Solusi Beli Barang di Taobao Tanpa Harus Paham Bahasa Mandarin

Taobao merupakan salah satu marketplace China yang populer di Indonesia, terutama di kalangan penggemar belanja online. Hanya saja situs ini berbahasa mandarin. Cara beli barang di Taobao tanpa bisa bahasa Mandarin sebenarnya memungkinkan, meskipun sedikit  rumit.

Mengapa Taobao Populer bagi Konsumen Indonesia?

Meskipun banyak orang di Indonesia mungkin tidak menguasai bahasa Mandarin atau merasa ragu berbelanja di marketplace yang menggunakan bahasa asing, namun sudah banyak toko online atau agen pihak ketiga yang memudahkan akses dan proses pembelian dari Taobao bagi konsumen di Indonesia.

Beberapa alasan mengapa Taobao populer di Indonesia termasuk:

  • Harga Terjangkau: Taobao menawarkan berbagai produk dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk yang dijual di toko fisik atau marketplace lokal.
  • Pilihan Produk yang Luas: Taobao memiliki berbagai macam produk mulai dari pakaian, aksesoris, barang elektronik, hingga produk-produk unik dan kreatif.
  • Trendy dan Fashionable: Taobao seringkali menjadi tempat untuk menemukan produk-produk fashion terbaru dan tren yang sedang populer.
  • Kualitas Produk yang Bervariasi: Meskipun kualitas produk dapat bervariasi, banyak toko di Taobao yang menawarkan produk-produk berkualitas baik.
  • Promosi dan Diskon: Taobao sering mengadakan promosi dan diskon menarik, yang membuat belanja di sana lebih hemat.
  • Akses melalui Agen Pihak Ketiga: Beberapa agen atau platform pihak ketiga telah hadir untuk membantu konsumen Indonesia beli barang di Taobao. Mereka membantu dalam penerjemahan, pembelian, dan pengiriman produk, sehingga mengatasi hambatan bahasa dan masalah lainnya.
  • Unik dan Kreatif: Taobao juga dikenal sebagai tempat di mana Anda dapat menemukan produk-produk yang unik, kreatif, dan sulit ditemukan di tempat lain.

Tetap berhati-hati saat beli barang di Taobao atau platform belanja internasional lainnya. Pastikan Anda memahami kebijakan pengembalian, perincian produk, dan pastikan Anda bertransaksi dengan toko yang tepercaya.

Cara Beli Barang di Taobao Tanpa Bahasa Mandarin

Konsumen ataupun importir dari Indonesia tetap dapat melakukan pembelian di pasar Taobao meski sama sekali tak paham bahasa Mandarin. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan :

  • Gunakan Terjemahan Otomatis: Saat mengunjungi situs Taobao, beberapa peramban web seperti Google Chrome dapat menerjemahkan halaman secara otomatis. Meskipun terjemahan mungkin tidak sempurna, ini dapat membantu Anda memahami informasi dasar tentang produk dan pembayaran.
  • Gunakan Platform Pihak Ketiga: Ada banyak platform atau agen pihak ketiga yang menawarkan layanan belanja di Taobao untuk pelanggan internasional. Beberapa contoh adalah Superbuy, Basetao, atau Yoybuy. Anda cukup mendaftar di situs mereka, salin tautan produk dari Taobao, tempelkan di situs mereka, dan mereka akan membantu Anda dalam bahasa yang lebih familier.
  • Gunakan Aplikasi Ponsel: Aplikasi resmi Taobao memiliki versi dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Ini dapat membantu Anda menjelajahi dan memahami antarmuka dengan lebih mudah.
  • Cari Informasi di Forum atau Grup: Ada banyak komunitas online di mana orang berbagi pengalaman mereka tentang berbelanja di Taobao. Anda dapat mencari forum, grup Facebook, atau subreddit terkait dan bertanya kepada anggota lain tentang tips dan panduan berbelanja.
  • Minta Bantuan Teman atau Layanan Penerjemah: Jika Anda memiliki teman yang bisa berbicara bahasa Mandarin, Anda dapat meminta bantuan mereka. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan penerjemah daring atau teman yang memiliki kemampuan bahasa Mandarin.
  • Pelajari Frasa-Frasa Penting: Meskipun Anda mungkin tidak menguasai bahasa Mandarin, mempelajari beberapa frasa penting seperti “harga,” “ukuran,” “warna,” “pengiriman,” dan “alamat pengiriman” dalam bahasa Mandarin dapat membantu Anda berkomunikasi secara dasar dengan penjual di Taobao.
  • Pastikan Informasi yang Benar: Ketika Anda menemukan produk yang ingin Anda beli, pastikan untuk memeriksa informasi yang benar seperti ukuran, warna, dan metode pengiriman sebelum melakukan pembayaran.
  • Pengalaman Belanja : Meskipun ini mungkin agak rumit pada awalnya, berbelanja di Taobao dengan bahasa yang tidak Anda kuasai dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dalam mengasah keterampilan Anda dan menghadapi tantangan baru.
Baca Juga :  Rekomendasi Toko Online dari China

Jika Anda merasa kesulitan atau tetap tidak yakin, mengandalkan layanan forwarder impor barang dari China dapat menjadi solusi yang lebih nyaman. Berikut penjelasan mengapa menggunakan forwarder impor adalah pilihan tepat untuk para importir Indonesia untuk mendatangkan barang dari china.

Forwarder Impor Barang dari China

Sebagai importir pemula, menggunakan jasa forwarder untuk mengimpor barang dari China ke Indonesia tentu menjadi langkah bijaksana. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti. Berikut adalah panduan umum yang dapat membantu Anda memulai:

  1. Penelitian dan Perencanaan: Lakukan penelitian mendalam tentang produk yang ingin Anda impor, serta tentang peraturan, pajak, dan prosedur impor di Indonesia. Identifikasi jenis-jenis barang yang dapat diimpor dan apakah ada lisensi atau izin khusus yang diperlukan.
  2. Pilih Forwarder: Cari dan pilih perusahaan forwarder yang memiliki pengalaman dalam mengatur impor dari China ke Indonesia. Pastikan mereka memiliki reputasi yang baik dan dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Kontak dan Konsultasi: Hubungi beberapa perusahaan forwarder untuk mendapatkan penawaran harga dan konsultasi awal. Diskusikan detail impor Anda, termasuk jenis barang, volume, rute pengiriman, dan persyaratan khusus lainnya.
  4. Negosiasi dan Kontrak: Setelah mendapatkan beberapa penawaran dari forwarder impor china, lakukan negosiasi untuk harga, jadwal pengiriman, layanan tambahan, dan persyaratan lainnya.
  5. Dokumen dan Persiapan: pihak forwarder akan memandu Anda dalam proses persiapan dokumen impor. Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti Invoice, Packing List dan lain lain.
  6. Pengiriman dan Pemantauan: Forwarder akan mengatur pengiriman barang Anda. Mereka akan memilih rute yang tepat, mengurus bea cukai, dan melakukan pengiriman ke Indonesia.
  7. Bea Cukai dan Pemrosesan: Barang akan melewati proses bea cukai di Indonesia. Pastikan perusahaan forwarder itu memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk memperlancar proses bea cukai. Anda juga perlu membayar pajak impor dan bea masuk sesuai ketentuan.
  8. Pengambilan Barang: Setelah barang tiba di Indonesia, Anda dapat mengambilnya atau menggunakan jasa pengiriman lokal untuk mengantarkan ke tempat tujuan akhir.
  9. Evaluasi dan Pengembangan: Setelah impor selesai, evaluasilah proses impor Anda dengan forwarder. Apakah semuanya berjalan lancar? Apakah ada aspek yang perlu ditingkatkan? Ini akan membantu Anda dalam mengembangkan impor berikutnya.
Baca Juga :  Apakah Taobao.com Bisa Mengirim ke Indonesia ?

Nah, jika teman teman ingin membeli barang dari Taobao, tetapi masih bingung mamu memulai dari mana ? silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang