Import Aman Dari China

Untuk bisa import aman dari China, ada beberapa langkah penting yang harus Anda ikuti. Meskipun jasa layanan impor barang dari China kini semakin banyak. Namun alangkah lebih baik jika Anda memahami dengan benar langkah-langkahnya.

Begini Cara Import Aman Dari China

Jika Anda hanya mengandalkan jasa forwarder atau jasa impor, maka Anda tidak bisa mengawasi proses impor tersebut dan dikhawatirkan akan terjadi kesalahan. Oleh karena itu, perhatikan langkah-langkah impor barang dari China dengan aman berikut ini.

1.     Melalui E-Commerce atau Marketplace China

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk impor barang dari China dengan aman adalah menggunakan e-commerce atau marketplace online China. Kini sudah tersedia cukup banyak di Indonesia, dan menawarkan berbagai layanan menarik.

Berbagai e-commerce dan marketplace ini juga terus mengembangkan fitur pada situsnya untuk memudahkan para pengguna. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan untuk bisa mengimpor barang dari China dengan efektif dan efisien.

Beberapa marketplace online China yang cukup terkenal dan bisa diandalkan antara lain, Alibaba, AliExpress, Banggood, 1688, TaoBao, Dino Direct, JD, TMall, Pinduoduo, DealExtreme, The One Mall, dan lain sebagainya.

Masing-masing marketplace China tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pilihan terbaik untuk impor barang dari China sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.     Lakukan Kerjasama Dengan Supplier Dari China

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah melakukan hubungan kerjasama dengan pemasok atau supplier dari China. Anda bisa mulai mencari supplier melalui platform e-commerce China dengan mengirim pesan atau messenger.

Lakukan survei mana pemasok dari China yang kualitas barangnya bagus dan harganya terjangkau untuk Anda jual kembali. Setelah itu hubungi supplier tersebut dan menanyakan kesediaannya untuk menjadi pemasok utama bisnis Anda.

Baca Juga :  Pembayaran Digital Alipay, WeChat Pay dan Tata Cara Penggunaannya

Diskusikan juga mengenai harga, metode pembayaran, sistem bagi hasil, dan lakukan juga negosiasi. Setelah mencapai kesepakatan, Anda bisa menggunakan supplier China tersebut untuk andalan impor barang Anda.

Namun kesulitan yang kerap dialami para pebisnis dari Indonesia adalah karena keterbatasan bahasa. Tetapi kini tidak perlu khawatir karena ada banyak fitur translate ke berbagai bahasa pada marketplace untuk memudahkan para pengguna.

3.     Melakukan Pengurusan Izin Impor Secara Resmi

Jangan lupa, di Indonesia ada regulasi impor resmi yang harus Anda patuhi agar bisa melakukan impor dengan aman. Jika tidak, barang Anda akan dianggap ilegal dan ditahan pihak pabean sehingga tidak memiliki izin impor.

Oleh karena itu, dari awal ingin menggeluti izin impor, harus sudah memikirkan dokumen-dokumen untuk persyaratan perizinan. Anda juga harus mencari informasi mengenai apa saja dokumen yang diperlukan, cara pendaftaran, mekanisme perizinan, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi jika barang yang akan dikirim merupakan jenis tertentu, maka ada izin khusus yang harus Anda urus dengan baik. Misalnya untuk barang yang mengandung bahan kimia, dan barang lain yang memerlukan perlakuan khusus saat pengirimannya.

4.     Tentukan Metode Pembayaran dan Pengiriman

Setelah melewati langkah-langkah awal tersebut, maka perhatikan juga metode pembayaran yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda memahami apa saja metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk impor barang dari China.

Anda bisa memanfaatkan fitur konversi kurs mata uang rupiah agar memudahkan penghitungan harga. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan biaya beli dan harga jual yang sesuai, dengan memperhitungkan pasar di Indonesia.

Selain itu, pertimbangkan juga metode pengiriman atau ekspedisi yang akan digunakan. Ada jalur darat yang muatannya lebih besar namun cenderung lebih lama. Ada juga jalur udara yang lebih cepat, namun muatannya terbatas.

Baca Juga :  Toko Online Yang Bisa Digunakan Membeli Dari Luar Negeri

Sesuaikan pemilihan cara pengiriman atau ekspedisi barang impor sesuai dengan jenis barang. Spesifikasi barang disini amat penting untuk Anda perhatikan, Terutama barang dari bahan khusus dan barang yang cepat rusak.

5.     Penyimpanan Barang Setelah Sampai

Setelah barang sampai di Indonesia, apa yang harus Anda lakukan? Tentu memikirkan cara penyimpanan yang paling aman dan efektif agar barang tidak mengalami kerusakan. Hal ini harus Anda pikirkan sejak proses impor dilakukan.

Setelah itu, pikirkan juga bagaimana strategi distribusi atau penjualan agar barang tersebut bisa segera laku terjual. Pelajari kondisi pasar dan lakukan riset mengenai strategi penjualan yang efektif di Indonesia.

Kesimpulan

Untuk bisa import aman dari China ada langkah-langkah penting yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh disepelekan. Tujuannya agar barang sampai dengan aman dan tetap terjaga kualitasnya.

Buat teman teman yang ingin import secara aman dari China, tetapi harus bingung mulai dari mana, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang