Inilah 6 Kesalahan Pembelian Barang dari China yang Harus Dihindari

Meskipun sudah banyak orang yang terjun dalam bisnis impor barang China, namun nyatanya masih ada sebagian orang yang masih melakukan kesalahan dalam pembelian barang dari China. Akibatnya, kondisi inilah yang nantinya menyebabkan kerugian secara finansial bagi pihak pebisnis tersebut. Lantas apa saja kesalahan-kesalahan yang harus dihindari ketika membeli barang dari China tersebut, simak informasinya di artikel berikut.

Kesalahan-kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pebisnis dalam Pembelian Barang dari China

Dalam membuka bisnis usaha di pasaran, biasanya para pebisnis membutuhkan yang namanya bahan baku atau modal usaha di dalamnya. Sebagai contoh jika seseorang ingin membuka bisnis impor barang China, tentunya mereka akan berburu produk dengan harga paling murah agar nantinya mendapatkan keuntungan besar di dalamnya, bukan? Namun, perlu Anda ketahui bahwa melakukan kegiatan impor produk China secara grosir dinilai memiliki risiko yang tinggi, dikarenakan ini berkaitan dengan jumlah uang yang besar.

Berkaitan dengan hal tersebut, tak jarang kita temukan banyak pebisnis yang sering kali melakukan kesalahan dalam membeli barang-barang dari China. Sehingga, hal inilah yang menyebabkan kondisi finansial mengalami kerugian dari waktu ke waktu. Jika ditelisik secara mendalam, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh pebisnis dalam membeli produk impor China, di antaranya sebagai berikut.

1.   Sering Mengejar Tren Musiman

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan pebisnis ketika membeli produk impor China, yakni sering kali mengejar tren musiman yang sedang terjadi. Adanya fenomena ini, menjadikan banyak pebisnis akhirnya melakukan impor barang dari China secara grosir, untuk nantinya dijual kembali di pasaran Indonesia. Akan tetapi sayangnya, hal ini justru memberikan dampak kerugian yang cukup besar ketika tren musiman tersebut sudah menghilang dari pasaran.

Baca Juga :  Jasa Konsolidasi Barang dari China ke Indonesia

2.   Skill Negosiasi yang Rendah

Selain karena tergiur dengan tren musiman yang ada, kesalahan lain dalam membeli produk impor China yakni karena skill negosiasi yang terbilang rendah. Dimana dalam hal ini, biasanya seorang pebisnis terpaksa membeli produk impor China dengan harga tinggi lantaran ingin membantu pihak supplier, sehingga menjadikan posisi mereka akan sangat dirugikan. Berbeda ketika pebisnis memiliki kemampuan negosiasi yang kuat, maka mereka akan memperoleh produk yang berkualitas dengan harga lebih murah.

3.   Hanya Memilih Supplier dengan Harga Murah

Meskipun supplier dengan harga penawaran sangat murah terbilang menarik, akan tetapi bisa dipastikan supplier produk impor China ini belum bisa dipercaya 100%. Kesalahan inilah yang sering kali dilakukan pebisnis produk impor China, yang mana mereka akan langsung membeli produk tersebut tanpa mengetahui kualitas barang yang ditawarkan supplier tersebut. Jika hal ini terjadi, kemungkinan brand bisnis Anda akan dicap sebagai penjual produk dengan kualitas buruk.

4.   Tidak Melakukan Pengecekan Ulang Produk yang Dibeli

Kesalahan lain dalam membeli produk impor China selanjutnya, yakni seseorang tidak melakukan pengecekan ulang produk yang dibelinya, karena sudah terlalu percaya dengan supplier yang dipilih. Ini wajar sebab ketika seseorang sudah berlangganan dari pihak supplier terpercaya, biasanya mereka akan jarang memeriksa produk yang dibelinya. Padahal, pengecekan produk ini penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya risiko barang cacat, rusak atau memiliki kualitas buruk nantinya.

5.   Melakukan Uji Coba Partai Besar

Jika dibandingkan dengan membeli produk impor China dalam jumlah sedikit, membeli produk impor China dalam partai besar akan jauh lebih menguntungkan. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa kesalahan pembelian produk impor China ini juga memiliki risiko tinggi di dalamnya. Karena alasan itulah, penting bagi Anda untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum membeli produk dalam partai besar.

Baca Juga :  Kelebihan Import Barang Menggunakan Jasa Forwarder yang Terpercaya

6.   Mengabaikan Informasi Dasar yang Tersedia

Perlu Anda ketahui, bahwa perusahaan dan pabrik China biasanya tutup pada hari-hari tertentu, sehingga menjadikan proses pengiriman barang yang dilakukan supplier bisa saja tertunda. Dalam hal ini, penting bagi seorang pebisnis produk impor China untuk menyiapkan perencanaan jauh-jauh hari sebelum hari libur tersebut terjadi. Sehingga, risiko terjadinya kerugian pembelian produk impor China bisa diminimalisir dengan baik.

Itulah tadi beberapa kesalahan umum yang perlu Anda hindari dalam melakukan pembelian barang dari China. Sebab jika hal ini terus dilakukan, maka akan berdampak pada kerugian finansial nantinya.

Nah, buat teman teman yang ingin memulai bisnis import barang dari China, tetapi masih belum tau harus berbuat apa ?. Silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah sampai selesai. Salam sukses selalu.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang