Belanja Import Barang di Taobao dan 1688

Bagi Anda yang sudah biasa belanja import dari China mungkin sudah tidak asing dengan situs belanja import barang di Taobao dan 1688. Taobao dan 1688 merupakan marketplace terbesar di China yang menawarkan jutaan produk dengan harga kompetitif dan kualitas yang bervariasi dengan harga grosir.

Kedua platform tersebut menawarkan kesempatan bagi para konsumen di luar China untuk membeli barang impor langsung dari supplier di China. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana panduan lengkap berbelanja di kedua marketplace tersebut dan beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui. Yuk simak penjelasannya  berikut ini!

Cara Belanja Import Barang di Taobao dan 1688

Anda dapat membeli barang impor dari Taobao dan 1688 dengan mudah dan aman. Namun, perlu diingat bahwa memilih toko dan produk yang terpercaya serta memperhatikan deskripsi produk dengan seksama adalah hal yang sangat penting untuk menghindari kerugian dalam transaksi.

Cara Belanja di Marketplace Taobao

Taobao adalah platform belanja online China yang menawarkan jutaan produk dengan harga kompetitif dan kualitas bervariasi. Untuk belanja di Taobao, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Mendaftar Akun

Langkah pertama adalah mendaftar akun Taobao dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email. Setelah mendaftar, pastikan untuk mengisi profil dengan lengkap dan memilih bahasa yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Mencari Produk

Setelah mendaftar akun, Anda dapat mulai mencari produk yang diinginkan di Taobao. Anda dapat menggunakan kata kunci atau melalui kategori produk yang tersedia di situs tersebut. Pastikan untuk memilih produk yang memiliki deskripsi yang lengkap dan jelas.

  1. Memilih Penjual
Baca Juga :  Website China Jual Barang Murah untuk Konsumen Indonesia

Saat memilih produk, pastikan untuk memeriksa rating penjual, ulasan, dan kualitas produk yang ditawarkan. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan kualitas transaksi.

  1. Memeriksa Harga dan Ongkos Kirim

Sebelum melakukan pembelian, pastikan untuk memeriksa harga produk dan ongkos kirim yang dikenakan. Bandingkan beberapa harga dari beberapa toko atau penjual agar Anda mendapatkan penawaran harga barang terbaik.

  1. Memilih Metode Pembayaran

Taobao menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti Alipay atau kartu kredit. Pastikan Anda memilih metode pembayaran transaksi belanja impor ini dengan yang aman dan terpercaya.

  1. Memantau Pengiriman Produk

Setelah melakukan pembelian, Anda dapat memantau pengiriman produk melalui fitur pelacakan yang disediakan oleh Taobao. Pastikan Anda memeriksa status pengiriman barang yang Anda pesan secara berkala.

Cara Belanja di Marketplace 1688

1688 adalah situs marketplace B2B (business-to-business) yang berada di bawah naungan Alibaba Group. Situs ini menawarkan berbagai macam produk langsung dari supplier China dengan harga yang sangat kompetitif. Marketplace ini cocok untuk pembelian grosir, dan harganya lebih murah karena Anda berhubungan langsung dengan supplier tanpa perantara.

Namun, situs ini 1688 ini menggunakan bahasa Mandarin, dan prosedur pembeliannya cukup rumit, terutama untuk orang yang tinggal di luar Tiongkok. Berikut adalah langkah-langkah cara belanja di marketplace 1688:

  1. Membuat Akun di 1688

Langkah pertama adalah membuat akun di 1688. Situs belanja 1688 ini menggunakan bahasa Mandarin. Namun sebagai alternatif, supaya lebih mudah maka Anda bisa menggunakan bantuan translator atau Google Translate pada browser untuk membantu menerjemahkan beberapa hal yang asing.

  1. Memilih Barang di 1688

Setelah memiliki akun, Anda dapat mulai memilih barang yang ingin dibeli. Marketplace ini menawarkan jutaan produk dengan harga yang sangat kompetitif.

  1. Menggunakan VPN untuk mengakses 1688 dari Indonesia

Untuk mengakses situs belanja 1688 dari Indonesia, maka agar lebih mudah Anda bisa menggunakan bantuan VPN yang terpercaya. Setelah itu, buka situs 1688.com menggunakan browser Google Chrome untuk membantu menerjemahkan bahasa Mandarin.

  1. Memilih Metode Pembayaran
Baca Juga :  Tips Sukses Import Barang dari China Bagi Pemula

Marketplace 1688 umumnya menerima pembayaran melalui transfer bank. Jika Anda tidak memiliki akun bank lokal Tiongkok, Anda dapat menggunakan jasa agen untuk menyelesaikan pembayaran.

  1. Memantau Pengiriman Produk

Setelah melakukan transaksi produk, maka Anda dapat memantau pengiriman produk melalui fitur pelacakan yang disediakan oleh 1688. Pastikan untuk mengecek status pengiriman barang Anda secara berkala untuk mengetahui posisinya.

Tips Berbelanja di Marketplace China

Agar kegiatan belanja impor Anda dari marketplace China tetap aman dan nyaman, tentunya terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa tips penting untuk berbelanja di marketplace China:

1.    Periksa Rating Seller dan Toko

Sebelum berbelanja, pastikan untuk memeriksa rating seller dan toko. Toko online dengan rating yang tinggi biasanya akan menawarkan produk-produk berkualitas, pelayanan yang baik, serta jaminan keamanan transaksi pada pelanggan.

2.    Mengunjungi Situs Web dan Forum Khusus

Cari informasi tentang produk dan marketplace China dengan mengunjungi situs web dan forum khusus. Anda dapat membaca review produk, mendengarkan pengalaman pembeli lain, dan mendapatkan tips dan saran tentang cara berbelanja dengan aman.

3.    Memeriksa Keterangan atau Sertifikat Produk

Pastikan untuk memeriksa keterangan atau sertifikat produk sebelum membeli. Ini penting terutama jika Anda membeli produk yang memerlukan sertifikat tertentu.

4.    Mengetahui Biaya Tambahan yang Perlu Diperhitungkan

Selain harga produk, pastikan untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti ongkos kirim, pajak, dan bea cukai. Hal ini penting agar Anda tidak terkejut dengan biaya tambahan yang muncul setelah melakukan pembelian.

5.    Mengetahui Prosedur dan Cara Mengurus Bea Cukai Barang Impor

Jika Anda membeli barang impor, pastikan untuk mengetahui prosedur dan cara mengurus bea cukai. Anda dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga atau agen Taobao Indonesia untuk membantu dalam proses pengiriman barang dan mengurus bea cukai impor

Jadi setelah mengetahui bagaimana panduan lengkap belanja import barang di Taobao dan 1688, apakah Anda tertarik untuk impor barang dari kedua marketplace ini? Baik Taobao maupun situs belanja 1688 sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan barang dari tangan pertama dengan harga yang terjangkau.

Ingin beli barang dari China ( Taobao dan 1688 ) tetapi belum tau harus mulai dari mana ? silahkan kontak kami. Kami akan memberikan panduan dan bantuan Langkah demi Langkah dari awal sampai selesai. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang