Import Barang dari 1688.com Dengan Percaya Diri, Panduan Bagi Pemula

Sebagai importir pemula dari Indonesia, impor dari 1688 dapat menjadi proses yang menantang.  Anda belum berpengalaman sebelumnya melakukan impor internasional. Namun import barang dari 1688 tak ada yang sulit bila mengikuti panduan berikut.

1688, Andalan Import Barang Murah Berkualitas

Mengandalkan 1688 untuk melakukan impor barang ke Indonesia bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi beberapa importir. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengandalkan 1688 sebagai sumber impor barang:

Kelebihan Marketplace 1688 :

  • Beragam Pilihan Produk: 1688 merupakan salah satu marketplace terbesar di China yang menawarkan beragam pilihan produk dari berbagai kategori. Anda dapat menemukan banyak opsi produk dengan harga yang murah.
  • Harga yang Murah: Karena negara China merupakan produsen utama dunia, harga barang di 1688 umumnya lebih rendah daripada jika Anda membeli dari penjual lokal Indonesia.
  • Mudah Digunakan: Meskipun berbahasa mandarin, situs 1688 telah mengalami pengembangan untuk memfasilitasi transaksi internasional. Beberapa penjual juga menyediakan deskripsi produk dalam bahasa Inggris, dan Anda bisa menggunakan terjemahan otomatis untuk memahami informasi produk.
  • Penjual dan Supplier Berpengalaman: Terdapat banyak penjual yang telah berpengalaman bertransaksi dengan pembeli internasional, termasuk dari Indonesia. Beberapa penjual mungkin memiliki reputasi dan ulasan yang baik.

Kekurangan Marketplace 1688:

  • Bahasa: Bahasa Mandarin adalah bahasa pengantar utama di situs 1688, dan ini bisa menjadi kendala bagi importir yang tidak fasih berbahasa Mandarin. Terjemahan otomatis mungkin membantu, tetapi ada risiko interpretasi yang salah atau tidak akurat.
  • Keamanan Transaksi: Transaksi internasional selalu memiliki risiko, dan ada kemungkinan tertipu oleh penjual yang tidak jujur atau produk yang tidak sesuai dengan deskripsi. Memeriksa reputasi dan ulasan penjual adalah langkah penting untuk mengurangi risiko ini.
  • Pengiriman dan Logistik: Pengiriman internasional dari China ke Indonesia harus dilakukan dengan bantuan jasa forwarder China Indonesia. Karena penjual di 1688 hanya bisa mengirimkan barang di dalam negeri China saja.

Mengandalkan 1688 untuk melakukan impor barang ke Indonesia dapat menjadi pilihan yang menarik, terutama untuk importir yang ingin mengejar harga barang yang murah dan berbagai jenis barang menarik.

Namun, perlu diingat bahwa impor dari 1688 juga memiliki beberapa tantangan, terutama terkait dengan bahasa, keamanan transaksi, dan pengiriman barang. Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak terbiasa dengan proses impor internasional, pertimbangkan untuk menggunakan jasa forwarder impor china berpengalaman untuk membantu memudahkan proses impor Anda.

Baca Juga :  Tips Aman Mengirim Barang Melalui Jasa Forwarder China Indonesia

Panduan Import Barang dari 1688 untuk Pemula

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda sebagai pemula melakukan impor dari 1688 dengan lebih mudah:

  1. Penelitian dan Perencanaan: Lakukan penelitian tentang produk atau barang yang ingin Anda import dari 1688. Tentukan jenis barang, spesifikasi, kuantitas, dan anggaran yang tersedia. Perencanaan yang matang akan membantu Anda menjalankan proses impor dengan lebih baik.
  2. Buat Akun di 1688: Registrasi akun di 1688 agar Anda dapat mengakses situs dan melakukan pencarian produk. Ikuti panduan pendaftaran dan pastikan memiliki informasi yang benar untuk akun Anda.
  3. Pencarian Produk: Gunakan fitur pencarian di situs 1688 untuk menemukan produk yang Anda minati. Gunakan kata kunci atau deskripsi dalam bahasa Inggris untuk memudahkan pencarian.
  4. Terjemahkan Deskripsi Produk: Meskipun situs 1688 berbahasa Mandarin, Anda dapat menggunakan layanan terjemahan otomatis seperti Google Translate untuk menerjemahkan deskripsi produk ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  5. Verifikasi Penjual atau Supplier: Pastikan untuk memverifikasi reputasi penjual dan membaca ulasan dari pembeli sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda memilih penjual yang tepercaya dan dapat diandalkan.
  6. Kontak Penjual: Jika Anda tertarik dengan produk tertentu, hubungi penjual melalui fitur chat atau pesan di situs 1688. Tanyakan tentang ketersediaan produk, harga, biaya kirim ke Gudang di China, estimasi berat dan volume.
  7. Konsultasikan dengan Layanan Jasa Forwarder: Jika Anda merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan penjual atau memahami proses impor, pertimbangkan untuk menggunakan jasa forwarder yang berpengalaman dalam impor dari 1688. Mereka dapat membantu Anda mengurus proses impor dari awal hingga akhir.
  8. Negosiasi dan Kesepakatan: Setelah Anda yakin dengan produk dan penjualnya, negosiasikan harga dan persyaratan dengan penjual.
  9. Pembayaran: Lakukan pembayaran kepada penjual sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Gunakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya. Dalam hal ini, silahkan menghubungi jasa pembayaran di 1688 yang banyak tersedia di Indonesia.
  10. Koordinasi Pengiriman: Jika Anda menggunakan perusahaan forwarder impor, mereka akan membantu dalam mengatur pengiriman barang dari China ke Indonesia, dengan praktis dan mudah.
  11. Penerimaan Barang: Setelah barang diterima, periksa kondisi barang dan pastikan sesuai dengan pesanan Anda. Jika ada masalah atau kerusakan, segera hubungi penjual atau agen pembelian untuk mencari solusi.
Baca Juga :  Jasa Import Barang dari China Terpercaya Alibaba 1688 Taobao Tmall dll

Perhitungan Keuntungan Berjualan Barang Impor China di Indonesia

Mark up harga saat menjual barang impor dari China di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis produk, permintaan pasar, volume penjualan, biaya impor, dan strategi pemasaran perusahaan. Namun, secara umum, ada beberapa acuan mark up harga yang biasa digunakan oleh pedagang atau importir untuk menghitung harga jual barang impor. Beberapa acuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mark up sekitar 20% – 50%: Mark up ini cukup umum dan dapat diterapkan pada berbagai jenis produk. Misalnya, jika Anda membeli barang impor dari China dengan harga 100.000 rupiah, Anda bisa menjualnya dengan harga 120.000 rupiah hingga 150.000 rupiah, tergantung pada situasi pasar dan strategi bisnis Anda.
  • Mark up berdasarkan biaya impor: Beberapa importir menggunakan pendekatan ini dengan menghitung biaya impor (biaya pengiriman, bea masuk, pajak impor, biaya penerusan, dll.) dan menambahkan mark up tertentu ke total biaya impor untuk menentukan harga jual.
  • Mark up berdasarkan permintaan pasar: Jika produk impor Anda sangat diminati di pasar Indonesia dan persaingan masih rendah, Anda mungkin dapat mengenakan mark up yang lebih tinggi.
  • Mark up berdasarkan tingkat margin keuntungan yang diinginkan: Beberapa bisnis memiliki tingkat margin keuntungan yang telah ditetapkan sebelumnya. Misalnya, jika bisnis Anda menetapkan target margin keuntungan 30%, Anda dapat menghitung harga jual dengan menambahkan 30% ke harga beli produk impor.

Mark up harga atau tingkat keuntungan yang Anda tetapkan harus tetap kompetitif dengan harga pasar dan mempertimbangkan nilai tambah yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Jangan terlalu menaikkan harga hingga melebihi harga produk serupa di pasar lokal, kecuali jika Anda memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan.

Selain itu, pastikan untuk memperhitungkan biaya operasional, pemasaran, dan layanan pelanggan dalam menghitung harga jual agar bisnis Anda tetap berjalan secara berkelanjutan dan memberikan nilai yang baik bagi pelanggan.

Prosedur impor barang dari 1688 atau dari marketplace internasional lainnya memerlukan kewaspadaan dan perencanaan yang baik. Pemula harus memastikan sudah memahami peraturan impor di Indonesia dan memperhitungkan biaya-biaya terkait seperti bea masuk dan pajak.

Jika anda tertarik untuk berbelanja barang di 1688.com, dan masih bingung harus melakukan apa ?. Silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan dari awal hingga barang diterima dengan mudah. Salam sukses selalu.

whatsapp forwardermurah.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang