Hal Penting Sebelum Impor Barang

Sebelum melakukan impor barang dari China, umumnya ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan baik-baik bagi para calon pebisnis, termasuk halnya mengenai pembayaran import barang dari China itu sendiri. Lantas kira-kira apa saja hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses impor barang dari China, intip informasi selengkapnya di ulasan berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Impor Barang, Termasuk Pembayaran Import Barang dari China

Zaman sekarang ini, melakukan pembelian barang impor China terbilang semakin mudah untuk dilakukan oleh para pebisnis. Meski demikian, ada sejumlah hal penting yang tetap harus Anda perhatikan agar proses impor barang China berjalan dengan lancar. Adapun beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan impor barang dari China, di antaranya yakni sebagai berikut.

1.   Cek Legalitas Barang yang Akan Diimpor

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengimpor barang dari China, yakni Anda diharuskan untuk mengecek terlebih dahulu legalitas barang yang akan diimpor tersebut. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Anda nantinya perlu memastikan apakah barang yang akan diimpor tersebut memang sudah dikatakan sesuai dengan regulasi dan hukum yang berlaku di negara tujuan, atau justru malah sebaliknya. Pengecekan legalitas barang yang diimpor sendiri, juga termasuk halnya mengenai standar keamanan, kualitas dan lingkungan yang sudah ditetapkan oleh badan pemerintah yang ada di negara tujuan.

Baca Juga :  Apa Itu Bill of Lading

2.   Pilih Supplier yang Terpercaya

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk memilih yang namanya supplier / pemasok terpercaya yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan bisnis impor barang China selama bertahun-tahun. Disini, Anda perlu memastikan bahwa supplier yang dipilih memang sudah memiliki reputasi yang baik dan memiliki kualitas produk yang juga bagus dan terjamin kualitasnya. Tidak hanya itu saja, Anda nantinya juga diharuskan untuk memeriksa apakah pihak supplier tersebut sudah memiliki sertifikasi / lisensi resmi yang memang diperlukan dalam proses impor barang China nantinya.

3.   Memahami Sistem Perdagangan Impor

Khusus bagi Anda yang mungkin memiliki tujuan utama mengimpor barang dari China untuk kepentingan bisnis, baik itu untuk dijual kembali ataupun digunakan untuk memproduksi barang baru, maka sebaiknya perlu memahami yang namanya sistem perdagangan impor. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, dikarenakan sistem perdagangan impor barang dari China umumnya sangat jauh berbeda dengan sistem perdagangan yang ada di dalam negeri. Adapun dalam hal ini, Anda perlu memahami beberapa sistem perdagangan impor dari mulai FOB (Free On Board), CRF (Cost and Freight) dan juga CIF (Cost Insurance and Freight).

4.   Perhatikan Biaya dan Sistem Pengiriman Barang Impor China

Perlu Anda ketahui, bahwa terkait biaya pengiriman barang impor dari China jelas cukup tinggi, sehingga disini Anda perlu memahami beberapa ketentuan yang berlaku di dalamnya. Baik itu berupa biaya tambahan maupun biaya yang digunakan untuk keperluan jasa pihak pengangkut barang, yang umumnya disesuaikan dengan besar kecilnya dimensi barang itu sendiri. Tidak hanya seputar biaya pengiriman barang impor saja, Anda juga nantinya perlu memahami mengenai sistem pengiriman produk mulai dari jalur udara, jalur laut maupun jalur darat sekalipun.

Baca Juga :  Cara Membeli Barang di Alibaba Dengan Pengiriman Melalui Forwarder, Tutorial Paling Lengkap

5.   Pahami Metode Pembayaran yang Ditawarkan

Bagi seorang yang akan melakukan kegiatan impor barang dari China, mereka diharuskan untuk memahami metode pembayaran yang ditawarkan di dalamnya. Terkait metode pembayaran dalam proses impor barang dari China, umumnya tersedia dalam berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Baik itu dari mulai metode pembayaran via transfer tunai, kredit sampai dengan pembayaran langsung jika produk yang diinginkan sudah diterima di alamat tujuan.

6.   Memahami Aturan Pabean

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan sebelum melakukan proses impor barang dari China, yakni diharuskan untuk pahami mengenai aturan pabean yang terbilang cenderung ketat. Mengenai hal ini, Anda diharuskan untuk betul-betul memperhatikan apa saja barang yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan mengenai pajak masuk barang, yang mana biasanya pajak ini dilakukan pihak pemerintah dalam melindungi pasar lokal agar tidak tersaingi oleh pasar asing.

Jadi, itulah tadi sekiranya beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan baik-baik sebelum melakukan proses impor barang dari China, termasuk halnya mengenai pembayaran import barang dari China itu sendiri.

Buat teman teman yang ingin memulai bisnis import barang dari China, silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang