Intip 6 Trik Impor Barang dari China Bagi Pemula

Bagi Anda di rumah yang berencana memasok produk dari China dengan sistem impor, maka pastikan sudah tahu mengenai beberapa trik impor barang dari China tersebut. Hal ini dikarenakan, proses impor barang China umumnya memiliki risiko dan tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus siap dihadapi oleh calon pebisnis. Penasaran bagaimana proses impor barang dari China, yuk cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Bagaimana Trik Impor Barang dari China yang Mudah dan Aman?

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa hingga sejauh ini China menjadi salah satu produsen barang terbesar di dunia. Dalam hal ini, China berhasil memproduksi produk-produk dengan kualitas yang baik dengan harga penawaran yang relatif terjangkau. Terlebih lagi, China juga sangat inovatif dalam memproduksi barang-barang replika / tiruan dari merek mewah tertentu.

Tidak mengherankan, jika produk replika buatan China tersebut banyak diburu oleh kalangan masyarakat yang ingin membeli produk yang sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bagi Anda yang berniat memulai bisnis produk-produk impor dari China, maka pastikan mengetahui langkah-langkah impor barang dari China berikut ini.

1.   Lakukan Riset Pasar dan Pilih Produk yang Tepat

Tips mengimpor barang dari China yang perlu Anda lakukan pertama kali, yakni lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi produk mana yang kira-kira banyak diminati masyarakat dan memiliki keuntungan menjanjikan. Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting di dalamnya seperti tren pasar, target pasar dan juga tingkat persaingan di dalamnya. Jika Anda sudah mengetahui tentang pasar produk tersebut, maka tinggal pilih produk sesuai kualitas, harga dan kesesuaian dengan target pasar Anda.

Baca Juga :  Berapa Biaya Pengajuan SNI?

2.   Tentukan Supplier Produk yang Dapat Diandalkan

Demi menunjang keberhasilan impor barang-barang China yang dilakukan, penting bagi Anda untuk membangun jaringan pemasok yang dapat diandalkan di dalamnya. Disini, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform online, direktori perdagangan sampai dengan pameran industri untuk mengidentifikasi supplier terkemuka di negara tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mengevaluasi supplier yang potensial sesuai dengan kualitas produk, kemampuan manufaktur, sertifikasi, reputasi dan harga yang ditawarkan.

3.   Lakukan Negosiasi Harga dan Pembayaran

Dalam melakukan kegiatan impor barang-barang China, Anda juga perlu melakukan proses negosiasi harga dan pembayaran di dalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi Anda untuk memiliki perjanjian yang jelas dan saling menguntungkan dengan pihak supplier produk impor China yang dipilih. Anda disini, bisa meresmikan hubungan kerja sama dengan pihak supplier yang dipilih tersebut dengan menandatangani kontrak kerja sama yang dilakukan tersebut.

4.   Mengurus Dokumen Ekspor dan Impor yang Dibutuhkan

Pada dasarnya, dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendukung kelancaran kegiatan impor barang China terbilang beragam, yakni bergantung dari jenis barang yang diimpor dan hukum yang berlaku di negara tujuan. Mengingat proses pengurusan dokumen impor bisa memakan waktu yang cukup lama, maka pastikan Anda untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan matang. Baik itu dokumen berupa sertifikat kualitas produk, surat izin impor dan lain sebagainya.

5.   Pilih Jasa Pengiriman Barang Yang Terpercaya

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika akan melakukan kegiatan impor barang dari China, yakni dengan memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih jasa pengiriman barang impor yang sudah memiliki pengalaman dalam mengirimkan barang impor tersebut ke negara tujuan, serta bisa dipercaya. Di samping itu, Anda juga perlu untuk memperhatikan biaya pengiriman barang impor yang dilakukan, apakah sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan atau sebaliknya.

Baca Juga :  Ketahui Berapa Berat Kontainer Kosong Berdasarkan Jenisnya

6.   Lakukan Pembayaran dan

Terakhir, Anda tinggal lakukan proses pembayaran untuk pengiriman barang impor China tersebut. Pada dasarnya, ada beberapa pilihan metode pembayaran yang ditawarkan dalam melakukan transaksi barang-barang China tersebut. Sebagai solusi terbaik, Anda disini bisa memilih metode pembayaran barang-barang impor China tersebut yang aman, agar nantinya dapat melindungi kepentingan kedua belah pihak nantinya.

 

Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda seputar beberapa trik impor barang dari China, yang mana perlu diperhatikan baik-baik agar proses pengiriman barang berjalan dengan lancar.

Buat teman teman yang tertarik untuk memulai bisnis import barang dari China, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan step by step dari awal hingga selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang