Tips Aman Mengirim Barang Melalui Jasa Forwarder China Indonesia

Dalam bisnis Import barang dari China, kita akan mengenal istilah pengiriman barang melalui skema forwarder China Indonesia. Atau biasanya juga disebut sebagai forwarder Borongan door to door. Apa sih sebenarnya jasa forwarder China Indonesia itu, dan bagaimana Tips aman pengiriman barang menggunakan jasa forwarder ini ?. Silahkan Simak penjelasan dalam artikel ini.

Jasa Forwarder China Indonesia

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jasa forwarder Borongan ini, terlebih dahulu kita jelaskan apa itu jasa forwarder ?. Jasa forwarder merujuk pada sebuah perusahaan atau jasa yang membantu kita mengurus pengiriman barang antar negara. Jadi dalam hal ini, kita akan membahas perusahaan pengiriman barang dari China ke Indonesia.

Adapun urutan skema jasa forwarder pada umumnya dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Kita membeli barang dan mengirimkan ke Gudang forwarder di China
  • Pihak jasa forwarder akan mengirimkan ke Indonesia dan mengurus semua urusan bea cukainya, termasuk izin impor, pajak dan lain lain
  • Selanjutnya setelah urusan bea cukai selesai, mereka akan mengirimkan barangnya ke alamat pelanggan di Indonesia

Kenapa kita harus menggunakan skema pengiriman menggunakan bantuan jasa forwarder China Indonesia ?. Berikut adalah alasannya :

  • Praktis, tinggal terima beres saja, tidak usah repot mengurus pengiriman, bea cukai, dan lain lain
  • Ekonomis, karena lebih murah dibandingkan kita mengirimkan barang scera langsung, melalui DHL, Fedex, pos dan sejenisnya
  • Tidak perlu punya perusahaan dan izin impor, untuk bisa menjadi importir barang dari China
  • Bisa impor dalam jumlah banyak dan volume besar tanpa ribet

Sesuai jenis layanannya, Forwarder dibagi menjadi dua, Yaitu Forwarder udara yang sesuai Namanya akan menggunakan moda gtransportasi pesawat udara. Dan forwarder laut yang dalam pengirimannya menggunakan moda transportasi kapal laut.

Tips aman mengirim barang melalui jasa forwarder China Indonesia

Nah setelah membahas ap aitu skema forwarder secara lengkap, sekarang kita bahas tentang beberapa tips yang perlu kita perhatikan supaya barang yang kita kirimkan sampai di tujuan dengan aman dan sesuai dengan harapan.

Pilih Jasa forwarder yang aman dan kompeten

Ada banyak Perusahaan jasa forwarder yang melayani jalur China ke Indonesia saat ini. Jika kita melakukan Googling, maka kita akan menemukan ratusan perusahaan forwarder yang menawarkan jasanya. Silahkan pilih jasa yang memiliki reputasi baik, aman dan tarif bersahabat.

Dengan semakin banyaknya perusahaan jasa forwarder Borongan saat ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat, sehingga muncul jasa jasa yang bertindak “kurang sehat” demi mendapatkan pelanggan. Berhati hatilah dengan perusahaan seperti ini, karena bisa berakibat kerugian pada bisnis impor kita.

Pilihkan perusahaan yang memiliki alamat kantor yang jelas. Cek juga website juga akun sosial medianya, apakah sangat meyakinkan ?. Cek juga reputasi perusahaan tersebut. Jika perlu silahkan datang ke kantornya untuk bertemu dan berdiskusi langsung. Ini semua dilakukan untuk menjaga keamanan atas barang yang kita kirimkan.

Baca Juga :  Skema Jasa Forwarder China ke Indonesia

Berhati hati pula dengan perusahaan yang menawarkan biaya forwarder yang sangat murah menggiurkan. Jangan sampai anda terkena jebakan biaya siluman. Yaitu tambahan biaya biaya lain yang tidak disebutkan sebelumnya. Jadi modus nakalnya jasa seperti ini adalah menawarkan tarif murah diawal, tetapi Ketika barang sampai di Indonesia, mereka minta tambahan biaya biaya yang tidak ada dalam kesepakatan sebelumnya.

Atau jika anda ingin mencarai jasa forwarder China Indonesia dan bingung harus mencari kemana ? silahkan menghubungi kami, nanti kami bantu dengan jasa forwarder kami dengan praktis, aman dan Amanah dengan tarif bersaing.

Minta alamat dan kode marking yang jelas

Setelah deal dengan pihak jasa forwarder, silahkan minta alamat Gudang di China dengan jelas dan lengkap. Biasanya alamat Gudang ditulis dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris. Alamat harus lengkap dengan contact person di sana serta no telpon yang mudah dihubungi, jadi jika penjual yang ingin mengirimkan barang, bisa dengan mudah berkoordinasi dengan mereka.

Untuk marking code, juga kita harus minta ke forwarder, harus lengkap dan jelas. Marking kode ini digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah paket supaya tidak tertukar dengan milik orang lain. Contoh Marking Code :

RAJ/BUDI/BYAIR, artinya :

RAJ berarti dikirim melalui jasa forwarder Rajabeli.com (induk perusahaan forwardermurah.com), BUDI menandakan bahwa barang ini milik pelanggan Bernama Budi

BYAIR artinya barang dikirim melalui udara

Minta penjual membuat packing yang kuat dan aman

Ini adalah hal yang sangat penting untuk ditegaskan kepada penjual. Karena dalam dunia pengiriman barang dari China, kerusakan barang dalam proses pengiriman ini tidak mendapatkan garansi dari forwardernya. Jadi kita harus minta kepada penjual untuk membuat packing sekuat dan seaman mungkin.

Contoh packing Packing yang kuat adalah menggunakan Bubble wrap untuk membungkus barang, kemudian disusun yang rapi kedalam kardus yang keras dan tebal, lalu dilapis dengan karung plastic. Ini adalah standar pengiriman yang paling direkomendasikan untuk barang barang umum atau elektronik.

Sedangkan untuk barang berukuran besar dan berat, maka harus menggunakan peti kayu dan pallet yang kuat untuk pengirimannya.

Jadi untuk urusan packing ini kita harus cerewet kepada penjual, demi keamanan barang yang kita kirimkan.

Tulis Marking Code yang jelas

Adalah tugas penjual untuk menulis Marking Code yang jelas di paketnya. Tanpa Kode ini, kemungkinan besar, barang bisa ditolak oleh Gudang di China. Atau kalaupun bisa diterima, itu akan berakibat molornya pengurusan barang.

Jadi kita harus memastikan bahwa seller tidak lupa menuliskan Marking Code yang benar dan jelas, di semua paket yang dikirim ke Gudang. Pengalaman saya selama ini, sering menemukan barang dikirim ke Gudang tanpa kode ini, hingga akhirnya tidak sedikit yang terpaksa ditolak Gudang dan Kembali ke penjual. Umumnya kejadian ini menimpa paket yang kita beli dari penjual di Taobao/1688, yang memang banyak penjual lokal China yang kurang berpengalaman pengiriman luar negeri.

Minta Invoice dan Packing list yang sesuai

Dalam pengiriman import, kelengkapan dokumen pendukung sangatlah penting. Jadi pastikan bahwa kita selalu minta Invoice dan packing list yang sesuai. Kita bisa minta file tersebut dalam format Pdf atau Excel. Akan lebih baik juga, jika penjual melampirkan dokumen tersebut Ketika melakukan pengiriman barang ke Gudang China. Sehingga barang yang amsuk, bisa segera diproses oleh Gudang. Sedangkan File Invoice dan packing list yang kita miliki, nanti bermanfaat jika kedepan ada permintaan tambahan data yang diminta oleh pihak jasa forwarder.

Baca Juga :  Import Barang dari 1688.com Dengan Percaya Diri, Panduan Bagi Pemula

Minta bukti pengiriman ke Penjual

Setelah penjual melakukan pengiriman, mintalah bukti pengiriman yang jelas. Bukti pengiriman ini bisa berupa tracking number pengiriman barang dari alamat penjual ke Gudang di China. Bisa juga berupa bukti penerimaan Gudang, jika barang dikirim langsung oleh penjual ke Gudang.

Jika penjual mengirimkan barang melalui ekspedisi lokal dalam negeri China, kita bisa melacak perjalanan barang menuju Gudang melalui tracking number yang diberikan oleh penjual. Tracking number ini juga berfungsi untuk mengecek barang di forwarder, jika kita mengirimkan barang lebih dari satu kiriman.

Minta Update pengiriman barang ke Forwarder

Umumnya forwarder akan memberikan update mengenai barang yang masuk kegudang China, hasil pengukuran / penimbangan barang, keberangkatan barang dari China, serta kedatangan barang di Indonesia. Anda bisa minta update tersebut kepada forwarder yang anda gunakan.

Cek dan ricek Hasil pengukuran Barang

Seperti dijelaskan diatas, setelah barang sampai Gudang China, maka pihak forwarder akan menimbang dan mengukur barangnya, serta akan menginformasikan kepada customer. Silahkan melakukan cek dan ricek, apakah data hasil pengukuran tersebut sesuai dengan packing list yang diberikan penjual. Jika sesuai atau ada seleisih yang masih bisa ditolerir, maka ini wajar, karena hasil pengukuran antara satu orang dengan orang lain bisa terjadi selisih.

Tetapi jika terdapat perbedaan dengan selisih yang cukup besar, silahkan informasikan ke pihak forwarder. Jadi nanti Ketika barang masuk Gudang Jakarta, kita bisa minta dilakukan pengukuran ulang untuk melihat berat dan volume yang sebenarnya. Hal ini kita lakukan untuk menghindari kerugian dari ketidaksesuaian biaya forwarder yang harus kita bayar, akibat kesalahan pengukuran.

Cek Invoice Jasa Forwarder

Setelah barang sampai Indonesia, maka pihak forwarder akan menerbitkan Invoice sebagai tagihan atas biaya forwarder yang harus kita bayarkan. Silahkan cek jenis barangnya, berat, volume dan tarif yang telah disepakati sebelumnya. Jika sudah sesuai semua, silahkan membuat pembayaran dan barang selanjutnya akan dikirim ke alamat anda.

Pilih Ekspedisi lokal yang Tepat

Jika barang sudah sampai Indonesia ( Jakarta ) dan setelah membayar biaya forwarder yang ditagihkan, maka Langkah selanjutnya adalah pengiriman barang ke lamat kita. Jika alamat kita di dalam kota Jakarta, maka umumnya pihak forwarder akan melalukan pengiriman gratis ke alamat kita. Namun jika alamat kita ada diluar Jakarta, maka kita harus menerusakn barang menggunakan jasa ekspedisi local dalam negeri Indonesia. Pilihlah jasa ekspedisi yang kompeten, dengan tarif sesuai dan bisa dipercaya keamanan dan keselamatan barangnya. Saya sendiri beberapa kali menerima complain dari customer, karena barang yang dikirim melalui ekspedisi local ini mengalami kerusakan dan ada yang hilang. Jadi pemilihan ekspedisi yang tepat dapat mengurangi resiko kerugian lebih lanjut. Jangan sampai barang yang dikirim dari China tiba dengan selamat sampai Jakarta, tetapi malah rusah atau hilang dalam pengiriman dalam negeri.

Nah, demikianlah tips aman cara import barang dari China menggunakan pengiriman dengan skema jasa forwarder murah China Indonesia. Jika anda masih bingung dengan bagaimana cara memulai bisnis import barang dari China, bagaimana cara melakukan negosiasi, bagaimana cara melakukan pembayaran hingga pengiriman barang ke Indonesia dengan mudah dan aman, silahkan menghubungi kami. Kami akan memandu dan membantu anda Langkah demi Langkah dari awal hingga barang anda terima di alamat dengan mudah dan aman. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang