiriman: Setelah barang dikirim, Anda dapat memantau status pengiriman dengan nomor pelacakan yang biasanya akan diberikan oleh penjual. Dengan nomor tersebut, Anda dapat melacak posisi barang selama dalam perjalanan ke Gudang forwarder.
  9. Pengiriman barang ke Indonesia akan dilakukan oleh jasa forwarder. Demikian pula pengurusan barang di pabean dan lain lain. Intinya kita tinggal menerima barang di alamat saja.
Baca Juga :  Supplier China Terpercaya Produk Baju Paling Recommended

Sebagai pembeli internasional, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti bahasa dan perbedaan budaya, kurs mata uang RMB (yuan) terhadap mata uang IDR.

Selain itu, menggunakan jasa forwarder yang dapat dipercaya juga penting untuk memastikan barang Anda tiba dengan aman dan tepat waktu. Atau bila anda masih kebingungan dengan prosedur di atas, coba gunakan layanan forwarder impor 1688 yang dapat diandalkan, seperti forwardermurah.com atau rajabeli.com yang telah berpengalaman dalam menangani hal seperti ini.

Menggunakan Forwarder Impor 1688

Menggunakan layanan forwarder impor dapat memudahkan proses impor barang dari China ke Indonesia terutama bagi pemula. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan layanan forwarder impor 1688:

  • Pilih Layanan Forwarder: Cari dan pilih layanan forwarder import yang Anda percayai dan sesuai dengan kebutuhan impor Anda. Banyak layanan forwarder memiliki situs atau platform sosial media yang memungkinkan Anda untuk memeriksa tarif, pilihan pengiriman, dan layanan yang mereka tawarkan.
  • Buat kesepakatan dengan jasa forwarder tersebut. Konsultasikan apa saja yang harus dilakukan, tanyakan soal biaya forwardernya, alamat Gudang serta kode marking
  • Lakukan Pembelian di 1688: Selanjutnya anda dapat melakukan pembelian barang dari 1688 seperti biasa. Pastikan untuk memberikan alamat pengiriman yang diberikan oleh layanan forwarder sebagai alamat pengiriman untuk pesanan Anda di 1688. Serta minta penjual untuk menuliskan kode marking yang seharusnya.
  • Beri Tahu Forwarder: Setelah melakukan pembelian, beri tahu layanan forwarder Anda tentang detail pesanan Anda di 1688. Anda biasanya perlu memberikan nomor pesanan, jumlah dan jenis barang yang akan dikirimkan, serta informasi kontak penjual.
  • Konfirmasi dan Koordinasi Pengiriman: Setelah pembayaran dikonfirmasi, layanan forwarder akan mengkoordinasikan proses pengiriman barang dari penjual di 1688 ke alamat pengiriman Anda.
  • Pantau Status Pengiriman: Selama barang dalam perjalanan, Anda dapat memantau status pengiriman melalui update yang diberikan oleh jasa forwarder impor
  • Lakukan Pembayaran ke Forwarder: Setelah barang sampai Indonesia, Forwarder akan memberikan instruksi pembayaran untuk biaya pengiriman dan layanan lainnya. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Penerimaan Barang: Setelah barang tiba di Indonesia, layanan forwarder akan menyampaikan barang ke alamat pengiriman Anda. Pastikan untuk memeriksa barang dengan teliti dan mengonfirmasi penerimaan jika semua dalam kondisi baik.

Pilih layanan forwarder impor 1688 terpercaya dan berkualitas untuk memastikan pengiriman barang yang lancar dan aman. Selain itu, pastikan untuk memahami semua biaya dan ketentuan yang terkait dengan penggunaan layanan forwarder murah  sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Hubungi kami di forwardermurah.com atau rajabeli.com untuk mendapatkan bantuan cara belanja barang di 1688.com sejak dari awal sampai barang diterima. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang